Home / Kuliner / 7 Sego Pecel Jogja Paling Enak Dan Legendaris

7 Sego Pecel Jogja Paling Enak Dan Legendaris

Sego Pecel Jogja Enak

Kuliner di Jogja tidak berhenti di Gudeg, Tongseng dan Sate Klataknya saja. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencoba sego pecel atau biasa dikenal dengan nasi pecel. Tidak hanya kota Madiun saja yang memiliki deretan sego pecel yang maknyus, namun Jogjakarta juga memilikinya. Berikut ini rekomendasi sego pecel Jogja paling enak dari Wisatalah untuk Anda.

Sego Pecel Jogja Paling Enak dan Legendaris
Source
  1. Pecel Baywatch

Pecel yang berada di Dusun Semanggi, Sembungan, Kasihan, Bantul ini cukup menarik wisatawan. Sebab, warung yang dijuluki Pecel Baywatch ini bukan sembarang pecel! Nama Baywatch disandang oleh owner yakni Mbah Warno Pawiro dikarenakan beliau selalu berpakaian layaknya pemain film Baywatch yakni menggunakan pakaian dalam berupa kutang. Lucu, ya?

Sego Pecel Jogja - Baywatch
via https://www.brilio.net/

Untuk hidangan sego pecel jogja, Mbah Warno menggunakan beberapa jenis sayuran seperti daun bayam, kacang panjang, kembang turi, daun keningkir, kecambah atau taoge yang kemudian ditata di atas nasi putih. Semua sayur dan nasi tersebut disiriam dengan sambal kacang yang memiliki cita rasa khas Yogya yakni pedas dan sedikit manis. Untuk variasi lauknya, Mbah Warno juga menyediakan mangut lele, lele gorang, mangut belut, sayur tempe, krecek, tempe tahu bacem dan berbagai macam gorengan.

  1. Pecel Wader Pak Bejo

Sajian pecel di sini hampir sama seperti pada umumnya yakni berbahan dasar bayam, kacang panjang, taoge, keningkir dan kembang turi lalu disiram dengan bumbu kacang. Namun yang membuatnya beda adalah tambahan ikan wadernya!

Sego Pecel Jogja Wader Pak Bejo
via http://www.tribunnews.com/

Ikan berukuran kecil yang digoreng kering sebagai lauk ini adalah perpaduan yang sedap. Rasa segar sayuran dan pedas manis bumbu kacang juga menambah kegurihan dari sego pecel jogja ini. Jika ingin mencoba sajian ini, mampirlah ke Dusun Wiyoro, Desa Baturetno, Kec. Banguntapan, Bantul. Warung ini buka pada pukul 08.00 WIB hingga 16.30 WIB.

  1. Pecel Kembang Turi Imogiri Sudaryani

Sesuai dengan namanya, pecel yang berlokasi di Area terminal Imogiri, Bantul berdekatan dengan komplek makam Raja Mataram ini menyediakan sayur kembang turi dengan jumlah yang banyak. Rasa kembang turi yang sedikit pahit cocok sekali dengan kombinasi di pecel Sudaryani yang terdiri dari Kecipir, Daun Bayam, Kacang Panjang, Taoge, Mentimun dan tentunya Bumbu Kacang.

Sego Pecel Jogja - Pecel Kembang Turi Imogri
via https://twitter.com/arieparikesit

Pecel ini bisa dinikmati bersama nasi ataupun lontong sesuai selera. Selain itu, ada beberapa hidangan lainya yakni lontong sayur, bubur sayur, dan gudeg. Beragam menu tersebut semakin nikmat dengan tambahan lauk yang ada, mulai dari tahu dan tempe bacem, ayam goreng, gorengan, hingga telur.

  1. Pecel Bu Ramelan

Warung pecel Bu Ramlan yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto Km.6 No.2 atau timur Hotel Ambarukmo ini mulai berjualan pecel dan nasi sayur sejak tahun 1983. Sebelum berjualan di lokasi yang saat ini ditempati, dulu jualannya di pasar Demangan. Berbeda dengan kebanyakan pecel yang ada di Yogyakarta yang cenderung manis, pecel Bu Ramlan ini lebih cenderung ke rasa gurih asin. Karena pecelnya memang mengadopsi resep dari wilayah Magetan Jawa Timur, yang tidak dominan manis untuk cita rasa masakannya. Seperti kebanyakan sego pecel jogja lainya, satu porsi menu tersebut berisikan nasi putih, sayuran mulai bayam, kacang panjang, dan tauge, kemudian disiram dengan bumbu kacang.

Sego Pecel Jogja - Pecel Bu Ramelan
via http://www.hungerranger.com/

Satu porsi nasi pecel akan semakin nikmat jika disantap dengan beragam lauk yang disediakan oleh Bu Ramlan, mulai dari beragam gorengan, mulai tempe, tahu, bakwan, dan peyek. Yang khas di sini adalah pecel telur. Pembeli bisa memilih, ingin menyantap telur bulet atau telur goreng. Untuk satu porsi sego pecel jogja dengan telur hanya dihargai Rp 6.000. Murah, bukan?

  1. Spesical pecel brongkos Warung Handayani

Warung yang terletak Selatan Alun-Alun Selatan Yogyakarta, tepatnya di Jalan Gading No.2 ini telah ada sejak tahun 1975 ini banyak dikenal karena olahan brongkosnya sehingga banyak diburu pelanggannya.

Sego Pecel Jogja - Pecel Brongkos Warung Handayani
via http://www.kabarkuliner.com/

Pecelnya menggunakan bayam, daun keningkir, tauge, dan kacang panjang sebagai isianya yang disiram dengan sambal kacang. Rasa sambal kacangnya pedas manis, khas pecel Jogja. Hidangan ini sangat pas dinikmati bersama tempe goreng atapun berkedel.

  1. Warung SGPC Bu Wiryo 1959

Berada di Jalan Agro CT VIII Klebengan, warung sego pecel Jogja ini telah berdiri sejak tahun 1959. Pecel di sini disajikan dengan semangkuk sop dan tempe tahu goreng.

Sego Pecel Jogja - SGPC Bu Wiryo
via kabarkuliner.com

Seporsi nasi pecel dengan lauk tempe tahu goreng, perkedel kentang, es teh plus kerupuk dihargai Rp. 16.500. Warung ini buka dari pukul 06.00 – 21.00 WIB

  1. Pecel Madiun Pak Ali

Jika Anda tidak ingin makan pecel yang terlalu manis untuk bumbu kacangnya, mampir saja ke Pecel Madiun Pak Ali. Warung yang terletak di Jalan Kaliurang KM 12 ini terbilang cukup populer di kawasan tersebut. Sejak awal buka pukul 07.00 WIB, tampak kerumunan pecinta kuliner sudah antri mengisi perut.

Sego Pecel Jogja - Pecel Madiun Pak Ali
via https://makanjogja.com

Jika di tempat lainnya lauk pauk disediakan tempe, tahu, mendoan goreng, maka di Pak Ali ada variasi berupa telur asin dan bakwan jagung. Selain itu, bumbu kacang di sego pecel ini juga memiliki cita rasa segar karena adanya perasan jeruk nipis purut. Untuk sepiring sego pecel Jogja ini, Anda cukup mengeluarkan kocek Rp 6.000 saja.

Selain sego pecel Jogja, ada begitu banyak kuliner khas yang sayang jika Anda lewatkan. Misalnya saja nasi gudeg Jogja atau oleh-oleh Bakpia Pathok. Selain itu jangan lupa untuk mencicipi enaknya kopi Joss.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *