Home / Tips & Trick / Syarat Ibu Hamil Naik Pesawat Seluruh Maskapai

Syarat Ibu Hamil Naik Pesawat Seluruh Maskapai

Syarat Ibu Hamil Naik Pesawat Seluruh Maskapai
Syarat Ibu Hamil Naik Pesawat Seluruh Maskapai
5 (100%) 1 vote

Ingin travelling atau babymoon naik pesawat, tapi sedang mengandung buah hati? Sebelum terbang menuju kota atau negara yang dituju, ada baiknya untuk mengetahui syarat ibu hamil naik pesawat terlebih dahulu. Setiap maskapai penerbangan punya peraturan atau persyaratan naik pesawat bagi ibu hamil yang berbeda, lho.

Umumnya, jika usia kandungan berada di atas 28 minggu, maskapai akan meminta ibu hamil naik pesawat untuk menandatangani semacam Surat Pembebasan Tanggung Jawab. Selain itu, ibu hamil juga harus menyertakan surat keterangan dokter untuk ibu hamil naik pesawat yang menyatakan:

  1. Sang Ibu dalam keadaan sehat
  2. Kehamilan dalam kondisi normal, tidak ada komplikasi / kelainan
  3. Keterangan jenis kehamilan (tunggal atau kembar)
  4. Perkiraan tanggal melahirkan

Surat keterangan dokter untuk ibu hamil naik pesawat tersebut biasanya harus diperoleh seminggu sebelum keberangkatan. Namun seperti yang Wisatalah ungkit sebelumnya, tiap maskapai menerapkan peraturan khusus bagi ibu hamil yang berbeda-beda demi kenyamanan terbang bersama.

Peraturan Syarat Ibu Hamil Naik Pesawat
(foto: travelfashiongirl.com)

Syarat Ibu Hamil Naik Pesawat Garuda Indonesia

  1. Kehamilan single maupun kembar dengan kesehatan normal, tidak ada komplikasi, dan usia kehamilan di bawah 32 minggu diperbolehkan terbang. Penumpang diwajibkan untuk mengisi Formulir Informasi Medis (MEDIF).
  2. Kehamilan dengan komplikasi baik usia di bawah 32 minggu maupun 32-36 minggu, maka penumpang tidak diperbolehkan terbang. Jika tetap ingin melakukan penerbangan, penumpang harus mengumpulkan dokumen mulai dari Informasi Medis 1, Informasi Medif 2, Surat Izin / Formulir Pertanggungan serta Persetujuan dari Garuda Sentra Medika (GSM) / JKTIH. Seluruh dokumen harus diperoleh dan disetujui minimal 7 hari sebelum keberangkatan.
  3. Penumpang dengan kehamilan lebih dari 36 minggu tidak diizinkan terbang.

(Keterangan lebih lengkap dapat mengunjungi link berikut ini).

Syarat Ibu Hamil Naik Pesawat Citilink

  1. Penumpang yang sedang hamil berkewajiban untuk memberitahukan kepada pihak Citilink mengenai kondisi kehamilannya pada saat memesan kursi dan pada saat melapor di konter Check-in. Penumpang wajib memiliki surat rekomendasi terbang dari Dokter dan mengisi surat pernyataan yang dikeluarkan oleh Citilink.
  2. Penumpang wajib menyerahkan surat keterangan dokter yang mengkonfirmasikan usia kehamilan telah masuk ke minggu ke berapa, dan bahwa penumpang dalam kondisi fit untuk bepergian kepada petugas konter Check-in Masa berlaku Surat keterangan Dokter tersebut adalah 7 (tujuh) hari sejak tanggal dikeluarkannya.
  3. Penumpang harus menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas Citilink pada saat melakukan check-in untuk membebaskan Citilink dari pertanggungjawaban yang timbul dari hal tersebut.
  4. Penumpang dengan kehamilan antara 32 minggu hingga 35 minggu (inklusif) hanya boleh melakukan penerbangan tidak lebih dari 3 jam (180 menit).
  5. Penumpang dengan kehamilan lebih dari 35 minggu tidak diperkenankan untuk melakukan penerbangan bersama Citilink.

(Keterangan syarat ibu hamil naik pesawat Citilink lebih lanjut dapat mengunjungi link berikut ini).

Syarat Ibu Hamil Naik Pesawat Air Asia

  1. Penumpang yang sedang hamil berkewajiban memberitahukan kepada pihak Air Asia kondisi kehamilannya pada saat melakukan pemesanan kursi dan di konter Check-in.
  2. Penumpang dengan kehamilan hingga 27 minggu (inklusif) harus menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas AirAsia pada saat melakukan check-in.
  3. Untuk kehamilan dengan usia 28 – 34 minggu, penumpang harus menyerahkan surat keterangan medis yang disahkan dokter. Surat tersebut harus mengesahkan jumlah minggu kehamilan serta bertanggal tidak lebih dari 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal keberangkatan maupun kepulangan.
  4. Penumpang dengan kehamilan usia 35 minggu ke atas tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan bersama AirAsia. Dengan kata lain, batas usia kehamilan naik pesawat Air Asia adalah 35 minggu.

Syarat Ibu Hamil Naik Pesawat Sriwijaya Air (Berlaku juga untuk NAM Air)

  1. Ibu hamil dengan usia kehamilan maksimal 32 minggu wajib menyertakan surat keterangan medis dari dokter dan juga mengisi surat pernyataan yang tersedia di bandara maupun kantor cabang Sriwijaya Air. Surat pernyataan ini membebaskan Sriwijaya dari pertanggungjawaban terhadap hal-hal yang tidak diinginkan selama penerbangan.

Syarat Ibu Hamil Naik Pesawat Lion Air, Batik Air, Wings Air, dan Malindo

  1. Penumpang dengan usia kehamilan di atas 28 minggu diwajibkan untuk menyertakan surat keterangan medis yang menyatakan bahwa penumpang sehat secara medis untuk ikut dalam penerbangan.
  2. Penumpang diminta untuk mengisi formulir pertanggungan risiko yakni Form of Indemnity (FOI) yang membebaskan maskapai dari pertanggungjawaban terhadap hal-hal yang tidak diinginkan selama penerbangan.

Syarat Ibu Hamil Naik Pesawat Jetstar

  1. Penumpang dengan kehamilan memasuki trimester ketiga kehamilan (28 minggu atau lebih) harus membawa surat dari dokter atau bidan terdaftar, dengan tanggal tidak lebih dari 10 hari sebelum perjalanan. Isi surat atau dokumen ini harus mengesahkan hari perkiraan lahir (HPL), kehamilan tunggal atau kembar, serta keterangan tidak ada komplikasi pada kehamilan.
  2. Untuk ibu hamil yang memiliki komplikasi pada kehamilannya, penumpang diwajibakn menyertakan surat keterangan medis. Formulir keterangan medis Jetstar dapat diperoleh http://www.jetstar.com/id/id/help/articles/in-flight-health.
  3. Khusus Jetstar Pacific (BL), penumpang dengan usia kehamilan 36 minggu atau lebih dapat ditolak.

Sedangkan perjalanan yang diperbolehkan oleh maskapai Jetstar:

Penerbangan Kurang dari 4 Jam

  1. Kehamilan tunggal diizinkan hingga akhir minggu ke-40 masa kehamilan.
  2. Kehamilan kembar diizinkan hingga akhir minggu ke-36 masa kehamilan.

Penerbangan Selama 4 Jam atau Lebih

  1. Kehamilan tunggal diizinkan hingga akhir minggu ke-36 masa kehamilan.
  2. Kehamilan kembar diizinkan hingga akhir minggu ke-32 masa kehamilan.

(Keterangan lebih lanjut dapat mengunjungi http://www.jetstar.com/id/id/help/articles/pregnancy-and-air-travel)

Itulah beberapa persyaratan naik pesawat bagi ibu hamil yang wajib kamu ketahui. Selalu perhatikan syarat ibu hamil naik pesawat maskapai favoritmu sebelum melakukan penerbangan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Pastikan juga Anda memilih maskapai dengan penerbangan yang tidak terlambat atau delay ya.. Have a safe flight, sobat!

Yuk di-Share :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
  •  
    1
    Share
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *