Home / Tempat Wisata / Taman Air Sri Baduga, Air Mancur Terbesar Ketiga Asia Tenggara

Taman Air Sri Baduga, Air Mancur Terbesar Ketiga Asia Tenggara

Taman Air Sri Baduga, Air Mancur Terbesar Ketiga Asia Tenggara
Taman Air Sri Baduga, Air Mancur Terbesar Ketiga Asia Tenggara
Rate me? =)

Taman Air Sri Baduga Purwakarta – Sebagai negara kepulauan, Indonesia kaya akan destinasi wisata bawah laut. Namun, Indonesia juga memiliki wisata taman kota. Salah satunya yaitu Taman Air Sri Baduga di Purwakarta. Tahukah sobat, taman air ini berhasil masuk peringkat ketiga se-Asia Tenggara. Lalu seperti apakah keindahan yang ditawarkan taman air mancur di Purwakarta ini? Mari simak ulasan berikut.

Keindahan Taman Air Sri Baduga Purwakarta
Keindahan Taman Air Sri Baduga Purwakarta [merdeka.com]

Sejarah Taman Air Sri Baduga

Pada mulanya, Taman Air Sri Baduga dibangun oleh ribuan warga pada tahun 2013 silam. Pada kala itu, warga bergotongroyong untuk menciptakan taman wisata kota. Akan tetapi, tiga tahun kemudian tepatnya pada awal Juni 2016 taman Sri Baduga ditutup untuk dilakukan renovasi.

Setelah hampir 9 bulan direnovasi, Taman Sri Baduga kembali diresmikan pada Sabtu, 18 Februari 2017. Peresmian taman air kota khas Purwakarta ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Dalam pidatonya, Arief Yahya mengatakan, taman yang memiliki luas sekitar dua hektar tersebut masuk ke dalam lima top destinasi wisata di Indonesia yang nantinya akan direkomendasikan pada wisatawan domestik dan mancanegara.

Atraksi Air Mancur Sri Baduga Purwakarta
Atraksi Air Mancur Sri Baduga Purwakarta [news.detik.com]

Keindahan Taman Air Sri Baduga

Keunikan taman air khas Purwakarta ini terletak pada jenis tarian airnya. Sobat akan berdecak kagum ketika melihat air mancur berwarna-warni menari indah dengan berbagai gaya. Sri Baduga akan dioperasikan setiap malam minggu sebanyak tiga sesi. Dengan memiliki luas kurang lebih mencapai 1.8 hektar, Taman Air Sri Baduga memiliki ukuran yang sangat besar dan mampu menampung sekitar 5 ribu penonton dalam satu kali pertunjukan. Dengan kata lain, dalam tiga kali sesi, taman ini mampu menampung pengunjung sebanyak 15 ribu jiwa. Setiap sesi pertunjukan akan dilakukan kurang lebih selama 25 menit yang mana sesi pertama, kedua, dan ketiga masing-masing akan dilaksanakan pada pukul 19.30 WIB, 21.00 WIB, dan 22.00 WIB.

Taman Air Sri Baduga Ga Kalah Kan Sama Negara Lain
Taman Sri Baduga Ga Kalah Kan Sama Negara Lain [hai-online.com]
Selain itu, Taman Air Sri Baduga telah mengusung teknologi dari Jerman dan China. Teknologi ini digunakan untuk mendukung atraksi air mancur yang indah dan mengagumkan. Teknologi ini mampu menyemprotkan air mancur mencapai ketinggian 10 meter dari 2000 sumber penyembur air serta memberikan pencahayaan yang indah dari 500-an titik cahaya dengan alunan musik nan indah dan ornamen perwayangan. Dengan demikian, tak heran bila Taman Sri Baduga masuk kategori Taman Air Kota terbesar ketiga se-Asia Tenggara.

Perlu sobat ketahui, keindahan Taman Air asal Purwakarta ini tak sebatas pertunjukan air mancurnya saja. Pasalnya, Air Mancur ini dipercantik dengan patung Prabu Kian Santang yang merupakan anak dari Prabu Siliwangi atau Sri Baduga, maharaja yang terkenal dalam pemerintahan Kerajaan Padjajaran Kuno. Sobat dapat menemukan patung tersebut ditengah-tengah air mancur yang dibuat dengan posisi duduk bersila di atas Bunga Lotus Besar.

Tarian Air Mancur Di Taman Sri Baduga
Meriahnya Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga [hai-online.com]
Daya tarik Taman Air Sri Baduga selanjutnya adalah taman ini dibangun di tengah danau yang sangat terkenal di Purwakarta yaitu Situ Buleud. Rasanya semakin lengkap wisata Air Mancur asal Purwakarta ini. Di samping itu, akses menuju destinasi wisata ini juga termasuk baik. Pasalnya, Purwakarta terletak di antara dua market besar yaitu Jakarta dan Bandung. Jadi tertarik untuk mengunjungi Taman Air Mancur Sri Baduga? Untuk meyakinkan kamu, berikut video milik Muhammad Hartono.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *