Home / Tempat Wisata / Taman Nasional Baluran Situbondo, Little Africa Van Java

Taman Nasional Baluran Situbondo, Little Africa Van Java

Taman Nasional Baluran Situbondo, Little Africa Van Java
Rate me? =)

Taman Nasional Baluran – Pernahkan Anda ingin merasakan bagaimana suasananya jika Anda berada di padang savana di Afrika? Sekarang Anda tidak harus pergi jauh-jauh ke sana untuk merasakannya. Bagi Anda yang ingin merasakan suasana tersebut, Taman Nasional Baluran di Jawa Timur adalah destinasi wisata alam yang tepat untuk Anda.

Lokasi Taman Nasional Baluran Situbondo

Taman Nasional Baluran - Lokasi
Sumber: shodiqhandoko.wordpress.com

Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur dengan batas-batas wilayah sebelah utara Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, sebelah selatan Sungai Bajulmati, Desa Wonorejo dan sebelah barat Sungai Klokoran, Desa Sumberanyar. Bagi Anda yang kesulitan mencari lokasi taman nasional ini, jangan khawatir karena Anda bisa menemukan pintu gerbang utamanya dengan mudah yang terletak di sisi jalan dekat perbatasan Situbondo-Bayuwangi di jalur utama Jalan Surabaya-Bali.

Taman nasional Baluran mendapatkan namanya dari gunung yang berada di sekitar daerah tersebut, yaitu Gunung Baluran. Taman nasional ini juga sering dijuluki oleh turis sebagai Little Africa Van Java dengan berbagai alasan. Salah satu alasan utamanya adalah karena di sini terdapat padang savanah yang luas dan penuh dengan satwa liar yang sangat bervariasi. Dengan luas kawasan mencapai 25.ooo hektar, Taman nasional ini mampu menampung sebanyak 444 jenis tumbuhan, 26 jenis mamalia, dan sekitar 155 jenis burung. Taman Nasional ini juga merupakan satu dari lima taman nasional pertama yang dibuat di Indonesia pada tahun 1980.

Tempat Wisata Taman Nasional Baluran Jawa Timur

Taman Nasional Baluran memiliki tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi karena keindahan alamnya, keanekaragaman flora dan fauna yang terdapat di dalamnya, serta kekhasan lanskap penyusunnya yang tidak dimiliki oleh Taman Nasional lain. Berikut adalah beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi selama berada di sana.
  • Savana Bekol
Taman Nasional Baluran - Savana Bekol
Sumber: kaskus.co.id

Saat Anda mengunjungi taman nasional ini, Anda harus mengunjungi objek wisata alam andalan Baluran yang satu ini. Savana Bekol memiliki luas kawasan ± 300 Hektar yang meliputi hamparan savana alami terluas di Pulau Jawa dengan Gunung Baluran sebagai latar belakangnya. Ditambah juga pada saat musim kemarau, padang savana berubah dari yang berwarna hijau pada saat musim penghujan menjadi kering merangas berwarna kecoklatan yang membuat suasana di Savana Bekol persis sama dengan suasana di padang savana Afrika. Di sana, Anda juga bisa naik ke menara pandang untuk mendapatkan panorama indah Taman Nasional Baluran dari ketinggian. Anda juga bisa melihat satwa liar yang bebas beraktivitas di sana seperti rusa, buruk merak, kerbau, monyet, dan masih banyak lagi.

  • Pantai Bama
Taman Nasional Baluran - Pantai Bama
Sumber: fahmiamrill.blogspot.co.id

Pantai Bama adalah salah satu pantai yang harus Anda kunjungi setelah ke Savana Bekol. Pantai dengan hamparan pasir putih ini terletak sekitar 3 km dari Savana Bekol, dan dikelilingi oleh hutan mangrove sebagai habitat berbagai jenis burung dan satwa primata, terutama komunitas monyet yang banyak terlihat di sekitar pantai. Di tempat ini, Anda bisa menikmati keindahan sunrise dan melakukan berbagai aktivitas seperti menyusuri pantai, snorkeling di pantai yang penuh dengan keindahan bawah air yang menawan, berkano, dan menjelajahi hutan mangrove yang menarik.

  • Goa Jepang
Taman Nasional Baluran - Goa Jepang
Sumber: balurannationalpark.web.id

Bagi Anda pecinta sejarah, inilah tempat yang tepat untuk Anda. Goa dengan luas sekitar 12 meter ini terletak di pintu masuk kawasan TN Baluran, lebih tepatnya di depan Kantor Balai TN Baluran. Dahulu kala, goa ini merupakan tempat perlindungan jepang pada masa penjajahan jepang. Di dalam goa jepang, Anda bisa melihat tempat penyimpanan amunisi dan celah pengintai musuh.

  • Pantai Bilik Sijile
Taman Nasional Baluran - Pantai Bilik Sijile
Sumber: nulspounya456789.blogspot.co.id

Selain Pantai Bama, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Bilik Sijile yang sama indahnya. Berbeda dengan pantai Bama yang penuh dengan berbagai macam aktivitas, pantai yang satu ini cocok bagi Anda yang menginginkan ketenangan. Selain tenang dan bebas dari polusi, pantai ini juga memiliki keunikannya sendiri, yaitu tampaknya daratan berpasir putih yang berbentuk menyerupai lidah pada saat pasang air laut surut. Dari situlah muncul nama sijile yang berarti lidah dalam bahasa Madura. Anda juga bisa melihat keindahan pemandangan bawah air yang menawan.

Harga Tiket / Biaya Masuk Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran - Biaya Masuk
Sumber: veeveeayusim.blogspot.co.id

Nah, apakah Anda sekarang tertarik untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran? Bagi Anda yang ingin tahu harga tarif masuk kawasan Taman Nasional Baluran, berikut adalah tabel yang bisa membantu Anda

PengunjungHari kerjaHari Libur
DomestikRp 15.000 / hariRp 17.500 / hari
MancanegaraRp 150.000 / hariRp 225.000 / hari
Rombongan Pelajar / MahasiswaRp 8.000 / hariRp 9.500 / hari

Sebagai informasi tambahan, Taman Nasional Baluran melindungi hewan dan tumbuhan yang hidup di sana sebagai tujuan taman tersebut. Jadi, apa yang Anda tunggu-tunggu? Ayo kunjungi Taman Nasional Baluran dan nikmati keindahannya dari mata Anda sendiri.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *