Home / Tempat Wisata / 7 Taman Wisata Hutan Mangrove Terbaik Di Indonesia

7 Taman Wisata Hutan Mangrove Terbaik Di Indonesia

Taman Wisata Hutan Mangrove Terbaik Di Indonesia
7 Taman Wisata Hutan Mangrove Terbaik Di Indonesia
2 (40%) 1 vote

Bosan berlibur ke alam dengan nuansa pegunungan, bukit atau pantai yang begitu-gitu saja? Nah, saatnya Anda update tempat terbaru destinasi wisata alam Anda, salah satunya adalah memasukkan taman wisata hutan mangrove sebagai tujuan wisata. Tidak kalah kerennya dengan wisata alam pada umumnya, wisata mangrove yang tersebar di berbagai sudut wilayah di Indonesia ini juga menawarkan keindangan hutan bakau yang keren banget. Yuk, simak!

Wisata Hutan Mangrove di Indonesia

1. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

Taman Wisata Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya
via sumber.com

Surabaya tak hanya terkenal dengan kulinernya, namun wisata hutan mangrovenya pun menjanjikan. Hutan mangrove yang terletak di Jalan Raya Wonorejo No. 1, Wonorejo, Rungkut, Surabaya ini sebenarnya berfungsi sebagai pencegah adanya abrasi di bagian pesisir pantai. Menempati area seluas 200 hektar, hutan mangrove yang rindang dan hijau ini juga menjadi rumah bagi spesies hewan yang dilindungi pemerintah, seperti kera berekor panjang. Ada juga beberapa burung yang suka hinggap untuk beristirahat di hutan ini.

2. Wisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Taman Wisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk Jakarta
via upstation.id

Jakarta merupakan sebuah kawasan yang berada di utara Pulau Jawa. Tak disangka, ternyata Jakarta memiliki garis pantai yang ditumbuhi hutan mangrove. Salah satunya ada yang dibuka bagi wisatawan, yaitu Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Di tempat ini, wisatawan bisa datang untuk berwisata sambil menikmati pemandangan alam. Hutan mangrove ini juga masih memiliki habitat asli berupa monyet. Secara tidak langsung, kehadiran monyet di kawasan ini rupanya cukup membantu penyebaran bibit tanaman bakau secara alami di sana. Jika Anda berada di Jakarta dan ingin melepaskan penat, mampirlah ke Hutan Mangrove PIK yang berlokasi di Jalan Garden House RT 8/ RW 1 Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Sakin bagusnya, ada banyak yang menjadikan hutan mangrove Pantai Indah Kapuk sebagai lokasi foto prewedding lho.

3. Taman Wisata Hutan Mangrove Rembang

Taman Wisata Hutan Mangrove Rembang
via jejakpiknik.com

Rembang adalah satu kota di Jawa Tengah. Di sana juga ada satu spot wisata untuk tanaman mangrove yakni Hutan Mangrove Rembang yang terletak di Teluk Rembang, Kabupaten Rembang. Hutan mangrove ini sering dikunjungi wisatawan lokal saat liburan panjang atau akhir pekan. Lingkungan wisata yang asri dan hijau memang memikat wisatawan. Apalagi hutan ini juga cukup mudah dijangkau dari pusat kota, sehingga wisatawan tidak akan kesulitan untuk mencapai lokasi ini. Jika ingin mengunjungi hutan mangrove ini, siapkan kocek sebesar Rp 2.000,-

4. Wisata Hutan Mangrove Tapak Tugurejo Semarang

Taman Wisata Hutan Mangrove Tapak Tugurejo Semarang
via mediajateng.com

Masih di Jawa Tengah, Semarang juga memiliki sebuah hutan mangrove yang juga sering menjadi spot bagi para instagenic. Hutan mangrove yang digunakan untuk objek wisata ini berada di kawasan Tugurejo di pesisir utara Semarang tepatnya di Desa Tapak, Tugurejo, Semarang. Untuk menuju ke lokasi hutan mangrove ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun andhong atau delman sebagai transportasi tradisional di kawasan tersebut.

5. Taman Wisata Hutan Mangrove Tarakan

Taman Wisata Hutan Mangrove Tarakan
via sumber.com

Di Kalimantan Timur, tepatnya di Tarakan, terdapat juga sebuah hutan mangrove di Indonesia yang dibuka untuk objek wisata. Luasnya bahkan mencapai 21 hektar dan menyimpan berbagai jenis tanaman bakau. Hutan mangrove yang satu ini merupakan paru-paru kota Tarakan karena memang kota Tarakan berada di dekat daerah pesisir. Ada juga beberapa penelitian yang sering dilakukan di sana untuk mengamati ekosistem tanaman mangrove.

6. Wisata Hutan Mangrove Wanasari Bali

Taman Wisata Hutan Mangrove Wanasari Bali
via balidirections.com

Hutan mangrove di Indonesia berikutnya ada di Bali, yaitu Hutan Mangrove Wanasari. Di dalam hutan mangrove ini juga ada Pusat Informasi Mangrove. Di sanalah sering ada peneliti yang datang untuk menggali informasi. Wisatawan yang datang ke Tempat Wisata di Bali ini bisa melihat aneka ragam satwa yang ada di sana, seperti burung. Ada juga menara pengawas dan teropong yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan lepas dari hutan yang hijau nan asri. Jika ingin berkunjung ke hutan mangrove yang berlokasi Ekowisata Mangrove Wanasari, Tuban, Badung, Provinsi Bali ini, Anda harus datang di antara pukul 08.00-16.00 WITA.

7. Wisata Hutan Mangrove Kampung Laut Cilacap

Taman Wisata Hutan Mangrove Kampung Laut Cilacap
via lihat.co.id

Hutan mangorve yang satu ini berada di Cilacap dan jarang sekali dijamah oleh wisatawan.  Untuk sampai ke sana, wisatawan bisa menyewa perahu atau kapal, sehingga pengalaman Anda pun semakin lengkap. Hutan mangrove ini juga memiliki beragam fauna laut yang hidup dengan baik bersama masyarakat asli Kampung Laut Cilacap. Selain hutan mangrove, Anda bisa meminta pemandu wisata untuk mengunjungi goa karst yang sangat indah dan letaknya tak jauh dari Kampung Laut Cilacap.

Ketujuh taman wisata hutan mangrove di atas sayang sekali jika tidak pernah Anda kunjungi karena wisata alam di lokasi tersebut tak kalah asrinya dengan pegunungan dan hutan. Medannya yang tak terlalu curam membuat wisata mangrove sangat cocok jika dikunjungi bersama keluarga. Eits, jangan lupa juga bawa kamera sekaligus smartphone Anda untuk mengabadikan beberap sudut yang cocok untuk OOTD dengan background instagenic. Selamat berlibur!

Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *