Home / Tempat Wisata / 5 Tempat Camping di Jawa Tengah Untuk Keluarga

5 Tempat Camping di Jawa Tengah Untuk Keluarga

Tempat Camping di Jawa Tengah Untuk Keluarga
5 Tempat Camping di Jawa Tengah Untuk Keluarga
4 (80%) 1 vote

Dengan berlibur di alam, akan ada cerita tersendiri bagi keluarga. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan camping! Tidur di dalam tenda, masak dengan peralatan manual, trekking dan menjelajah akan menjadi cerita tersendiri ketika pulang. Selain itu, dengan banyak melakukan kegiatan outdoor Anda akan terlepas dari segala penat dan stress. Wisatalah memiliki rekomendasi tempat camping di Jawa Tengah yang cocok untuk Anda lakukan dengan keluarga. Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

Daftar Tempat Camping di Jawa Tengah

1. Umbul Sidomukti

Tempat Camping di Semarang Umbul Sidomukti
Tempat Camping Keluarga di Jawa Tengah via bonvoyagejogja.com

Letaknya yang berada di Gunung Ungaran, Semarang, Jawa Tengah menjadikan Umbul Sidomukti adalah tempat camping keluarga di Jawa Tengah favorit. Letaknya yang mudah dicapai dengan kendaraan pribadi juga menjadi alasan banyaknya pengunjung sering mengunjungi tempat camping di Semarang ini. Umbul Sidomukti terletak di ketinggian 1.200 mdpl, jadi udara di sini masih sangat dingin. Ketika di malam hari, Anda harus menggunakan jaket tebal walaupun berada di dalam tenda. Selain itu, camping ground Jawa Tengah ini memiliki luas yang cukup lebar dengan fasilias kolam air untuk berenang di siang hari sekaligus kawasan outbound di Jawa Tengah untuk arena bermain keluarga.

2. Bumi Perkemahan Kajar

Tempat Camping di Jawa Tengah Bumi Perkemahan Kajar
Camping Ground Jawa Tengah via newsupdateinfonow.blogspot.co.id

Bumi Perkemahan Kajar terletak di atas ketinggian 600 mdpl dan berada di lereng Gunung Muria, Jawa Tengah. Di sini, Anda bisa mendirikan camp di bawah rindangnya hutan pinus. Luasnya lokasi camping ground Jawa Tengah  ini juga dilengkapi dengan arena outbound dan pendakian ke kawasan Gunung Muria. Selain itu, tidak jauh dari kawasan Bumi Perkemahan Kajar juga terdapat Masjid Sunan Muria beserta makama beliau yang ramai dikunjungi banyak peziarah setiap harinya. Jadi, Anda dapat tempat camping di Jawa Tengah sembari berwisata rohani, bukan?

3. Bumi Perkemahan Nglimut Gonoharjo

Di tempat camping di Jawa Tengah ini, Anda tak hanya dapat camping namun bisa juga melakukan wisata relaksasi dengan adanya kolam air panas yang segar. Bumi Perkemahan Nglimut Gonoharjo cocok untuk Anda yang ingin bermandi air panas di siang hari dan menyembuhkan penyakit kulit.

Bumi Perkemahan Nglimut Gonoharjo Tempat Camping Jawa Tengah (1)
Tempat Camping di Jawa Tengah via coretanpetualang.files.wordpress.com

Selain itu, kawasan tempat camping di Jawa tengah tersebut juga memiliki fasilitas outbound yang bisa dinikmati untuk anak-anak maupun orang dewasa. Jadi, setelah lelah bermain outbound, Anda bisa langsung mandi air panas dan mengakhiri kegiatan dengan camping. Jika tertarik untuk mengunjungi Bumi Perkemahan Nglimut Gonoharjo, lokasinya berada di Nglimut Gonoharjo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

4. Bumi Perkemahan Karangsari Park

Bumi Perkemahan Karangsari Park terletak di Desa Karang Sari, Sulang, Rembang, Jawa Tengah. Di kawasan yang memiliki luas hingga 20 hektare ini, Anda bisa menikmati sarana outbound yang menarik, lahan perkemahan yang luas, serta fasilitas pendukung lain seperti MCK yang bersih hingga hall yang bisa digunakan sebagai tempat acara.

Bumi Perkemahan Karangsari Park Tempat Camping di Jawa Tengah
via rembangfokus.blogspot.co.id

Bumi Perkemahan Karangsari Park merupakan lokasi kamping terbesar di Rembang, bahkan salah satu di Jawa Tengah.

5. Bumi Perkemahan Manjul Luhur

Yang terakhir adalah Bumi Perkemahan Manjul Luhur yang dahulunya bernama Bumi Perkemahan Unjul Luhur. Lokasinya berada di Desa Wisata Karang Banjar, Purbalingga. Di tempat ini, Anda bisa menikmati kawasan outbound yang cukup luas dengan camping ground dengan daya tampung sebanyak 3.000 orang. Wah, cukup banyak, ya? Setiap harinya, terutama saat akhir pekan, tempat camping di Jawa Tengah ini dipenuhi oleh beberapa mahasiswa/i dari perguruan tinggi atau pun karyawan dari pemerintahan di sekitar Purbalingga yang melakukan study tour atau outing.

Bumi Perkemahan Manjul Luhur Tempat Camping di Jawa Tengah
via pramuka.sman1tualang.sch.id

Tak usah khawatir dengan kebersihan dan fasilitas di lokasi ini karena Bumi Perkemahan Manjul Luhur adalah kawasan terpadu yang dikelola dengan baik. Di sekitar tempat camping ground ini ada banyak lokasi MCK yang bersih, warung makan, dan penginapan yang dapat Anda sewa jika ada beberapa anggota keluarga yang tidak ingin tidur di alam bebas. Cukup solutif, bukan?

Memasuki awal tahun dengan semangat yang baru. Apakah Anda sudah merencanakan cuti dari pekerjaan untuk liburan tahun ini? Nah, jika belum, mari lihat kalender cuti terbaru dan ajak keluarga Anda untuk quality time dengan berlibur di alam seperti di tempat camping di Jawa Tengah.

Nah, tunggu apalagi, langsung saja pilih salah satu tempat camping ground di Jawa Tengah ini yang sesuai dengan tujuan liburan Anda. Segera nikmati liburan bersama keluarga di alam bebas dan melepas penat di akhir tahun. Selamat berlibur!

Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *