Home / Tempat Wisata / 10 Tempat Rafting Terbaik Di Indonesia

10 Tempat Rafting Terbaik Di Indonesia

Body Rafting Green Canyon Pangandaran

Bosan dengan destinasi liburan Anda yang selalu berakhir ke gunung, pantai, wisata kuliner, bahkan pergi mengunjungi mall? Jika benar Anda bosan, saatnya mencoba liburan dengan cara baru yang ekstrim yakni arung jeram atau rafting! Di mana tempat rafting terbaik di Indonesia? Aktivitas di luar ruangan yang satu ini memadukan unsur edukasi, kekompakan dan petualangan. Nah, untuk mencoba kegiatan yang satu ini, Wisatalah memiliki beberapa rekomendasi lokasinya. Anda bisa mencoba di beberapa lokasi dibawah ini:

Daftar Tempat Rafting Terbaik Di Indonesia

Rafting atau Arung jeram adalah aktifitas pengarungan bagian alur sungai yang memiliki riam, dengan menggunakan alat tertentu. Umumnya dalam pengarungan sungai berjeram / riam adalah mengunakan alat yang terdiri dari perahu karet, kayak, kano dan dayung.

1. Sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Tempat Rafting Sungai Pekalen Probolinggo
jawapos.com

Sungai Pakelan merupakan lokasi arung jeram yang sangat indah, airnya jernih, dan alamnya sangat eksotis. Sungai Pekalen terletak di Dusun Angin-Angin dan rutenya berakhir di Desa Pesawahan atau Desa Condong. Bagi para pecinta arung jeram, lokasi ini memiliki tingkat kesulitan III sampai IV. Rute arung jeram di Pakelan memiliki 3 tahap yakni Pekalen atas sejauh 12 kilometer, Pekalen tengah sejauh 7 kilometer, dan Pekalen bawah sejauh 10 kilometer.

2. Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat

Tempat Rafting Citarik Arus Liar Sukabumi
wisatapriangan.co.id

Daftar tempat rafting terbaik di Indonesia tidak lengkap tanpa rafting Citarik. Jika Anda ingin bermain arung jeram sembari melihat pemandangan yang indah dan udara segar, segeralah menuju Sungai Citarik yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun. Sungai ini memiliki tingkat kesulitan hingga III dan memiliki debit air yang cukup banyak dan kondisi air yang bersih. Ada banyak paket rafting Citarik murah yang disediakan. Kamu tinggal memilih arung jeram Citarik mana yang kamu inginkan.

3. Sungai Alas, Aceh

Tempat Rafting Sungai Alas Aceh
mongabay.co.id

Sungai terpanjang di Aceh ini mempunyai tingkat kesulitan III hingga IV. Rute tempat rafting terbaik ini dipenuhi dengan belokan tajam dan arus deras, pas banget untuk memacu adrenalin. Bagi pemula, sangat dianjurkan mengarungi Sungai Alas dari Muara Situlen di Kutacane hingga Gelombang. Sedangkan yang sudah ahli, bisa mencoba rute arung jeram dari Angusan. Namun, jika Anda memilih untuk rafting di sini, harap hati-hati ya karena lokasinya yang sangat murni dengan alam membuat banyak hewan liar berlalu lalang.

4. Sungai Asahan, Sumatera Utara

Tempat Rafting Sungai Asahan
Sumber: gogonesia

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Sungai Asahan yang terletak di Sumatera Utara. Lokasi arung jeram ini disebut terbaik karena sering digunakan sebagai perlombaan nasional maupun internasional bagi para profesional. Rutenya yang panjang yakni 22 kilometer telah dinobatkan sebagai tempat rafting terbaik ketiga di dunia. Bagaimana? Anda ingin mencoba?

5. Sungai Progo, Magelang, Jawa Tengah

Tempat Rafting Sungai Progo Magelang
extremeina.com

Jika ingin lebih menantang, Anda bisa mengunjungi Sungai Progo yang ada di Magelang. Sungai ini terbagi menjadi beberapa bagian yakni Progo Bawah, Progo Hulu dan Progo Atas. Untuk bagian Progo Bawah memiliki tingkat kesulitan level V dengan jarak 16 kilometer. Sedangkan kedua bagian lainnya memiliki tingkat kesulitan sangat aman yakni III. Dijamin Anda akan puas jika arung jeram di tempat rafting terpanjang di Indonesia ini karena panjangnya mencapai 26 kilometer.

6. Sungai Ayung, Bali

Tempat Rafting Sungai Ayung Bali
Sumber: water-sport-bali.com

Bali tidak hanya menawarkan keindahan pantainya saja, namun alternatif liburan seperti rafting juga tersedia di sini. Lokasi arung jeram ini berada di Desa Rafting Bongkasa, Bali, terletak sekitar 12 kilometer dari Ubud. Tempat rafting di sini sangat cocok bagi pemula karena memiliki tingkat kesulitan II &III. Bahkan, mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pernah mengunjungi rafting ini dan menyelesaikan tantangan di sungai sepanjang 12 kilometer pada Juni 2017 lalu. Tak ingin kalah dengan Obama? Langsung saja menuju ke Desa Rafting! Jangan lupa untuk menyimak artikel tempat snorkeling di Bali juga ya.

7. Sungai Elo, Magelang, Jawa Tengah

Tempat Rafting Sungai Elo Magelang
progorafting.com

Selain Sungai Progo, Magelang juga punya Sungai Elo sepanjang 12 kilometer untuk tempat rafting terbaik. Banyak yang merekomendasikan bermain arung jeram di sana pada sore hari. Cahaya sorenya memberikan sentuhan yang unik pada pemandangan di sekitar sungai. Arus rafting sungai Elo sangat ideal saat musim kemarau untuk melakukan berbagai permainan air, seperti  flip-flop dan spinning.

8. Green Canyon, Pangandaran, Jawa Barat

Body Rafting Green Canyon Pangandaran
anekatempatwisata.com

Jika rafting yang biasa dilakukan menggunakan perahu karet, berbeda untuk di tempat ini yang rupanya menggunakan ban. Arung jeram semacam ini disebut body rafting. Di lokasi ini, Anda akan dibawa menyusuri Sungai Cijulang hingga berakhir di Green Canyon dengan menempuh jarak 10 kilometer selama 4 sampai 5 jam. Sesuai namanya, Anda akan terpesona dengan keindahan sungai yang sangat asri dan menawan.

9. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Lokasi Arung Jeram Sungai Nimanga Sulawesi Utara
describeindonesia.com

Sungai Nimaga terletak di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Lokasinya sangat alami. Maka dari itu, Anda akan menemukan hewan liar seperti tarsius dan aneka jenis burung di pinggir sungai. Walau belum banyak yang tahu mengenai lokasi arung jeram ini, Sungai Nimanga merupakan salah satu tempat rafting di Indonesia terbaik.

10. Sungai Serayu, Banjarnegara, Jawa Tengah

Lokasi Arung Jeram Sungai Serayu Banjarnegara
tabitatour.com

Sungai Serayu mempunyai potensi alam yang luar biasa dengan kondisi air yang tenang. Sungai Serayu memiliki rute panjang sejauh 24 kilometer dengan tingkat kesulitan III-IV. Jika Anda dan kerabat ingin mencoba andrenalin yang tinggi, segeralah rafting di lokasi ini.

Nah, itulah 10 tempat rafting terbaik di Indonesia yang dapat Anda jadikan rekomendasi untuk arung jeram. Segera rencanakan hari libur Anda dan isi dengan kegiatan ekstrim yang satu ini. Lalu jangan lupa, abadikan pengalaman liburan Anda dalam bentuk maupun video dan share di Instagram kami @wisatalah. Selamat memacu andrenalin!

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars 5,00 (2 votes)
Loading...

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *