Home / Tempat Wisata / 8 Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi

8 Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Wajib Anda Kunjungi
8 Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi
Rate me? =)

Letaknya memang berada di Pulau Jawa, namun masih banyak orang belum mengenal tentang Banyuwangi. Kota yang merupakan penghubung antara Pulau Jawa dan Bali ini rupanya menyimpan banyak tempat wisata di Banyuwangi yang tidak boleh Anda lewatkan. Ingin ke sana untuk pertama kalinya? Tenang, kami akan memberikan sedikit panduan agar Anda bisa mendapat pengalaman liburan dengan maksimal.

Daftar Tempat Wisata di Banyuwangi Menarik

  1. Jawatan Benculuk

Sebenarnya pada tahun 1952 tempat wisata di Banyuwangi ini bukanlah untuk berwisata, namun sebagai area resapan air dan penimbun kayu jati yang dikelola oleh Perhutani Banyuwangi. Namun keberadaan Pohon Trembesi yang rindang membuat pemandangan di tempat ini sungguh eksotis dan Instagram-able! Jika Anda hobi berfoto, lokasi ini sangat cocok menjadi jujukan tempat hunting foto Anda.Selain menyuguhkan keindahan alam, kawasan wisata Jawatan juga menawarkan beberapa aktivitas lain seperti memancing dan arung jeram, tentu saja dengan biaya tambahan.

Jawatan Benculuk Tempat Wisata di Banyuwangi
Jawatan Benculuk Tempat Wisata Banyuwangi via reresepan.co.id
  1. Lori Wisata Kalibaru

Menikmati keindahan alam tak hanya dilakukan melalui mobil atau berjalan kaki, Anda bisa menikmatinya dengan cara yang berbeda di tempat wisata di Banyuwangi. Ya, menggunakan sebuah lori alias kereta api wisata di Lori Wisata Kalibaru. Lori wisata ini berangkat dari Stasiun Kalibaru menuju Stasiun Mrawan PP. Sepanjang perjalanan Anda akan dibawa melintasi perkebunan kopi di ketinggian 400 meter  di Gunung Gumitir yang udaranya sejuk, dan juga berhenti sejenak di dalam terowongan kereta api yang gelap, di mana Anda bisa turun sejenak untuk berfoto-foto. Satu lori memiliki kapasitas hingga 16 penumpang saja dengan harga per paket sekitar Rp1.200.000 saja atau kurang dari Rp100.000,- per orang. Waktu tempuh adalah sekitar 50 menit. Tak cuma bisa menikmati keindahan panorama alam dari atas kereta, Anda  pun bisa belajar tentang sejarah perkeretaapian. Untuk saat ini, kereta lori wisata hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu saja, namun jika ada yang memesan pada hari biasa tetap akan dilayani.

Lori Wisata Kalibaru Tempat Wisata di Banyuwangi
Lori Wisata Kalibaru Tempat Wisata Banyuwangi via kabarwisata.co.id
  1. Taman Nasional Baluran

Tak perlu jauh-jauh menuju Benua Afrika, karena di Banyuwangi ada tiruannya yang mirip sekali! Bernama Taman Nasional Baluran, padang savanna terluas di Pulau Jawa ini merupakan kawasan yang dihuni kawanan rusa, merak, gerombolan banteng, elang, monyet, kancil, bangau, dan banyak lagi. Jika Anda gemar fotografi, maka bersiaplah dibuat sibuk di tempat wisata di Banyuwangi ini. Dari dini hari Anda dapat menyaksikan matahari terbit di sela-sela kabut nan dramatis. Anda pun bisa berkemah kawasan taman nasional, karena pihak pengelola telah menyediakan camping ground juga wisma yang dilengkapi dengan kamar mandi dan instalasi air yang memadai dengan harga terjangkau. Tapi ingat, kalau berkunjung ke sini jangan sampai mengganggu, merusak, atau berburu flora dan fauna ya!

Taman Nasional Baluran Tempat Wisata di Banyuwangi
Taman Nasional Baluran Tempat Wisata Banyuwangi – kompasiana.com
  1. Kawah Ijen, Jawa Timur

Meski Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi, namun Gunung Ijen adalah salah satu yang memiliki pemandangan paling menakjubkan. Di puncak gunung setinggi 2.443 meter di atas permukaan laut tersebut terdapat danau kaldera dengan kandungan air sangat asam terbesar di dunia, Kawah Ijen. Danau besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang tentu sangat memesona untuk dilihat. Saat terbaik mengunjungi Kawah Ijen adalah di pagi hari untuk menyaksikan matahari terbit. Anda pun bisa melihat para penambang belerang yang bekerja secara tradisional dengan peralatan sederhana di tempat wisata di Banyuwangi tersebut.

Kawah Ijen Tempat Wisata di Banyuwangi
Kawah Ijen Tempat Wisata di Banyuwangi – wisatalova.co.id
  1. Pantai Plengkung (G-Land)

Inilah pantai di Banyuwangi yang popularitasnya sudah mendunia. Tak heran, karena pantai berpasir putih yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo ini diakui sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan ombaknya termasuk salah satu dari 7 ombak terbaik di dunia! Kalau ingin berselancar, waktu terbaik mengunjungi pantai yang juga dijuluki dengan naman G-Land ini adalah antara bulan Juli-September, karena tinggi ombak bisa mencapai 6-8 meter. Namun kalau Anda bukan pecinta surfing, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di tempat wisata di Banyuwangi ini, antara lain menikmati sunset yang spektakuler, bersepeda menyusuri kawasan taman nasional, snorkeling, memancing, atau sekadar berjemur sambil melihat para peselancar beraksi.

Pantai Plengkung G Land Tempat Wisata di Banyuwangi
Pantai Plengkung G Land Tempat Wisata Banyuwangi – travelingdulu.com
  1. Pulau Tabuhan

Pulau mungil ini menawarkan keindahan alam yang begitu memesona dengan hamparan pasir putih dan air bening dengan gradasi nan indah di sepanjang pantainya. Dinamakan Pulau Tabuhan, karena angin yang berhembus di sini sayup-sayup terdengar seperti tetabuhan musik. Karena anginnya juga, pulau ini dikenal sebagai destinasi favorit para penggemar aktivitas kite-boarding (selancar layang) atau windsurfing (selancar angin). Bahkan tempat wisata di Banyuwangi menarik ini pernah jadi lokasi event kitesurfing bertaraf internasional! Tak hanya bisa dinikmati dengan windsurfing, kawasan Pulau Tabuhan yang dikaruniai terumbu karang dan ikan berwarna-warni juga jadi tempat yang ideal untuk snorkeling. Selain itu, Anda bisa melakukan aktivitas birdwatching dan menyaksikan burung-burung langka, seperti Burung Maleo dan Enggang Gading yang dilindungi, atau menikmati keindahan pantai dari ayunan ala Gili Trawangan.

Pulau Tabuhan Tempat Wisata di Banyuwangi
Pulau Tabuhan Tempat Wisata Banyuwangi sumber: sunriseofjava.com
  1. Teluk Hijau

Wisata Banyuwangi Teluk Hijau atau Green Bay adalah kawasan Nasional Meru Betiri. Untuk menuju tempat wisata di Banyuwangi ini anda juga harus memiliki fisik yang kuat seperti jika anda akan datang ke Sukamade. Dari atas tebing, Anda dapat melihat keindahan pantai secara keseluruhan dan anda akan melihat sebuah pulau kecil dengan batu kuning kecoklatan dan anda dapat juga menemukan air terjun.

Teluk Hijau Tempat Wisata di Banyuwangi
Teluk Hijau Tempat Wisata Banyuwangi sumber: otakbuntu.com
  1. Kawasan Agrowisata Kalibendo

Suka minum teh atau kopi? Di Kalibendo, Anda bisa belajar cara berkebun dan membuat teh, kopi, serta cengkih langsung dari petaninya. Kopi robusta di tempat wisata di Banyuwangi terbaru ini memiliki kualitas nomor satu di Indonesia. Anda juga bisa mencicipi sedapnya kopi luwak yang namanya sudah terkenal di mancanegara. Berada di kaki Gunung Ijen, kawasan wisata alam ini pas untuk Anda yang ingin mencoba bersepeda mengelilingi perkebunan dan pedesaan tradisional. Selain itu, Anda juga bisa menikmati air terjung yang tidak kalah dengan keindahan di Ubud Bali.

Kawasan Agrowisata Kalibendo Tempat Wisata Banyuwangi
Kawasan Agrowisata Kalibendo Tempat Wisata Banyuwangi via wisatabaru.com
Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *