Home / Tempat Wisata / Tempat Wisata di Bogor Dan Puncak

Tempat Wisata di Bogor Dan Puncak

Tempat Wisata Di Bogor

Tempat Wisata di Bogor – Bogor sebagai salah satu kota terbesar di Jawa Barat memiliki sejarah panjang. Kerajaan Pajajaran pun menjadikan wilayah Bogor sebagai Ibukota mereka yang bernama Pakuan Pajajaran. Kuatnya sejarah dan kentalnya budaya Sunda tertuang dalam keseharian masyarakat Bogor, baik dari segi kuliner dan adat istiadatnya. Tak heran bila Kota Hujan ini menawarkan kehidupan pariwisata yang kaya untuk dinikmati wisatawan lokal maupun mancanegara. Termasuk wisata air terjun di Bogor yang memikat hati.

Mau tahu apa saja tempat wisata di Bogor yang harus ada di daftar kunjungan Kamu berikutnya?

Inilah Tempat Wisata di Bogor yang Wajib untuk Dikunjungi

1. Istana Bogor

istana bogor tempat wisata di bogor
Sumber

Terletak di Jalan Ir. H Juanda, Istana Bogor seperti yang kita ketahui adalah salah satu dari enam istana kepresiden Republik Indonesia. Istana Bogor memiliki taman yang Indah dengan beragam macam flora dan fauna. Pastinya Istana Bogor tidak terbuka untuk umum, namun pada waktu-waktu tertentu, gerbang istana terbuka untuk wisatawan yang ingin berkunjung.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata di Bogor Kota yang sangat indah sehingga cocok untuk kegiatan berlibur bersama keluarga ataupun sebagai tempat nongkrong dan bersanti. Di dalam Kebon Raya juga terdapat tempat wisata kuliner di Bogor yang patut dicoba, seperti Rumah Cupcakes, Macaroni Panggang, Kedai Kita dan lainnya.

3. Lawang Salapan

Lawang Salapan - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Tempat wisata di Bogor selanjutanya adalah Lawang Salapan yang bisa diartikan “gerbang 9”. Lawang Salapan baru diresmikan pada Desember tahun 2016 lalu oleh walikota Bogor Bapak Arya Bima. Lawang Salapan ini adalah sebuah landmark / ikon kota Bogor yang memiliki arti mendalam jika diurai lebih dalam. Konsep yang diambil dari Kerajaan Pakuan Pajajaran yang menjadikan Bogor sebagai Ibukotanya.

4. Kampoeng Air Katulampa

Kampoeng Air Katulampa - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Kampoeng Air Katulampa adalah tempat wisata alam di Bogor yang sangat pas untuk wisata keluarga. Suasa pedesaan, dilengkapi dengan danau dan sungai – sungai yang indah, pastinya membuat rekreasi kamu menjadi tidak terlupakan. Disini terdapat kegiatan outbond dan kegiatan outdoor yang menarik, seperti flying fox, bermain kano di danau dan simulasi perang.

5. Museum Pembela Tanah Air

Museum Pembela Tanah Air - Tempat Wisata di Bogor
Tempat Wisata di Bogor – Sumber

Museum Pembela Tanah air ditujukan sebagai persembahan bagi para pahlawan yang berjuang untuk tanah air ketika perang kemerdekaan. Museum ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman no.35, Bogor Utara. Dibangun dengan gaya arsitektur Eropa oleh tentara KNIL pada tahun 1745, terdapat 14 diorama di dalam museum ini yang menceritakan tentang kisah dan proses dari pencapaikan kemerdekaan Republik Indonesia.

6. Museum Perjuangan Bogor

Museum Perjuangan Bogor - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Museum Perjuangan Bogor berlamat di Jalan Merdeka no. 56, Bogor Tengah. Diresmikan pada tahun 1957 oleh walikota Ishak Djuarsah, di museum ini terdapat koleksi senapan, mata uang VOC, pakaian tentara dan juga diorama yang menceritakan tentang peperangan merebut kemerdekaan di daerah Bogor dan sekitarnya.

7. Tugu Kujang Bogor

Tugu Kujang Bogor - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Tuju Kujang terletak di Jalan Raya Pajajaran, Bogor Timur. Monumen setinggi 25 Meter didirikan pada tahun 1982 saat kepemimpinan walikota Ahmad Sobana. Kujang adalah sebuah senjata tradisional masyarakat Sunda yang dipercaya secara turun-temurun memiliki kekuatan mistis. Tuju Kujang merupakan tempat wisata di Bogor kota yang dibangun sebagai simbol semangat masyarakat Bogor.

8. Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Museum Zoologi Bogor terletak di sebelah Kebun Raya Bogor dan berkedekatan dengan Istana Bogor. Didirikan pada tahun 1894 oleh Hindia Belanda pada jaman kolonial. Di Museum ini, kita dapat menikmat beragam spesimen binatang yang telah diawetkan.

9. Taman Mexico

Taman Mexico - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Taman Mexico berada di Desa Padelang, Bogor. Di taman mexico ini, ditanami sejumlah tanaman padang pasir seperti kaktus, yucca dan lainnya, sehingga memberikan kesan seperti ada di Mexico. Selain itu juga ada patung-patung musisi yang berbusana ala Mexico. Dijamin tempat wisata di Bogor yang murah ini sangat instagrammable.

10. Taman Kencana

Taman Kencana - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Taman kencana juga tidak jauh lokasinya dari Kebun Raya Bogor. Taman Kencana sangat indah sehingga cocok untuk kegiatan berlibur bersama keluarga ataupun sebagai tempat nongkrong dan bersantai bersama teman-teman. Di dalam Taman kencana juga terdapat tempat kuliner yang patut dicoba, seperti Rumah Cupcakes, Macaroni Panggang, Kedai Kita dan lainnya.

11. Prasasti Batu Tulis

Prasasti Batu Tulis - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Kompleks Prasasti Batu tulis memiliki luas area 17 x 15 meter yang terletak di lokasi asli Ibu Kota Pajajaran jaman dahulu. Selain prasasti, juga terdapat peninggalan bersejarah kerajaan Sunda. Prasasti-prasasti ini ditulis dalam bahasa Sunda Kuno dan bertahun 1533 Masehi. Kamu dapat mengunjungi komplek prasasti ini di Jalan Batutulis No. 54, Batutulis, Bogor Selatan.

12. Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Cariu - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Penangkaran Rusa Cariu adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang beralamat di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor. Dibuka untuk untuk umum dari jam 7 pagi sampai 5 sore. Disini anda bisa bermain dan memberi makan rusa-rusa yang dilindungi, dan kalau beruntung Anda juga bisa berfoto bersama mereka. Penangkaran Cariu ini juga sangat indah, selain bermain bersama rusa, Anda juga dapat bersantai dengan menikmati kuliner di kantin dan warung yang ada di dalam penangkaran ini.

13. Suaka Elang Loji

Suaka Elang Loji - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Tempat wisata di Bogor bagi para pecinta outdoor ini terletak di Desa Logi, Cibarayut, Cigombong, Bogor. Di sini kita (apabila beruntung) dapat melihat langsung dan bertemu dengan burung Elang yang kebetulan sedang bersinggah disini. Di dalam Suaka Elang Loji ini juga terdapat Curug (air terjun) Cibadak ditambah jembatan gantung dan hutan pinus yang mempesona.

14. Bundaran Yasmin Bogor

Bundaran Yasmin Bogor - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Merupakan sebuah taman yang berada di berbentuk bulan yang berada di perumahan Taman Yasmin. Kamu yang sedang mencari wisata kuliner di Bogor, jangan lupa untuk mencicipi sarapan disini, seperti bubur dan makanan ringan lainnya. Tidak hanya berkuliner ria, disini juga kamu bisa cuci mata dengan melihat barang jualan fashion (baju, sepatu dan tas).

15. The Jungle Fest

The Jungle Fest - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

The Jungle Fest lokasinya tidak jauh dari The Jungle Water Adventure. Tempat wisata di Bogor ini terdapat wahana permainan klasik untuk anak-anak seperti carousel dan spectrum wheel. Jam operasional The Jungle Fest adalah dari pukul 13.00 sampai 21.00. Selain wahana permainan yang menarik, pada waktu tertentu, Anda juga akan disuguhkan dengan acara dan festival yang menarik.

16. The Jungle Water Adventure

The Jungle Water Adventure - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Taman Hiburan ini menawarkan wahana-wahana permainan yang sangat seru. Terletak di Jalan Bogor Nirwana Boulevard, Perumahan Bogor Nirwana Residence, Bogor Selatan. The Jungle Water Adventure dapat dikunjungi dari pukul 09.00 sampai 18.00.

17. Madagascar Hole

Madagascar Hole - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Madagascar Hole adalah tempat wisata di Bogor yang terletak di Jalan Yang Fana, Desa Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kabupaten Bogor. Anda yang sedang berkunjung ke kota Bogor, sempatkan untuk mampir kesini untuk menikmati rekreasi bersama keluarga.

18. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Taman Wisata Mekarsari atau yang sering disebut Taman Buah Mekarsari adalah sebuah pusat pemberdayaan buah-buahan di Indonesia (dan salah satu yang terbesar di dunia, lho!). Disini buah-buah dari bibit yang unggul dilestarikan dan juga diberdayakan untuk kepentingan penelitian dan juga untuk penyebarluasan kepada petani-petani di Indonesia. Selain sebagai tempat pemberdayaan buah, disini juga terdapat acara dan wahana wisata seperti Tropical camp, kegiatan outbond, atraksi sepeda dan lainnya.

19. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Lokasi Taman Sakura terletak di Cipanas, Cianjur. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati Indahnya pohon sakura. Pohon sakura disini ditanam dengan sistem cangkok sejak tahun 1953. Kamu yang penasaran, bisa datang kesini pada bulan Januari hingga Maret dimana pohon Sakura akan berbuah lebat dan indah.

20. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Taman Bunga Nusantara sudah berdiri sejak tahun 1992 oleh Ibu Dani Bustanil Arifin yang ditujukan sebagai pusat agrowisata. Alamatnya ada di Jalan Mariwati KM 7, Cianjur. Di tempat wisata di Bogor ini terdapat berbagai macam taman yang dibangun secara apik, seperti taman air, taman labirin, dan taman mawar. Namun yang paling menyedot perhatian adalah taman perancis dan taman jepang yang dibuat secara detail untuk mereplikasi gaya dari masing-masing negara yang ingin ditonjolkan.

21. The Highland Park Resort (Mongolian Camp)

The Highland Park Resort (Mongolian Camp Bogor) - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

The Highland Park Resort ini menawarkan pengalaman menginap yang unik karena bentuk cottage nya yang seperti kemah di Mongolia. Selain penginapan, terdapat banyak fasilitas disini, seperti lapangan futsal, restoran, fasilitas outbond, kolam renang, dan lainnya. Lokasi Highland Park Resort ini terletak di lembah Gunung Salak yang sangat indah dan bisa dinikmati langsung dari restoran Mongolian camp ini.

22. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang - Tempat Wisata di Bogor
Tempat Wisata di Bogor – Sumber

Kampung Budaya Sindangbarang ini letaknya di Desa Pasir Eurih, Kabupaten Bogor. Di desa ini terdapat kebudayaan dan kesenian Masyarakat Sunda yang dilestarikan. Terdapat juga situs-situs bersejarah, jejak peninggalan dari Kerajaan Pajajaran yang pernah berkuasa di Sunda. Di sini juga diadakan Pagelaran Seni, upacara adat kebudayaan dan seminar yang terbuka untuk khalayak umum.

23. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Siapa yang tidak kenal Taman Safari? Tempat wisata yang di Bogor Puncak ini pastinya cocok untuk semua kalangan. Di sini kita bisa melihat berbagai macam fauna, selain itu kita juga bisa mencoba safari night disini, dimana petualangan bertemu satwa-satwa di sini semakin menarik. Bagi pengunjung, tetap taati peraturan yang berlaku disini dalam hal menjaga area taman safari dan aktivitas bersama hewan-hewan di sini.

24. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Tempat wisata di puncak ini beralamat di Jalan Raya Puncak KM.77, Cilember, Cisarua, Bogor. Kamu dapat menikmati fasilitas kolam renang water park, perahu dayung dan lainnya di Taman Wisata ini. Ada juga fasilitas rekreasi dan outbond.

25. House The Hobbit Cisarua Bogor

House The Hobbit Cisarua Bogor - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Mau mengunjungi Rumah Hobbit ? Kamu tidak perlu jauh-jauh ke New Zealand. Cukup ke Jalan Gandamanah, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor kamu sudah bisa melihat rumah Frodo di film Lord of the Rings. Salah satu tempat wisata di puncak Bogor yang rekomendasi untuk Kamu.

26. Danau Dora

Danau Dora - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Danau Dora berada di kawasan LIPI (Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia). Lokasi Danau Dora sering dijadikan tempat Jogging atau hanya sekadar bersantai. Dinamakan Danau Dora karena banyak anak-anak bermain sambil membawa boneka tokoh kartun ternama si Dora the Explorer.

27. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Kalian yang belum sempat datang ke tempat wisata kuliner di Sentul yang satu ini, jangan mau ketinggalan. Beralamat di Sentul City, Bogor, pasar Ah Poong menawarkan jajanan dan masakan yang lezat. Bapak Alm. Bondan Winarno yang terkenal dengan slogan “Maknyuss” pun pernah berkunjung ke pasar Ah Poong dan memuji kuliner yang dijajakan disini.

Selain itu area pasar Ah Poong sangat menarik, terdapat dua jembatan gantung yang menghubungkan pasar Ah Poong dengan Masjid Andalusia dan Taman Energi di Eco Art Park. Kamu juga berkesempatan menaiki perahu apung / sampan secara gratis dan mengitari aliran sungai sekitar Pasar Ah Poong.

28. Rumah Air Bogor Nirwana Residence

Rumah Air Bogor Nirwana Residence - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Salah satu tempat wisata kuliner di Bogor yang harus kamu kunjungi. Rumah Air terletak di Bogor Nirwana Residence, Bogor Selatan. Di sini kamu dapat menikmati kuliner Sunda di atas Danau. Selain menyantap kuliner, disini juga disediakan area bermain untuk anak-anak dan pemancingan.

29. Kebun Durian Warso Farm

Kebun Durian Warso Farm - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Kamu yang sedang mencari tempat wisata kuliner di Bogor, jangan lupa buat mampir ke Desa Cihedeung, Kecamatan Cipelang, Kabupaten Bogor. Warso Farm seluas 8,5 hektar ini menawarkan berbagai jenis durian yang lezat. Datanglah saat musim durian tiba dan kamu bisa menikmati buah dan es durian di sini.

30. Danau Quarry

Danau Quarry - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Danau ini dulu adalah bekas lokasi penambangan batu yang sekarang menjadi tempat wisata di Bogor karena keindahan alamnya yang mempesona. Danau ini terletak di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Untuk mencapai lokasi danau ini memang tidak mudah, kamu harus bertanya ke warga sekitar dan juga fasilitas jalannya yang masih belum sempurna. Tapi dijamin sesampainya disini, kamu tidak akan kecewa.

31. Telaga Warna Puncak

Telaga Warna Puncak - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Talaga ini adalah salah satu tempat wisata puncak yang anti-mainstream. Konon katanya warna di Telaga ini dapat berubah warna, kadang hijau, kecokelatan ataupun kekuningan. Terletak tidak jauh di dekat daerah puncak pass, telaga ini sangat indah untuk dikunjungi. Bagi pengunjung juga disediakan perahu kecil dan sepeda air apabila ingin menyusuri danau kecil ini.

32. Rafting Sungai Cisadane

Rafting Sungai Cisadane - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Sungai Cisadane sudah sangat pesohor di telinga para pecinta rafting. Dengan jeram-jeram yang beraneka ragam, menjadikan rafting di sungai ini pasti memberikan nuansa yang unik. Kamu yang ingin mencoba sedikit adventure rafting di sini, dapat langsung mengunjungi Sungai Cisadane di Kecamatan Carigin, Kabupaten Bogor.

33. Pemandian Air Panas Ciparay

Pemandian Air Panas Ciparay - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Pemandian ini terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jalan menuju pemandian air panas Ciparay begitu indah, dengan barisan pohon dan pemandangan perbukitan yang ikut menemani. Sungai Cikuluwung akan menyambut kamu di tengah perjalanan menuju pemandian, dari atas jembatan kita dapat melihat derasnya arus sekaligus indahnya sungai ini. Lokasi pemandian tidak jauh dari sini, yaitu berada di tepi Sungai Cikuluwung ini. Di sekitar kawasan pemandian juga terdapat kedai makan dan minuman untuk mengisi perut yang lapar.

34. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Parung

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Parung - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Salah satu tempat wisata alam di Bogor yang sangat recommended. Air panas alami dari pegunungan kapur di sekitar dilengkapi dengan panorama desa, sawah dan pepohonan yang membentang luas, kamu bisa berendam di sini dengan panorama yang luar biasa. Pemandian ini buka dari jam 7 pagi sampai 10 malam. Selain tempat berendam, disini juga terdapat area outbond dan flying fox, sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga.

35. Pemandian Gunung Peyek

Pemandian Gunung Peyek - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Pemandian air panas ini sangat unik, karena terletak di tengah persawahan warga. Lokasinya terletak di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Jadi kamu yang ingin yang lagi ingin melepas penat, datang ke tempat wisata di Bogor ini saja.

36. Bukit Paralayang Puncak

Bukit Paralayang Puncak - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Jika kamu sedang berwisata ke puncak, sempatkan diri untuk melakukan aksi paralayang. Dijamin seru dan bakal ketagihan. Wisata terbang di tempat yang sering disebut “Bukit Gantolle”, Gunung Mas, Puncak, Bogor ini akan merogoh kocek kamu Rp 350.000,-. Namun pengalaman terbang yang akan berlangsung kurang lebih 10 menit ini, pastinya tidak akan terlupakan.

37. Bukit Alesano

Bukit Alesano - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Kamu yang suka wisata alam, sempatkan mampir ke Bukit Alesano di Cijeruk, Bogor. Kamu bisa berkemah di atas Bukit Alesano dan melihat indahnya kelap-kelip lampu kota Bogor pada malam hari. Di pagi harinya, tidak ketinggalan, sinar mentari pagi juga akan menyambut kamu dari belakang punggung Gunung Gede.

38. Hutan Pinus Gunung Pancar

Hutan Pinus Gunung Pancar - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Di Gunung Pancar ini, Kamu akan menyusuri hutan Pinus yang indah dan bermacam flora yang dilindungi di kawasan ini. Tempat wisata di Bogor yang satu ini sering dipakai sebagai kegiatan rekreasi keluarga di akhir pekan, seperti untuk bersepeda, hiking, jogging dan berkuda. Menambah rasa rileks saat berwisata, di area Gunung pancar ini juga terdapat kolam air panas alami dimana kamu bisa berendam sekaligus meraih manfaat dari kandungan belerang dan mineral yang terdapat pada air tersebut.

39. Situs Gunung Munara

Situs Gunung Munara - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Letaknya tidak jauh dari Pasar Parung, Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Gunung Munara memiliki ketinggian kurang lebih 1500 dari permukaan laut. Situs Gunung Munara awalnya bukan tempat asing bagi para peziarah yang ingin semedi dan melangsungkan ritual-ritual tertentu. Namun karena keindahannya, saat ini situs Gunung Muara sudah menjadi tempat wisata di Bogor yang tidak asing lagi bagi para wisatawan, pendaki gunung dan pecinta alam.

40. Gunung Kapur Klapanunggal

Gunung Kapur Klapanunggal - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Gunung Kapur yang terletak di Desa Klapanunggal Bogor ini belum banyak yang tahu. Gunung ini dulu adalah tempat penambangan batu kapur. Selain bentuk gunung yang unik, di situs wisata ini terdapat gua-gua yang menarik. Pemandangan sore hari di atas gunung juga sangat sensasional. Pastinya pengalaman kamu kesini tidak akan terlupakan.

41. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Gunung Batu Jonggol adalah sebuah bukit di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Jonggol, Kabupaten Bogor. Tinggi dari bukit ini kurang lebih 200 meter, namun walaupun tingginya tidak seberapa, tanjakan bukit ini sangat ekstrim yang pastinya buat kamu tertantang. Masih dikelola oleh masyarakat sekitar, membuat fasilitas ini Gunung Batu Jonggol tidak lengkap dari segi perlengkapan dan keamanan. Namun tetap tempat wisata di Bogor yang patut dikunjungi.

42. Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Goa Agung Garunggang Geopark, demikian akrab sebutannya, ini terletak di Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang. Perjalanan ke Goa ini searah dengan Curug Leuwi Hejo, jadi kalian yang sedang mencari tempat wisata di Bogor, khususnya daerah Sentul, jangan lupa untuk sempatkan mampir ke sini.

43. Rumah Pohon dan Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol

Rumah Pohon dan Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Foto-foto tempat ini sudah tidak asing kita temui di media sosial pastinya. Rumah pohon dan Jembatan Kayu ini terletak di Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor. Selain menikmati suasana alamnya yang sangat indah. Tempat wisata di Bogor ini juga dilengkapi dengan fasilitas penginapan dan kegiatan outbond

Tempat Wisata Air Terjun di Bogor

44. Curug Ciherang 

Curug Ciherang   - Tempat Wisata di Bogor
Wisata Air Terjun di Bogor – Sumber

Curug Ciherang berada di Desa Warga Jaya, Bogor. Curug Ciherang masih tergolong sepi dan belum banyak dikenal. Sehingga cocok sekali bagi kita yang ingin berlibur namun tetap mendambakan suasana damai namun tetap tidak ramai. Tinggi air terjun ini adalah sekitar 30 meter dan alirannya pun terbilang cukup besar. Di dasar air terjun juga terdapat kolam yang bisa kita jadikan tempat berendam. Tak lupa, di dekat kawasan Curug Ciherang ini juga terdapat rumah pohon. Letaknya ke arah atas dari pintu gerbang area wisata ini. Pastinya kamu bisa berfoto ria dengan berlatar belakang pemandangan yang mengesankan.

45. Curug 7 Cilember

Curug 7 Cilember - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Air Terjun 7 Cilember terletak di Desa Jogjogan, Cisarua, Bogor. Kawasan Curug ini juga sering dijadikan sebagai tempat berkemah. Di sekitar kawasan Curug terdapat musholla dan tempat makan. Curug ini terbilang cukup indah karena masih asri dikepung oleh deretan pepohonan pinus yang indah. Di kawasan air terjun ini juga terdapat taman konservasi kupu-kupu, dimana kita dapat melihat beragam jenis kupu-kupu yang diberdayakan.

46. Curug Cigamea

Curug Cigamea - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Tempat wisata di Bogor, Curug Cigamea berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Lokasinya sangat asri dan tenang, jauh dari kegaduhan kota. Jalur untuk menuju Curug Cigamea ini tergolong mudah. Karena jalanan yang landai dan sudah dilengkapi dengan pengaman yang dibuat oleh masyarakat sekitar. Hutan yang lebat dan tebing yang indah pun menemani perjalanan kita menuju Curug yang satu ini. Di Curug ini juga ada area pembatas dimana pengunjung dilarang masuk ke area tersebut. Di sekitar kawasan Curug juga terdapat tempat beristirahat dan warung yang menyediakan minuman dan makanan ringan.

47. Curug Cibulao 

Curug Cibulao - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Air terjun Cibulao berasal dari aliran Gunung Paseban, Bogor. Tetap waspada karena aliran air curug ini bisa terbilang cukup deras. Jadi berhati-hatilah di kawasan sekitar. Saat hujan turun, dikhawatirkan banjir akan datang. Disarankan untuk datang ke tempat wisata air terjun di Bogor ini di saat cuaca cerah.

48. Curug Luhur  

Curug Luhur   - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Curug Luhur atau yang bisa diartikan sebagai Curug / air terjun tertinggi ini terletak di kaki Gunung Salak, Bogor. Bukan tanpa sebab, karena Curug ini memilik tinggi 62 meter dari permukaan tanah. Kita dapat mengunjungi Curug ini yang terletak di Desa Ciapus Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Namum memang, kita sudah tidak diperkenankan untuk bermain di sekitar kolam alami Curug Luhur ini. Karena juga di kawasan wisata air terjun di Bogor telah banyak dibangun berbagai wahana dan kios-kios souvenir yang sangat disayangkan menghilangkan sisi alami dari air terjun yang satu ini.

49. Curug Panjang

Curug Panjang - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Curug Panjang adalah tempat wisata di puncak, Bogor. Air di Curug Panjang ini sangat sejuk dan air terjun di Bogor ini belum begitu dikenal wisatawan. Jadi suasana sepi dan privat akan menemani kunjungan kita disini.

50. Curug Pangeran  

Curug Pangeran   - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Curug Pangeran berada di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Kita harus berjalan cukup jauh untuk bisa sampai ke lokasi Curug Pangeran, namun medan perjalanannya relatif tidak buruk. Begitu sampai di lokasi, Curug Pangeran memberikan pemandangan yang sangat indah, di tengahnya terdapat kolam hijau kebiruan.

51. Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Lebih dikenal dengan nama air terjun putri kencana. Di Sekitar kawasan Curug Putri Kencana, kita dapat memasang kemah untuk suasana yang lebih rileks. Bebatuan indah dan air yang jernih, menjadi spot yang sangat ideal untuk melepas penat sambil menikmati pemandangan di Curug ini.

52. Curug Seribu

Curug Seribu - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Air terjun Seribu di Gunung Bunder, terkenal menyimpan cerita magis. Namun, tempat wisata di Bogor yang satu ini, keindahannya sudah tidak diragukan lagi menjadi daya tarik dan alasan mengapa wisatawan tetap berkunjung ke Curug yang satu ini. Sesampainya di area air terjun, ada pembatas-pembatas yang memisahkan wilayah yang boleh kita lalui dan yang tidak. Alasannya memang untuk kenyamanan dan keamaan wisatawan, karena sebelumnya ada terjadi kecelakaan di area yang sudah dibatasi tersebut.

53. Curug Ngumpet

Curug Ngumpet - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Curug ngumpet sering disebut juga oleh warga sekitar sebagai air terjun Kondang. Lokasinya ada di Gunung Salak Endah, Kabupaten Bogor. Air terjun di Curug Ngumpet tergolong tidak terlalu deras, jadi sangat cocok untuk berenang. Di sini pun terdapat kolam alami dimana kita bisa berendam dan bermain dengan aman. Pemandangan menuju ke Curug ini pun sangat indah. Tidak dipungkiri karena terletak di daerah gunung, udara yang segar ditemani dengan lebatnya pepohonan membuat wilayah Curug ini begitu cantik dan asri.

54. Curug Cipamingkis  

Curug Cipamingkis   - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Curug Cipamingkis berada di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Curug ini memiliki mitos yang melekat di masyarakat wilayah sekitarnya. Bagi yang mandi di bawah aliran air terjun ini, niscaya akan enteng jodoh.

55. Curug Cikaracak

Curug Cikaracak - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Curug ini sangat cocok bagi Kamu yang suka berpetualang, karena untuk dapat sampai di sini, kamu perlu melakukan trekking melewati hutan dan sungai. Sesampainya di Curug ini, airnya begitu segar akan menghilangkan rasa lelah saat melakukan trekking untuk mencapai tempat ini. Air Terjun Cikaracak juga terbilang masih belum setenar curug lainnya, yang membuat suasana hening dan damai menyelimuti area air terjun ini.

56. Curug Rahong

Curug Rahong - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Curug Rahong terdapat di Kampung Kedaung, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Pemandangan di area Curug Rahong atau sering disebut juga Grahong sangatlah indah. Hati-hati ketika mengunjungi Curug ini, karena bebatuan yang licin bisa menyebabkan cedera dan luka.

57. Curug Jaksa Taman Safari

Curug Jaksa Taman Safari - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Curug Jaksa adalah tempat wisata air terjun di Bogor yang terletak di Taman Safari, Cisarua. Air terjun ini terbilang cukup tinggi karena memiliki ketinggian hingga 45 meter dan dibuka untuk umum dari pagi hingga sore (sekitar pukul 5 petang). Masyarakat sekitar mempercayai apabila seseorang membasuh mukanya dengan air dari curug ini, maka ia akan enteng jodoh dan awet muda.

58. Curug Nangka

Curug Nangka - Tempat Wisata di Bogor
Wisata Air Terjun di Bogor – Sumber

Curug Nangka terletak di Taman Nasional Halimun Salak, Bogor. Tempat wisata di Bogor ini terletak di kaki Gunung Salak dan memiliki udara yang sangat sejuk. Jalan menuju Curug Nangka sangat indah, diselimuti oleh pepohonan dan suasana pegunungan yang kental.

59. Curug Cadas Ngampar

Curug Cadas Ngampar - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Air Terjun Cadas Ngampar salah satu curug yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor. Bebatuan Cadas yang terhampar di sepanjang aliran sungai yang menjadi asal air terjun, dilekatkan warga setempat sebagai nama untuk Curug ini.

60. Curug Cihurang

Curug Cihurang - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Curug Cihurang adalah salah satu tempat wisata air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor. Pemandangan di Curug Cihurang ini adalah berupa dua air terjun yang posisinya tidak berjauhan dengan debit air masing-masing yang tidak begitu besar dan deras. Terdapat juga kolam bermuaranya kedua aliran air terjun disini yang bisa kita jadikan tempat untuk berenang dan berendam. Di sekitar kawasan Curug Cihurang ini juga sangat cocok untuk kegiatan camping.

61. Curug Macan  

Curug Macan - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Curug Macan terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor. Jalur menuju Curug Macan cukup mudah dan kita tidak perlu berjalan jauh untuk akhirnya dapat menikmati air terjun yang indah ini. Curug Macan memiliki deras air yang tidak begitu deras dan ketinggiannya juga relatif rendah ( ± 5 meter ), jadi sangat cocok untuk Kamu yang ingn rileks dan berenang di sekitar kawasan air terjun ini.

62. Curug Naga

Curug Naga - Tempat Wisata di Bogor
Wisata Air Terjun di Bogor – Sumber

Tempat wisata alam di Bogor ini berada di kawasan Megamendung, Puncak. Disini selain menikmati keindahan alamnya, kita juga bisa melakukan aktifitas seperti rafting, trekking dan lompat tebing. Curug naga sangat cocok bagi kamu yang suka dengan petualangan.

63. Curug Beret

Curug Beret - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Curug Beret berlokasi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kampung Lemah Neundeut, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Ketinggian air terjun ini adalah 25 meter dan memiliki debit air yang sedang. Pemandangan menuju Curug Beret pun sangat indah, karena masih asri berupa hutan dan aliran-aliran sungai kecil yang indah.

64. Curug Cilontar

Curug Cilontar - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

 

Sering disebut Curug yang tersembunyi di Leuwiliang, Bogor, dikarenakan Curug Cilontar ini belum terkenal seperti Curug Leuwi Hejo yang ada di kawasan Sentul. Untuk sampai ke Curug ini, kita akan berjalan menyusuri sawah, berjalan turun ke bawah (hati – hati licin) dan di bawah pepohonan, dari atas kita bisa melihat air terjunnya. Curug ini memiliki kolam yang sangat luas. Dijamin sesampainya dibawah, pasti puas dengan pemandangan dan ketenangan dari suasana sekitar mengingat Curug ini relatif masih sepi dan belum banyak pengunjung.

Tempat Wisata Air Terjun yang ada di Kawasan Sentul, Bogor

65. Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Curug Bidadari Sentul Paradise Park - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Tempat Wisata di Sentul memiliki deretan air terjun memukau, salah satu curug yang memiliki fasilitas terlengkap adalah Curug Bidadari yang terletak di desa Bojong Koneng Sentul dan awalnya memang air terjun ini bernama Curug Bojong Koneng. Namun setelah dikelola oleh pihak Sentul Paradise Park, Curug ini berganti nama menjadi Curug Bidadari. Selain air terjun, kita dapat menikmati kegiatan lainnya seperti flying fox, bermain perahu dan juga bersantai di bawah saung-saung yang disediakan ke para pengunjung.

66. Curug Leuwi Hejo  

Curug Leuwi Hejo - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Berlokasi di Cibadak, Sukamakmur, Bogor. Keindahan air terjun ini sangat memukau. Salah satu tempat wisata air terjun di kawasan Sentul, Bogor yang paling recommended. Pintu masuk ke Curug Leuwi Hejo adalah dengan melalui Jungle Land, Sentul.

67. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Curug Leuwi Lieuk juga terletak di Sentul, Bogor dan letaknya berdekatan dengan Curug Leuwi Hejo. Air di curug ini berwarna hijau yang sangat indah dilengkapi dengan deretan bebatuan tinggi yang indah. Sebutan Green Canyon Mini dari Bogor pun dilekatkan pada tempat wisata di Sentul yang satu ini.

 

68. Curug Ciburial

Curug Ciburial - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Aliran Curug Leuwi Hejo berasal dari aliran Curug Ciburial ini. Salah satu tempat wisata curug di Bogor yang memiliki 2 aliran air terjun yang berbeda. Di Lokasi terdapat bebatuan di mana kita bisa duduk bersantai. Pada area Curug Ciburial juga terdapat kolam yang dapat digunakan sebagai tempat berendam.

69. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Air Terjun Cibaliung seperti 2 Curug di atas, berada di kawasan Sentul, Bogor. Alamat lengkapnya adalah di Kampung Wadung, Desa Karangtengah, Kec Babakan Madang, Bogor. Untuk sampai ke Curug ini memang Anda harus berjalan agak jauh. Sesampainya disini, airnya jernih sekali dan pemandangannya pun mengesankan.

70. Curug Barong

Curug Barong - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Curug Barong juga salah satu curug yang berada di kawasan Curug Leuwi Hejo. Curug ini sebenarnya tidak terlalu tinggi, kurang lebih 10-12 meter saja. Aliran Curug Barong berasal dari Sungai Cirangrang di Bogor dan airnya sangat bersih dan jernih. Menuju Curug Barong diperlukan trekking selama kurang lebih 30-40 menit dan medan trekkingnya pun tidak mudah, berhati-hati ya guys.

71. Curug Hordeng

Curug Hordeng - Tempat Wisata di Bogor
Sumber

Di daerah Sentul, Bogor, juga tidak ketinggalan ada Curug Hordeng. Panorama alamnya sungguh memukau. Salah satu wisata air terjun Bogor yang paling indah. Dinamai Curug Hordeng, dikarenakan aliran air terjunnya yang melebar dan seakan berbentuk tirai. Di Curug Hordeng ini terdapat kolam-kolam yang terbentuk dari bebatuan alami yang pastinya aman untuk berendam dan berenang karena aliran airnya yang relatif tenang.

Semoga daftar di atas bisa menginspirasi kamu yang sedang mencari tempat wisata di Bogor. Selamat berlibur!

Yuk di-Share :
  • 8
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    8
    Shares
  •  
    8
    Shares
  • 8
  •  
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars 5.00 (3 votes)
Loading...

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *