Home / Tempat Wisata / 31 Tempat Wisata Di Cirebon Terbaik

31 Tempat Wisata Di Cirebon Terbaik

Tempat Wisata Di Cirebon Terbaik Feature

Cirebon adalah kota ke-3 setelah Bandung dan Bekasi yang perkembangannya sangat pesat dibanding dengan kabupaten dan kota lainnya yang ada di Jawa Barat. Kota tua yang sarat dengan kisah-kisah sejarah bernuansa religi, karena menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam oleh para Sunan. Belum lagi ditambah dengan keindahan alamnya. Tempat wisata di Cirebon memiliki potensi besar untuk mengembangkan diri sebagai kota wisata. Setidaknya ada 4 jenis wisata yang bisa dijual, yakni wisata edukasi, wisata sejarah, wisata religi, dan wisata budaya di Cirebon.

Tempat Wisata Di Cirebon Wajib Dikunjungi

1. Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan inilah yang menjadi ikon Kota Cirebon dari jaman dahulu hingga kini. Bangunan yang di bangun pada tahun 1529, oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati. Kini menjadi salah satu cagar budaya yang harus dilindungi dan dirawat.

Tempat Wisata di Cirebon - Keraton Kasepuhan
Sumber

Keraton Kasepuhan ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran dan ingin tahu tentang sejarah penyebaran Islam di tanah air. Dan puncaknya ada pada tanggal 1 Syawal karena di saat itulah kereta kencana Singa Barong dimandikan di tempat wisata di Cirebon ini. Konon menurut kepercayaan orang-orang Cirebon, kereta ini merupakan kereta milik Sunan Gunung Jati.

2. Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman Cirebon didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin alias Pangeran Kertawijaya, pangeran tersebut bergelar Sultan Anom I, di angkat pada tahun 1678 M. Di kompleks keraton seluas kurang lebih 6 hektar ini, setidaknya ada 27 bangunan kuno.

Tempat Wisata di Cirebon Keraton Kanoman
Sumber

Peninggalan bersejarah yang terdapat di tempat wisata di Cirebon ini cukup erat kaitannya dengan syiar agama Islam yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati, dikenal dengan Syarif Hidayatullah. Berbagai peninggalan bersejarah mulai dari kereta perang tunggangan Sunan Gunung Jati dimasa lalu yang bernama Paksi Naga Liman dan Jempana, berbagai keramik dalam bentuk piring, mangkok, gelas asli dari tiongkok, benda-benda pusaka seperti keris, tombak, gamelan, dll.

3. Taman Ade Irma Suryani

Tempat Wisata di Cirebon Taman Ade Irma Suryani
Sumber

Taman Ade Irma Suryani atau Ade Irma Suryani Waterpark merupakan tempat wisata di Cirebon yang berupa taman rekreasi. Hampir mirip dengan galaxy waterpark yang ada di Yogyakarta. Tidak hanya wahanan permainan, TAIS ini dilengkapi dengan cafe dan resto, serta cottage yang mengapung di atas air laut.

4. British American Tobacco

Gedung British American Tobacco (BAT) merupakan bekas pabrik rokok. Dibangun tahun 1924, Gedung ini termasuk Cagar Budaya di Kota Cirebon.

Tempat Wisata di Cirebon BAT
Sumber

Namun sangat disayangkan, saat ini wisatawan hanya dapat menikmati keindahannya dari luar saja. Karena Gedung tempat wisata Cirebon ini tidak dibuka untuk umum.

5. Apita Waterboom

Tempat Wisata di Cirebon Apita Waterboom
Sumber

Apita Waterboom menyediakan 2 waterboom setinggi 15 meter untuk orang dewasa dan 2 waterboom untuk anak-anak dengan ketinggian yang lebih rendah. Apita Waterboom menempati area seluas 10.000 m2, juga memiliki berbagai jenis wahana permainan air lainnya. Anda dapat menemukan beberapa kolam di tempat wisata di Cirebon terbaru ini. Kolam arus untuk anak-anak, kolam arus untuk dewasa, kolam prestasi dan kolam hujan yang memiliki 4 pilar yang dapat menyemburkan air setinggi 50 cm layaknya hujan.

6. Telaga Remis

Memiliki Air yang jernih dengan riak-riak kecil yang mewarnai sangat enak untuk dipandang. Telaga Remis juga terlihat sangat indah, karena banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang umurnya ratusan tahun. Keindahan alam sekitar itulah yang membuat tempat ini kerap dijadikan objek foto seperti pre-wedding, maupun hanya sekedar menghiasi akun Instagram anak muda jaman now.

Tempat Wisata di Cirebon Telaga Remis
Sumber

Bagi wisatawan yang ingin menikmati malam di sekitar telaga, dengan udara yang terasa sejuk dan segar. Terdapat Talaga Remis Park and Resort sebagai tempat untuk menghabiskan malam. Wisata malam di Cirebon juga menarik kan?

7. Batu Lawang

Batu Lawang ini memiliki ketinggian beragam mulai dari 30 meter sampai lebih dari 100 meter dan lebar kurang lebih 200 meter. Tempat wisata di Cirebon ini cocok untuk anda yang mencintai olah raga panjat tebing.

Tempat Wisata di Cirebon Batu Lawang
Sumber

Tapi jangan khawatir, bagi anda yang hanya ingin menikmati keindahan alamnya. Di area Batu Lawang terdapat tenda-tenda untuk berteduh, dan warung-warung yang menyediakan makanan.

8. Curug Sawer

Curug Sawer masih dilingkupi oleh hutan belantara, sehingga masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Berada di ketinggian 900 – 1300 meter dpl, Curug Sawer terdiri atas 5 curug dengan lokasi yang tidak terlalu jauh antar curugnya.

Curug Sawer menjadi sangat istimewa, karena tempat wisata di Cirebon terbaik ini merupakan tempat bersarang salah satu binatang langka yang dilindungi yaitu Elang Jawa. Selain itu juga terdapat vegetasi Pohon Jamuju yang umumnya tumbuh di ketinggian 1000 meter dpl.

9. Taman Wisata Siwalk

Taman Wisata Siwalk terbagi atas 2 bagian, yaitu Wahana Bermain Waterboom dan Wahana Outbond. Lokasi wisata yang dikelilingi hamparan sawah dan perbukitan, membuat nuansa alami terasa kental dengan udara yang sejuk dan segar.

Tempat Wisata di Cirebon Taman Wisata Siwalk
Sumber

10. Wisata Kura-Kura Belawa

Kura-kura Belawa termasuk jenis kura-kura yang langka, karena itu dibutuhkan perhatian khusus untuk menjaga binatang yang hampir punah ini. Kura-kura yang habitatnya di air tawar pegunungan ini, lebarnya bisa mencapai 1 meter dengan berat hingga 80 kg dan panjang usia sampai dengan 150 tahun.

Tempat Wisata di Cirebon Wisata Kura Kura Belawa
Sumber

Suasana sekeliling yang sejuk dan asri oleh pepohonan membuat nyaman para pengunjung yang ingin menikmati suasana santai, selagi menambah pengetahuan. Karena itulah tempat wisata di Cirebon ini ramai dikunjungi.

11. Setu Patok

Setu dengan latar belakang Gunung Ciremai ini tidak perlu disangsikan lagi keindahannya, apalagi saat matahari mulai terbenam dengan pantulan sinar keenasnnya di atas air danau. Sering membuat wisatawan berlinangan air mata karena keindahannya.

Tempat Wisata di Cirebon Setu Patok
Sumber

Di tempat wisata di Cirebon ini juga terdapat fasilitas seperti camping ground, outbond area, kolam renang dan pondok wisata. Untuk mengisi perutpun juga tidak sulit, karena di pinggir waduk banyak warung –warung kecil yang menjual berbagai macam makanan.

12. Situ Sendong

Di lokasi wisata ini, pengunjung bisa bersantai dengan menikmati keindahan alam sekitar, atau bermain dengan bebek air di atas permukaan air danau yang tenang.

Tempat Wisata di Cirebon Setu Sendong
Sumber

Waduk yang dibangun pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1918 dan mulai difungsikan sebagai irigasi persawahan pada tahun 1921 ini dilingkupi pemandangan yang indah lewat hamparan air yang terbentang luas dengan latar belakang Gunung Ciremai.

13. Situ Cicerem

Salah satu tempat menarik di kaki Gunung Ciremai ini, hanya unik karena warnanya birunya. Situ Cicerem menarik perhatian karena dihuni oleh beragam jenis ikan seperti ikan emas hidup di dalamnya. Lokasinya terkepung oleh pepohonan yang rindang, membuat tempat wisata di Cirebon terbaru ini sangat nyaman untuk bersantai dan berfotoria.

Tempat Wisata di Cirebon Setu Cicerem
Sumber

14. Telaga Nilam

Telaga yang tidak begitu luas tersebut, terletak tidak terlalu jauh dengan telaga remis. Selain karena tingkat kejernihan yang luar biasa, air di telaga ini juga terasa sangat segar. Dengan beberapa gazebo yang ada di pinggiran telaga yang terawat baik, membuat kita semakin betah berlama-lama menikati kesegaran dan kesejukan di tempat wisata Cirebon ini.

Tempat Wisata di Cirebon Telaga Nilam
Sumber

15. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringn banyak dipenuhi Pohon Kayu Putih yang justru sulit dijumpai di tempat lain. Kawasan konservasi hutan yang satu ini terlihat indah karena, deretan pepohonan hijau yang rindang.

Tempat Wisata di Cirebon Wanawisata Ciwaringin
Sumber

Selain itu wanawisata ciwaringin sangat cocok digunakan untuk trekking bagi mereka yang suka berpetualang. Yuk berkunjung ke tempat wisata di Cirebon dan Kuningan.

16. Desa Wisata Cikalahang

Berlokasi di bawah kaki Gunung Ciremai membuat Desa Wisata Cikalahang dilingkupi pemandangan alam yang indah dengan udara yang sejuk di sekelilingnya. Di desa wisata ini banyak warga yang memiliki kolam pemancingan yang diisi dengan berbagai jenis ikan air tawar, seperti Nila, Gurame, dan ikan Mas. Untuk lebih menikmati suasana di sana, terdapat sepeda air yang dapat digunakan untuk berkeliling danau.

Tempat Wisata di Cirebon Desa Wisata Cikahalang
Sumber

17. Banyu Panas Palimanan

Tempat Wisata di Cirebon Banyu Panas Palimanan
Sumber

Lingkungan sekitar yang masih alami dengan dikelilingi pepohonan yang rindang serta udara yang segar membuat tempat wisata di Cirebon dan Kuningan ini nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga. Membuat tempat ini cocok untuk menghilangkan pegal-pegal dan memperbaiki sirkulasi darah, menyembuhkan encok dan rematik, serta mengobati penyakit kulit.

18. Pemandian Cibulan

Pemandian Cibulan memilik 2 buah kolam layaknya pemandian umum biasa. Namun yang membuat tempat wisata di Cirebon ini menarik adalah kolam-kolam di pemandian ini juga dihuni oleh ikan berwarna  hitam keabu-abuan. Ikan yang diberi nama Kancra Bodas atau Ikan Dewa tersebut dipercaya oleh penduduk sekitar memiliki keistimewaan tertentu.

Tempat Wisata di Cirebon Permandian Cibulan
Sumber

Di lokasi yang sama terdapat 7 sumber mata air bernama Tujuh Sumur yang dikeramatkan. Ketujuh mata air tersebut bentuknya berupa kolam-kolam kecil yang memiliki nama sendiri-sendiri.

19. Bukit Gronggong

Bukit yang terletak di jalur utama Cirebon dan Kuningan ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang hits di jaman now. Selain kesejukan udaranya, dari Bukit pengunjung dapat melihat keindahan lampu-lampu dari kota Cirebon.

Tempat Wisata di Cirebon Bukit Gronggong
Sumber

Dapat dibayangkan bagaimana romantisnya ketika langit mulai gelap dan lampu-lampu kota yang mulai menyala ketika memasuki senja. Di sini banyak orang orang menjadikan Bukit Gronggong sebagai destinasi wisata malam di Cirebon.

20. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan menyajikan keindahan matahari terbenam atau sunset khas pantai. Selain itu dipantai ini wisatawan dapat menikmati pemandangan laut dengan latar belakang Gunung Ciremai.

Tempat Wisata di Cirebon Pantai Kejawan
Sumber

Ada mitos yang berkembang dan dipercaya oleh masyarakat setempat maupun masyarakat luar akan khasiat air dari Pantai Kejawanan ini. Konon air dari pantai ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit medis diantaranya, penyakit reumatik, diabetes, asam urat, stroke, radang tenggorokan, batuk dan penyakit kulit.

21. Wisata Kera Plangon

Tingkah lucu kera-kera liar yang menghuni Plangon, serta kesejukan udara dan keindahan alam merupakan daya tarik dari tempat wisata di Cirebon ini. Selain itu di tempat ini terdapat 2 makam yang disakralkan, yaitu makam Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan yang berlokasi di atas bukit.

Tempat Wisata di Cirebon Wisata Kera Plangon
Sumber

Pada setiap tanggal 2 Syawal, tempat wisata Cirebon terbaik ini ramai didatangi para peziarah, jumlahnya bahkan bisa mencapai lebih dari 50.000 orang dalam sehari.

22. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Dibangun pada masa Wali Sanga, tepatnya sekitar tahun 1480 M. Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan objek yang menarik untuk wisata religi sekaligus wisata sejarah. Sunan Kalijaga dibantu seorang arsitek dari Majapahit yang bernama Raden Sepat merupakan arsitek dari Masjid ini, mereka membuat desain arsitektur masjid ini kental dengan nuansa Jawa, seperti bagian atapnya yang berbentuk limas tanpa disertai menara.

Tempat Wisata di Cirebon Masjid Agung
Sumber

Karena usianya sudah mendekati 6 abad, meski bangunan ini tetap dipertahankan dalam bentuk aslinya, namun untuk memperkokoh, terpaksa harus dilakukan upaya konservasi.

23. Masjid Merah Panjunan

Tempat Wisata di Cirebon Masjid Merah Panjunan
Sumber

Merupakan sebuah bangunan yang didirikan pada 1480 oleh Syarif Abdurrahman atau Pangeran Panjunan. Masjid Merah Panjunan yang terbuat dari susunan batu bata merah yang pintu gapuranya memperlihatkan pengaruh Hindu dari jaman Majapahit. Pemerintah Daerah telah memasukkan Masjid ini sebagai sebuah Benda Cagar Budaya.

24. Makam Sunan Gunung Jati

Makam penyebar agama Islam di Pulau Jawa, yaitu Syarif Hidayatullah yang lebih dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati. Merupakan Objek Wisata Ziarah yang tidak pernah sepi di Cirebon.

Tempat Wisata di Cirebon Makam Sunan Gunung Jati
Sumber

Selain ziarah Makam ini menyuguhkan keindahan arsitektur yang merupakan perpaduan antara arsitektur Jawa, Arab dan China.

26. Sentra Batik Trusmi

Disebut kampung batik, karena di tempat wisata di Ciberon yang wajib dikunjungi ini sebanyak lebih dari 3000 orang menggantungkan hidupnya dari membuat dan menjual batik.

Tempat Wisata di Cirebon Batik Trusmi
Sumber

Berkunjung ke tempat oleh-oleh Cirebon ini, selain dapat membeli kain batik khas Cirebon dengan berbagai macam motif dan dengan harga yang lebih murah dibanding di tempat lain, wisatawan juga dapat belajar membatik.

26. Gua Sunyaragi

Dahulu, situs ini digunakan oleh pembesar kerajaan serta para prajurit kraton untuk olah kanuragan serta bertapa. Situs Cagar alam seluas 15 hektar ini adalah taman air yang dibuat dengan komposisi dan konstruksi bangunan yang unik.

Tempat Wisata di Cirebon Gua Sunyaragi
Sumber

Di Gua Sunyaragi juga tedapat mitos, mereka yang datang ke tempat wisata di Cirebon ini akan segera menemukan jodohnya. Jadi buat kalian yang masih Jomblo, ayo cepat-cepat berkunjung ke sana.

27. Curug Putri

Curug yang memiliki nama lain Curug Pelangi ini sangat unik, karena lokasi air terjun yang menghadap ke timur membuat sinar matahari yang menimpah air secara langsung akan dibiaskan sehingga membentuk pelagi di bagian depan air terjun.

Tempat Wisata di Cirebon Curug Putri
Sumber

Wisata air terjun yang sudah dikelola dengan baik ini telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti kamar ganti dan kamar bilas, dan warung-warung yang dapat memanjakan perut wisatawan.

28. Pantai Baro Gebang

Meskipun masih perlu perhatian serius dari pemerintah, pantai ini menurut cerita memiliki kunikan tersendiri. Menurut banyak orang, kontur pantai pantai ini jika dilihat dari ketinggian menyerupai Lafadz Allah.

Tempat Wisata di Cirebon Pantai baro Gebang
Sumber

29. Kampoeng Tjaroeban

Salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Cirebon. Kampoeng Tjaroeban menyediakan berbagai macam jajanan dan oleh-oleh khas Cirebon.

Tempat Wisata di Cirebon Kampoeng Tjaroeban
Sumber

Salah satu yang menjadi favorit adalah Ketan Gurih. Sensasi rasa ketan yang diberi taburan bumbu serungdeng memberikan cita rasa tersendiri saat mencicipinya.

30. Nasi Jamblang Ibu Nur

Tempat Wisata di Cirebon - Nasi Jamblang
Sumber

Nasi Putih yang dibungkus dengan Daun Jati, memberikan aroma yang khas saat mencicipinya. Selain nasinya yang unik, nasi jamblang juga menyediakan berbagai macam lauk pauk, seperti sotong (cumi hitam), paruh goreng, ikan asin, prekedel, sambal, dll.

31. Wisata Kuliner Empal Gentong

Tempat Wisata di Cirebon - Empat Gentong
Sumber

Empal Gentong ini adalah sebuah soto gule khas Cirebon. Cara pengolahan Empal Gentong ini sangat original karena dimasak dalam sebuah gentong besar yang terbuat dari tanah liat dan apinya dari kayu bakar.

Yuk di-Share :
  • 21
  • 4
  •  
  • 1
  •  
  •  
    26
    Shares
  •  
    26
    Shares
  • 21
  • 4
  •  
  • 1
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars 5.00 (2 votes)
Loading...

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *