Home / Tempat Wisata / 10 Tempat Wisata Di Jakarta Warisan Ahok

10 Tempat Wisata Di Jakarta Warisan Ahok

Tempat Wisata Di Jakarta Warisan Ahok
10 Tempat Wisata Di Jakarta Warisan Ahok
Rate me? =)

Dari seorang wakil gubernur, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok maju menggantikan Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2014 silam. Hasil kerjanya yang terbukti nyata telah memberikan dampak positif pada kemajuan Ibukota dari banyak aspek, salah satunya adalah bidang pariwisata. Inilah 10 tempat wisata di Jakarta hasil konstribusi Ahok yang diwariskan kepada seluruh warga DKI Jakarta.

  1. Wisata Balai Kota
Tempat Wisata Di Jakarta - Wisata Balai Kota
Wisata Balai Kota, warga dapat merasakan langsung suasana kantornya Gubernur DKI Jakarta – kompas.com

Bangunan administratif utama Jakarta, tempat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja termasuk Ahok dibuka menjadi destinasi wisata umum. Peresmian wisata balai kota dilakukan pada 12 September 2015 silam. Kini, masyarakat dapat merasakan suasana Balai Kota dan memperoleh langsung informasi yang berhubungan dengan sejarah Jakarta. Tak sebatas itu, Balai Kota juga menjadi tempat wisata dan nongkrong anak muda sehingga mereka bisa menghabiskan waktunya untuk kegiatan positif. Penasaran? Kamu bisa langsung rekreasi di Balai Kota ini yang beralamat di Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9, Jakarta Pusat.

  1. Waduk Pluit
Tempat Wisata Di Jakarta - Waduk Pluit Dulu
Waduk Pluit dahulu – kompasiana.com

Dulu, di sisi barat Waduk Pluit, semak-semak belukar tumbuh dengan liar. Kawasannya dijadikan parkir liar oleh alat-alat berat, truk, serta mobil tua. Air waduknya pun tak nampak karena ditutupi enceng gondok serta gundukan sampah. Ketika hujan lebat, waduk pluit kerap dilanda banjir.

Tempat Wisata Di Jakarta - Waduk Pluit Sekarang
Taman Waduk Pluit sekarang yang menjadi tempat wisata di Jakarta yang populer – kompas.com

Ketika Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur dan Ahok sebagai wakilnya, Waduk Pluit dibersihkan secara besar-besaran. Rumah-rumah liar digusur, sampah dibersihkan, serta tak lagi dijadikan parkir liar. Kini, sisi barat Waduk Pluit telah menjelma menjadi tempat rekreasi yang rindang sekaligus bersantai ria. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti bersepeda di taman ini, yang berlokasi di Jl. Pluit Timur Raya No. 12, Jakarta Utara.

  1. RTH / RPTRA Kalijodo
Tempat Wisata Di Jakarta - Kalijodo Dulu
Kalijodo dulu, kawasan prostitusi yang dipandang negatif – tribunnews.com

Siapa yang tidak mengenal Kalijodo? Kawasan yang dulunya merupakan tempat prostitusi, telah disulap oleh Ahok menjadi Rumah Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Kini, Kalijodo menjadi taman rekreasi terbuka sekaligus tempat wisata di Jakarta dan nongkrong anak-anak hingga orang dewasa. Beralamat di Jl. Pangeran Tubagus Angke No. 19, Jakarta Barat, RPTRA Kalijodo nampak lebih berwarna, luas, nyaman, dan dipenuhi mainan.

Tempat Wisata Di Jakarta - Kalijodo Sekarang
Kalijodo sekarang, dinamakan RTH / RPTRA Kalijodo yang kini sering dikunjungi masyarakat dan wisatawan – kompas.com

Tembok besar yang membatasi RPTRA dengan RTH (Ruang Terbuka Hijau) tak dibiarkan polos begitu saja. Kamu bisa berfoto atau selfie ria karena tembok itu dipenuhi dengan murai foto abstrak. Terdapat pula lapangan berkonsep 3D, asyik untuk bermain skateboard dan sepeda BMX. Bagi yang lapar, dapat mengisi perut dengan aneka wisata kuliner binaan UKM Kalijodo. Taman seluas 10.000 meter persegi ini dibuka 24 jam, lho. Kecuali RPTRA, yang hanya dibuka mulai pukul 08.00-22.00 WIB.

  1. Wisata Keliling Jakarta Gratis
Tempat Wisata Di Jakarta - Bus Tingkat Gratis
Bisa jalan-jalan keliling Ibukota dengan bus tingkat keren, gratis! – tribunnews.com

Sekarang, warga Jakarta bisa jalan-jalan keliling Ibukota Jakarta dengan bus wisata, gratis! Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan booking jika ingin melakukan wisata keliling Jakarta bersama rombongan. Ide ini sudah dilaksanakan sejak Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur dengan meluncurkan 4 bus rute Balai Kota – Bundaran HI. Semenjak Ahok menggantikan posisinya, armada bus dan rute wisata langsung ditambah sampai ke Kota Tua dan Bundaran Senayan. Bus wisata ini merupakan bus tingkat 2 dengan fasilitas AC serta wi-fi gratis. Pintu masuk bus pun dibuat ramah difabel dengan tempat duduk yang sangat nyaman. Mau naik bus wisata keliling Jakarta ini? Kamu bisa naik dari halte Balai Kota, Masjid Istiqlal, depan Museum Gajah, atau halte-halte dengan palang city tour bus.

  1. Wisata Malam Monas
Tempat Wisata Di Jakarta - Wisata Malam Monas'
Wisatawan dan warga Jakarta dapat berwisata di Monas pada malam hari – mediaindonesia.com

Terobosan tempat wisata di Jakarta dari Ahok lainnya adalah wisata malam di Monas. Wisata malam monas diresmikan pada awal bulan April 2016 silam. Hal ini adalah inisiatif Ahok, agar wisatawan dapat menikmati landmark Indonesia ini lebih lama. Tak hanya siang hari, kini wisatawan dapat menikmati suasana baru dari puncak Monas yang menyuguhkan gemerlap lampu Ibukota Jakarta pada malam hari. Dengan mata telanjang, tampak aneka gedung pencakar langit hingga mall dan sejumlah rumah ibadah di Jakarta. Bangunan yang paling jelas adalah Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan Stasiun Gambir yang berada persis di bawah. Untuk menikmati indahnya pemandangan Jakarta pada malam hari, kamu bisa langsung ke Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

  1. Sungai Ciliwung
Tempat Wisata Di Jakarta - Sungai Ciliwung Dulu
Sungai Ciliwung dulu yang menjadi pemukiman kumuh – properti.net

Dulu, Sungai Ciliwung yang berlokasi di Jl. Inspeksi Saluran Tarum Barat No. 58, Jakarta Timur ini disegani banyak masyarakat karena kawasannya yang kumuh, sampah bertebaran, penuh lumpur, dan banyak rumah liar yang dibangun di sekitar bantarannya. Kini, kondisinya sudah jauh lebih baik berkat normalisasi sungai gagasan Ahok.

Tempat Wisata Di Jakarta - Sungai Ciliwung Sekarang
Sungai Ciliwung saat ini, semakin berpotensi menjadi tempat wisata di Jakarta – brilio.net

Rumah-rumah liar di Sungai CIliwung yang dulu ditinggali oleh warga Kampung Pulo, digusur Ahok dengan sangat berani. Sebagai gantinya, warga yang digusur kini mendapatkan tempat tinggal lebih layak di rumah susun Jatinegara Barat. Berkat normalisasi tersebut, keindahan Sungai Ciliwung dapat dinikmati oleh masyarakat. Bahkan, kamu bisa menyusuri Sungai Ciliwung menggunakan perahu, lho.

  1. Pasar Tanah Abang
Tempat Wisata Di Jakarta - Pasar Tanah Abang
Pasar Tanah Abang, kini menjadi lebih aman dan nyaman untuk berbelanja murah – grosir-agen.blogspot.com

Beralamat di Jl. Kh. Mas Mansyur, Jakarta Pusat, kawasan ini dikenal sebagai surga belanjanya orang-orang menegah ke bawah. Dulunya nampak kumuh, berantakan, dan banyak preman sehingga warga segan untuk berbelanja di Pasar Tanah Abang. Setelah Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, penampilan Pasar Tanah Abang dipercantik serta menjadi pusat perbelanjaan yang lebih layak. Suasananya tak lagi pengap karena difasilitasi AC dan tidak ada lagi sampah yang berserakan. Warga dapat berbelanja dengan nyaman dan aman karena sudah tidak ada lagi preman maupun pencopet berkeliaran di Pasar Tanah Abang.

  1. Banjir Kanal Timur
Tempat Wisata Di Jakarta - Banjir Kanal Timur Dulu
BKT dulu yang kumuh dan banyak sampah berserakan – artofcamera.blogspot.com

Dahulu, Banjir Kanal Timut (BKT) dikerumuni sampah berserakan, air menghitam, serta bau menyengat. Sekarang, BKT telah mengalami banyak perubahan dan dijadikan sebagai tempat wisata di Jakarta bagi masyarakat. Lingkungannya jauh lebih bersih, udaranya sejuk, warga juga dapat melakukan olahraga seperti berlari dan bersepeda. Bagi kamu yang memiliki peliharaan seperti anjing, juga bisa membawanya berjalan-jalan di sepanjang kawasan BKT.

Tempat Wisata Di Jakarta - Banjir Kanal Timur Sekarang
BKT saat ini, menjadi tempat wisata di Jakarta yang indah dan bersih – tempo.co

Bangku-bangku kecil disediakan untuk berteduh serta area bermain anak-anak. Kalau kamu ke BKT pada hari Minggu pagi, suasananya terasa lebih menyenangkan karena banyak pedagang yang berjualan di sana. Mulai dari snack, makanan berat, hingga pakaian. Bahkan, food truck pun tak jarang berjualan di area BKT. Mau rekreasi ke Banjir Kanal Timur? Langsung saja ke Jl. Duren Sawit, Jakarta Timur, ya.

  1. Makam Mbah Priok
Tempat Wisata Di Jakarta - Makam Mbah Priok
Peresmian Makam Mbah Priok sebagai cagar budaya oleh Ahok – poskotanews.com

 Pada 4 Maret 2017 lalu, Ahok menetapkan Makam Mbah Priok sebagai cagar budaya yang beralamat di Jl. Pasar Koja RW 01, Jakarta Utara. Kawasan ini kini semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat untuk melakukan wisata religi. Tak hanya masyarakat lokal, peziarah yang berkunjung juga berasal dari Jepang, Rusia, Perancis, Jerman, Belanda, Malaysia, dan Dubai. Pada penetapan itu, Ahok pun mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membantu menyusun desain kawasan Makam Mbah Priok sesuai dengan permintaan Ahli Waris Mbah Priok, Habib Sting Alaydrus. Termasuk tempat santri, dapur, tempat kendang hewan, toilet, pemakaman, tempat berjualan kuliner, dan taman bermain. Semoga segera terwujud dan bisa menjadi tempat wisata di Jakarta andalan, ya!

  1. Taman Jagakarsa
Tempat Wisata Di Jakarta - Taman Jagakarsa
Taman Jagakarsa yang asri dan hijau – wartakota.tribunnews.com

Tempat wisata di Jakarta warisan Ahok semasa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta lainnya adalah Taman Jagakarsa. Lokasinya terletak di Jl. H. Mahjur Gang 100, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Tak jauh dari pemukiman warga, taman kota ini berada dekat dengan Sungai Ciliwung. Berluaskan 5.981 meter persegi, Ahok membuka langsung Taman Jagakarsa pada 9 Februari 2016 lalu. Taman kota ini tampak begitu keren dengan segala fasilitas yang bisa digunakan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Ada fasilitas olahraga, taman bermain anak, jalur refleksi kaki, lapangan basket, toilet, dan tempat sampah. Dikelilingi pepohonan rindang, Taman Jagakarsa pun terasa lebih sejuk dan teduh. Selain Taman Jagakarsa, pada 9 Februari 2016 itu juga Ahok meresmikan 9 taman kota lainnya yakni Taman Kelapa, Taman Zodia, Taman Kalibiru Timur, Taman PPA, Taman Maja, Taman Tanjung 2, Taman Lebak Bulus 3, dan Taman Sunter.

Nah dari 10 warisan tempat wisata di Jakarta di atas, mana saja sih yang sudah pernah kamu kunjungi? Semoga pariwisata di Jakarta bisa semakin maju ke depannya, ya.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One thought on “10 Tempat Wisata Di Jakarta Warisan Ahok

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *