Home / Tempat Wisata / 10 Tempat Wisata Di Jambi Yang Bikin Terpikat

10 Tempat Wisata Di Jambi Yang Bikin Terpikat

10 Tempat Wisata Di Jambi Yang Bikin Terpikat

Tempat Wisata di Jambi – Selain Bengkulu dan Gorontalo, Provinsi Jambi juga memiliki nama Ibu Kota yang sama dengan nama provinsinya. Berasal dari Pulau Sumatera, Provinsi Jambi menghadirkan berjuta destinasi wisata mulai dari yang terkenal sampai destinasi yang belum tersentuh sama sekali. Seperti apa kekayaan provinsi asal Sumatera ini hingga ia dapat memikat hati mu ? Selengkapnya, mari simak ulasan daftar termpat wisata di Jambi berikut.

Di Provinsi Jambi, banyak tempat wisata alam maupun buatan yang dapat dikunjungi. Menariknya, disini juga terdapat berbagai destinasi wisata yang menjadi salah satu Situs Warisan Dunia yang ditetapkan UNESCO serta memiliki salah satu wisata terluas di Indonesia. Destinasi wisata Jambi apa sajakah yang akan memikat hati kamu ? Berikut beberapa diantaranya.

Daftar Tempat Wisata di Jambi Yang Wajib Anda Kunjungi

  1. Taman Nasional Kerinci Seblat
Tempat Wisata Di Jambi Taman Nasional Kerinci Seblat
Sumber: foresteract.com

Fakta yang paling menarik dari Taman Nasional Kerinci Seblat adalah kawasan wisata Jambi ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Disini wisatawan dapat menyaksikan kumpulan flora dan fauna yang hidup bebas.

  1. Gunung Kerinci
Tempat Wisata Di Jambi Gunung Kerinci
Sumber: beritaplatmerah.com

Merupakan salah satu gunung api tertinggi di Indonesia yang masih aktif. Yang menarik dari Gunung Kerinci adalah terletak di tengah-tengah kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan bagian dari pasukan Pegunungan Bukit Barisan di Kerinci, Jambi. Keindahan Alam Gunung Kerinci telah diketahui masyarakat luas. Seringkali keindahan alam gunung ini disebut dengan Sekepal Tanah Surga yang Tercampakkan ke Bumi. Bagi wisatawan yang hobi dengan wisata alam, Kawasan Gunung Kerinci menjadi salah satu tempat wisata di Jambi alami yang wajib dikunjungi.

  1. Danau Kaco
Tempat Wisata Di Jambi Danau Kaco
Sumber: rayapos.com

Danu Kaco dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Danau Kaco. Keunikan danau ini terdapat pada kejernihan airnya. Bahkan kita bisa melihat secara jelas sampai ke dasar danau sekalipun. Danau ini terletak di ketinggian 1.289 mdpl di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Mutiara tersembunyi provinsi jambi ini tampil beda dibandingkan dengan danau lain pada umumnya. Ukuran danau ini hanya sekitar 30 x 30 meter. Meskipun demikian, kejernihan air Danau Kaco menjadi salah satu alasan selalu dikunjungi wisatawan.

  1. Danau Gunung Tujuh
Tempat Wisata Di Jambi Danau Gunung Tujuh
Sumber: id.wikipedia.org

Keunikan Danau Gunung Tujuh adalah danau ini merupakan danau tertinggi dikawasan Aisa Tenggara. Pasalnya, Danau Gunung Tujuh terletak di Puncak Gunung Tujuh dengan luas mencapai 960 hektar. Lokasinya tak jauh dari Kab. Kerinci yaitu terletak di Desa Pelompek Kecamatan Kayu Aro, Sungai Penuh. Dari Pusat Kota Sungai Penuh, kamu hanya memerlukan perjalanan sekitar 56 km untuk menuju lokasi Danau Gunung Tujuh.

  1. Air Terjun Sigerincing
Tempat Wisata Di Jambi Air Terjun Sigerincing
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Berlokasi di Kecamatan Lembah Mesurai, Merangin, Jambi, Air Terjun Sigerincing tak kalah menarik untuk dikunjungi. Dengan ketinggian mencapai 62 meter, Air Terjun Sigerincing memberikan sensasi yang berbeda bagi pengunjungnya. Destinasi wisata Jambi satu ini masih sangat jarang diketahui orang banyak sehingga kawasan Air Terjung Sigerincing masih sangat alami. Untuk mencapai tempat wisata di Jambi ini diperlukan perjalanan darat yang cukup jauh, yaitu mencapai 300 km dari pusat Kota Jambi.

  1. Taman Rimbo Zoo
Tempat Wisata Di Jambi Taman Rimbo Zoo
Sumber: dananwahyu.com

Kebun Binatang Taman Rimba terletak di pusat Kota Jambi. Di sini wisatawan dapat melihat-lihat miniatur budaya yang ada di Provinsi Jambi, taman rekreasi, sarana olah raga, serta berbagai jenis hewan.

  1. Candi Muaro Jambi
Tempat Wisata Di Jambi Candi Muaro Jambi
Sumber: explorejambi.com

Kawasan Candi Muaro Jambi tak luput dari daftar destinasi wisata Provinsi Jambi. Komplek Percandian Muaro Jambi merupakan peninggalan sejaran Kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Menariknya, Komplek Percandian Muaro Jambi menjadi komplek percandian terluas di Indonesia serta menjadi situs warisan dunia yang ditetapkan UNESCO. Di tempat wisata di Jambi yang satu ini wisatawan dapat menemui sekitar 61 bahkan sampai 100 lebih karena masih banyak Candi yang tertimbun tanah.

  1. Monas Jambi
Tempat Wisata Di Jambi Monas Jambi
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Nah ini dia yang menjadi ikon lama Kota Jambi, yaitu Monas (Monumen Nasional) Jambi. Mungkin secara umum kita mengetahui kalau monas itu terletak di Jakarta. Tetapi Jambi kembali memancarkan pesonanya. Berlokasi di kompleks pemerintah kota, Monas Jambi hadir dengan tampilan yang hampir menyerupai Monas Jakarta. Bedanya, ukuran Monas di Jambi lebih kecil daripada Monas di Jakarta. Selain itu, Monas Jambi dihiasi dengan 4 buah jam dinding di setiap sisi Monas yang kemudian masing-masing dihiasi dengan ukiran-ukiran unik.

  1. Pedestrian Gentala Arasy
Tempat Wisata Di Jambi Pedestrian Gentala Arasy
Sumber: brobali.com

Saat ini Gentala Arasy menjadi ikon terbaru Kota Jambi. Destinasi Wisata Jambi ini merupakan sebuah menara yang memiliki jembatan penghubung antara Kota Jambi dengan Kelurahan Arab Melayu, Kec. Pelayangan. Menara Gentala Arasy memiliki ketinggian mencapai 85 meter yang mana di puncak menara terdapat Jam berukuran besar dengan diameter mencapai 3,5 meter. Sementara itu, pada dasar bangunan terdapat museum yang berisikan benda-benda sejarah masuknya Islam ke Provinsi Jambi.

  1. Jambi Paradise
Tempat Wisata Di Jambi - Jambi Paradise
Sumber: wisatalengkap.com

Jambi Paradise merupakan taman baru yang menjadi pusat perhatian warga lokal maupun wisatawan. Di tempat wisata di Jambi ini wisatawan dapat menikmati food court, pergola, area bermain, kolam ikan, dan berbagai jenis tanaman berwarna-warni. Jambi Paradise sendiri lebih dikhususkan pada wisata taman kota yang menyediakan banyak sekali kolam ikan serta tanaman yang indah.

Tak hanya itu saja, masih banyak sekali destinasi wisata Jambi yang dapat kamu kunjungi di provinsi ini baik yang ada di pusat kota maupun yang ada di kabupaten. Misalnya saja seperti Kolam Renang Tepian Rajo, Taman Remaja Jambi, Sanggar Batik Jambi, Dekranasda Jambi, Istana Sultan Thaha Saifuddin, Kebun Teh Kayu Aro, Pasar Keramik Sitimang, Danau Belibis, Taman Aci, Museum Negeri Jambi, Taman Tanggo Rajo, Mesjid Seribu Tiang, Balai Taman Nasional Berbak, Kampoeng Raja, Taman Anggrek Sri Soedewi, dan masih banyak lagi yang lainnya yang masih belum ter-explore dengan sempurna yang dapat memikat hati kamu. Jadi jangan ragu untuk liburan mengunjungi tempat wisata di Jambi ya.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

2 thoughts on “10 Tempat Wisata Di Jambi Yang Bikin Terpikat

  1. wah mantap banget min, setelah baca arrtikel ini jadi pengen berkunjung ke jambi nih, tempat-tempat disana benar-benar bikin wisatawan jadi greget
    thanks ya min buat infnya

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *