Home / Tempat Wisata / 11 Tempat Wisata Di Semarang Anti Mainstream

11 Tempat Wisata Di Semarang Anti Mainstream

Tempat Wisata Di Semarang Anti Mainstream

Bosan berlibur ke Kota Yogyakarta atau Kota Solo? Saatnya bergeser sejenak ke provinsi tetangga kedua kota tersebut yakni Kota Semarang. Di kota ini, terdapat berbagai macam tempat wisata yang tentunya tidak kalah seru dengan beberapa kota lainnya. Terbagi menjadi dua bagian yang diberi istilah Semarang ‘Kota Bawah’ di mana pemerintahan, perekonomian dan pusat kota berada di wilayah ini. Anda juga dapat melihat berbagai rancangan arsitektur di Kota Tua yang menyimpang banyak sejarah kolonial. Sedangkan untuk Semarang ‘Kota Atas’ diperuntukkan bagi Anda pecinta udara sejuk dan pemandangan indah! Karena di bagian selatan Kota Semarang inilah Anda akan disuguhi wisata alam. Nah, ingin berlibur ke Semarang? Catat tempat wisata di Semarang anti mainstream dari kami!

Daftar Tempat Wisata Di Semarang Yang Unik

1. Desa Wisata Lembah Kalipancur

Jika mampir ke tempat wisata Semarang ini, Anda akan terheran-heran bagaimana sebuah pesawat dapat bertengger di wilayah yang bertebing nan hijau padahal itu bukanlah bandara. Ya, ternyata itu merupakan badan pesawat asli yang sengaja didatangkan pada tahun 2015 menggunakan container menuju Desa Wisata Lembah Kalipancur. Rencananya, kehadiran bangkai pesawat ini akan dijadikan sebuah kafe bernama Aeroplane Cafe. Maka dari itu bagian dalamnya sudah dikosongkan dan dapat diisi nantinya. Namun sampai saat ini, bangkai pesawat masih dijadikan spot foto favorit pengunjung.

Tempat Wisata Di Semarang Desa Wisata Lembah Kalipancur
Tempat Wisata Di Semarang Desa Wisata Lembah Kalipancur – krjogja.com

Selain bangkai pesawat, terdapat wahana menarik lainnya yang dapat Anda jumpai di Desa Wisaya Lembah Kalipancur. Mulai dari pemancingan, hutan jati, kolam renang, perternakan, Japanese & Western Villages dan kuliner. Tempat wisata di Semarang yang berlokasi di di Jalan Candi Penataran Raya, Manyaran, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah ini bisa Anda singgahi pada pukul 09.00-20.00 WIB dengan tarif masuk Rp 3.000,-

2. Gardu Pandang Lereng Kelir

Berlibur ke kawasan gardu pandang kini menjadi daya tarik tersendiri, seperti Anda yang pernah mengunjungi kawasan Dlingo Bantul, maka tak jauh beda dengan Gardu Pandang di Lereng Kelir Semarang. Lokasinya yang berada di Dusun Gertas, Brongkol Jambu, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah ini memiliki ketinggian 715 di atas permukaan laut. Dari tempat wisata Semarang anti mainstream ini, Anda dapat melihat pemandangan alam tanpa batas, hamparan hutan hijau, lembah, pegunungan hingga danau Rawa Pening dan Puncak Ungaran.

Tempat Wisata Di Semarang Gardu Pandang Lereng Kelir
Tempat Wisata Di Semarang Gardu Pandang Lereng Kelir – ngetripyuk

Saran kami, jika ingin mengunjungi Gardu Pandang Lereng Kelir, datanglah saat dini hari untuk mendapatkan pemandangan sunrise. Jika ingin lebih ekstrim, Anda juga bisa menyewa tenda di area camping ground yang sudah disediakan, lalu marilah bermalam di tempat wisata di Semarang ini sembari menunggu pagi. Lokasi ini merupakan destinasi yang cukup baru, maka dari itu belum banyak traveler yang berkunjung di lokasi ini. Jadi jika Anda ingin mencari tempat yang sejuk dan Instagram-able, berkunjunglah ke tempat ini, ya!

3. Lereng Gunung Ungaran: Bantir Hills

Banyak wisatawan yang berburu spot foto di lokasi yang memiliki ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut ini. Selain tempatnya yang indah, Anda juga bisa merasakan udara yang sejuk di tempat wisata di Semarang yang satu ini! Bantir Hills memiliki pemandangan yang cukup indah yakni Gunung Sumbing dan Sindoro, serta sejuknya hembusan angin dari hutan pinus.

Tempat Wisata Di Semarang Bantir Hills Ungaran
Tempat Wisata Bantir Hills Ungaran – eksapedia.com

Karena tempat wisata Semarang ini tergolong baru, untuk menuju kesana jalanan masih terjal dan anda harus berjalan kaki menanjak. Tapi penanjakan itu akan terbayar dengan pemandangan yang indah! Setibanya di lokasi, Anda bisa beristirahat di gazebo dan segera mengabadikan beberapa spot spektakuler melalui kamera Anda. Tempat wisaya yang berlokasi di Jalan Bantir, Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Semarang, Jawa Tengah ini tidak menyediakan wisata kuliner setempat, maka jangan lupa membawa bekal, ya!

4. Taman Nasional Karimunjawa, Jepara

Berlibur ke Semarang namun ingin merasakan pulau tropis? Mampir saja ke Jepara tepatnya di Taman Nasional Karimujawa. Lokasinya terletak 90 kilometer ke arah utara Semarang. Di sini, Anda akan menemukan 27 gugusan pulau cantik yang siap untuk dieskplor! Jika Anda ingin melepaskan penat, tempat wisata di Semarang ini adalah tempat yang cocok karena suasananya yang amat santai. Anda bisa menginap di homestay yang banyak tersedia di pulau utama dan menyantap aneka sajian laut segar.

Tempat Wisata Di Semarang Pulau Karimunjawa
Tempat Wisata Taman Nasional Pulau Karimunjawa – hipwee.com

Selain itu, Anda juga bisa berenang menyelami birunya laut dan melihat gerombolan ikan berwarna-warni. Ingin yang lebih menantang? Coba saja berenang bersama gerombolan ikan hiu di Pulau Menjangan Besar. Tak perlu khawatir tergigit karena hiu di sini bukan tipe penyerang. Selain pantai yang indah, Karimunjawa juga memiliki Bukit Joko Tuwo, yakni puncak tertinggi di pulau utama. Dari sini, Anda bisa melihat panorama Karimunjawa tanpa terhalang apapun.

5. Brown Canyon

Siapa sangka, Brown Canyon merupakan ex dari lahan proyek galian pasir, tanah urug dan batu padas yang sudah berumur 10 tahun lebih. Karena proses penggalian itu tadi, maka terciptalah tampilan berupa patahan-patahan yang tampak alami serta pilar tebing yang unik. Jika dilihat, sekilas Anda akan ingat dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Tempat Wisata Di Semarang Brown Canyon
Tempat Wisata Di Semarang Brown Canyon – reresepan.com

Bekas dari penggalian itu juga membentuk jalur di sekitar lokasi yang ideal untuk trek bersepeda dan pecinta aktivitas menantang lainnya. Namun, Anda harus tetap waspada karena masih banyak truck yang berlalu lalang. Jika Anda tertarik untuk menuju lokasi tempat wisata di Semarang tersebut, Anda harus berhati-hati karena tempat ini tidak memiliki petunjuk jalan menginta Brown Canyon bukan objek wisata yang dikelola secara resmi. Namun, wisata Semarang yang berlokasi di Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah ini patut untuk Anda eksplor karena tergolong masih baru.

6. Umbul Sidomukti

Berlokasi di Kaki Gunung Ungaran, kompleks Umbul Sidomukti sengaja didirikan agar pengunjung dapat menikmati keindangan panorama bentang alam di kawasan Semarang bagian Kota Atas. Aktivitas seru yang dapat Anda lakukan di tempat wisata di Semarang ini yakni wahana outbound yang cukup ekstrim! Jika ingin lebih santai, Anda bisa mencoba berenang sembari melihat tebing hijau nan luas. Setelah itu, Anda bisa mengisi perut yang lapar di kafetaria. Yang membuat seru adalah, lokasi ini sengaja dibuat menyerupai sengkedan di lereng bukit sehingga Anda tetap bisa menyaksikan keindahan alam dari berbagai sudut.

Tempat Wisata Di Semarang Umbul Sidomukti
Tempat Wisata Semarang Umbul Sidomukti – sewamobil.info

Jika ingin berkunjung ke wisata Semarang yang berlokasi di Desa Sidomukti Jimbaran, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah harap lakukan reservasi yakni di (0298) 713 7009 / 0828 9203 1261 untuk paket menginap di Umbul Sidomukti.

7. River Tubing di Genting, Kendal

Kegiatan yang satu ini tak cocok untuk Anda yang penakut. Pasalnya, medan yang dilalui saat river tubing di Genting Kendal terbilang berbahaya, yaitu jeram yang diapit bebatuan besar.

Setelah melengkapi diri dengan berbagai perangkat keselamatan di pos, Anda harus berjalan menanjak terlebih dahulu selama 15 menit melewati hutan untuk menuju titik awal river tubing. Jeram menantang sebanyak 13 buah telah menanti, sekaligus untuk menguji ketangguhan Anda dan kemampuan untuk tetap fokus selama 2 jam penuh!

Tempat Wisata Di Semarang River Tubing Genting di Kendal
Tempat Wisata River Tubing Genting di Kendal – tribunnews

Di antara tiap jeram terdapat aliran air yang cukup tenang dengan formasi bebatuan yang unik di kanan-kiri sungai. Batu-batu tersebut terlihat seperti sengaja disusun dengan rapi oleh tangan-tangan manusia. Setelah berjuang menaklukkan arus dan jeram, Anda dapat beristirahat di warung sambil menikmati teh hangat ataupun mie instan. Jika ingin mencobanya, lebih enak jika Anda mengajak kawan-kawan atau saudara ramai-ramia ke tempat wisata di Semarang yang berlokasi di Jalan Genting Baru No. 94, Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

8. Masjid Agung Jawa Tengah

Setelah berlibur ke alam, tidak ada salahnya jika mampir ke wisata religi Semarang. Mampirlah ke Masjid Agung Jawa Tengah yang berdiri megah di Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Sambirejo, Kota Semarang, Jawa Tengah ini. Masjid Agung Jawa Tengaj ini memiliki 25 buah pilar pada bagian depannya dengan desain Italian Renaissance yang dihiasi kaligrafi Arab. Pengaruh Arab juga terlihat pada bagian alun-alun, di mana terdapat enam buah payung raksasa yang bentuknya amat mirip dengan yang ada di Masjid Nabawi, Madinah.

Tempat Wisata Di Semarang Masjid Agung
Wisata Religi Semarang Masjid Agung – arwini.com

Bangunan utama masjid ini sendiri merupakan perpaduan unsur arsitektur Jawa dan Arab. Pada bagian dalam masjid pengaruh masjid bergaya Jawa terasa begitu kuat, khususnya pada furnitur serta material yang digunakan. Tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, kompleks Masjid Agung Jawa Tengah juga menjadi ‘rumah’ bagi Menara Asma al-Husna. Di dua lantai pertama Menara ini, Anda akan menemukan museum yang menyimpan sejarah tentang penyebaran agama Islam di Jawa. Jika naik lift hingga ke puncak Menara, maka Anda dapat menyaksikan panorama Kota Semarang secara 360 derajat, mulai dari pesisir Laut Jawa hingga ke kawasan pegunungan di Semarang Atas.

9. Lawang Sewu

Reputasi Lawang Sewu di wisatawan memang terkenal angker, namun tempat wisata di Semarang ini tidak seseram yang seperti Anda bayangkan. Gedung yang memiliki 1.000 pintu ini adalah ikon kota Semarang dan wajib Anda kunjungi saat liburan di Semarang. Seluruh sudut di Lawang Sewu ini sungguh Instagenic, maka cocoklah bagi Anda yang ingin mengabadikan moment di lokasi ini.

Tempat Wisata Di Semarang Lawang Sewu
Tempat Wisata Di Semarang Lawang Sewu – ikurniawan.com

Gedung tempat wisata Semarang ini didirikan sebagai kantor perusahaan kereta api Hindia Belanda (Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij/NIS), Lawang Sewu secara harfiah bermakna ‘seribu pintu’. Dinamakan demikian karena bangunan ini memiliki desain dengan banyak sekali pintu dan jendela. Pada masa pendudukan Jepang, Lawang sewu dialihfungsikan sebagai markas tentara Jepang dan ruang bawah tanahnya diubah menjadi penjara.

Kini Lawang Sewu adalah sebuah museum yang dikelola oleh PT Kereta Api, dan menyimpan banyak peninggalan tentang sejarah perkeretaapian di Indonesia. Nah, jika ingin berkunjung ke tempat wisata di Semarang unik ini, pastikan datang pada pukul 06.00-18.00 WIB ya di alamat Kompleks Tugu Muda, Jalan Pemuda, Jawa Tengah. Cukup membayar tiket masuk Rp 10.000,- dan untuk tur ruang bawah tanah sebesar Rp 20.000,-

10. Lunpia Semarang

Sekarang mari kita bersiwata kuliner! Jika berkunjung ke Semarang, jangan lupa mampir untuk membeli Lunpia Semarang. Lunpia sebenarnya adalah jajanan yang dikenalkan oleh pedagang Tionghoa sejak puluhan tahun silam yang mendapat pengaruh warga lokal Semarang. Sehingga, makanan ini memiliki cita rasa khas yang benar-benar berbeda dari lunpia Tiongkok. Yang paling terkenal adalah Lunpia Semarang Gang Lombok di kawasan Pecinan yang berlokasi di Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Kauman, Kota Semarang, Jawa Tengah. Di sini, isian lunpia terdiri dari irisan rebung, telur, daging ayam atau udang yang digulung dan dibungkus oleh kulit lumpia, lalu bisa disantap langsung atau digoreng terlebih dahulu (kalau Anda suka yang renyah). Sebagaimana camilan khas Indonesia lainnya, tentu saja tak boleh kelewatan cocolan saus yang manis dan meleleh di mulut.

Tempat Wisata Di Semarang Lunpia Semarang
Wisata Kuliner Semarang Lunpia Semarang – poskotanews.com

Anda dapat menemukan jajanan ini di berbagai restoran di Semarang, masing-masing dengan variasi yang berbeda. Ada pula yang menyajikannya seperti Lumpia Basah ala Vietnam. Harga untuk seporsi lunpia di sini adalah Rp 15.000,-

11. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong dibangun untuk mengenang singgahnya Laksamana Cheng Ho asal Tiongkok ketika ia mendarat di Semarang pada abad ke-15 masehi. Sebagai pelaut Tionghoa beragama Islam, Laksamana Cheng Ho dikirim ke beberapa negara di Asia, termasuk Asia Tenggara untuk menjalankan misi dagang dan diplomatik. Kedatangannya disambut dengan sukacita oleh warga setempat, karena dalam ekspedisi tersebut ia membawa banyak barang-barang dan budaya yang dianggap unik. Tempat ini tadinya merupakan gua tempat Cheng Ho dan anak buahnya berlindung. Setelah Cheng Ho meninggalkan tempat itu untuk melanjutkan pelayaran, beberapa awak kapalnya memilih untuk menetap dan kawin dengan penduduk lokal. Di kompleks kelenteng tempat wisata di Semarang Sam Poo Kong juga terdapat makam mereka, serta relief yang menggambarkan sejarah kunjungan mereka ke Indonesia.

Tempat Wisata Di Semarang Klenteng Sam Poo Kong
Tempat Wisata Di Semarang Klenteng Sam Poo Kong – brobali.com

Sebuah festival tahunan selalu diadakan di klenteng yang berlokasi di Jalan Simongan No. 129, Bongsari, Kota Semarang, Jawa Tengah ini. Festival ini selalu mengarak beberapa patung mulai dari Jalan Lombok (Pecinan) hingga berakhir di klenteng. Tujuannya adalah untuk mendapat berkat dan kemakmuran sepanjang tahun. Jika ingin lebih merasakan suasana ala Tiongkok, pengunjung dapat menyewa kostum tradisional untuk berfoto dengan latar belakang klenteng berwarna merah ini. Untuk paket ini, harga yang dibanderol adalah sebesar Rp80.000,- per orang sudah termasuk fotografer dan cetak foto dengan waktu dari jam 9 pagi hingga  5 sore.

Rupanya banyak juga ya tempat wisata di Semarang. Jangan pikir panjang, langsung saja rencanakan liburan akhir tahun Anda menuju kota penuh sejuta wisata ini!

Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars 5.00 (2 votes)
Loading...

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *