Home / Tempat Wisata / 7 Tempat Wisata Di Sukabumi yang Wajib Anda Kunjungi

7 Tempat Wisata Di Sukabumi yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata Di Sukabumi
7 Tempat Wisata Di Sukabumi yang Wajib Anda Kunjungi
Rate me? =)

Tempat Wisata Di Sukabumi – Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, menjadikan kabupaten Sukabumi menjadi salah satu destinasi wisata bagi orang-orang yang tinggal di Jakarta. Tempat wisata di Sukabumi sangat beragam, mulai dari Pegunungan, Air Terjun, Pantai, Sungai, bahkan Taman Wisata Hijau. Bagi Anda yang memiliki rencanan mengunjungi Sukabumi, berikut beberapa referensi tempat wisata di Sukabumi.

Daftar Tempat Wisata Di Sukabumi Paling Indah

  1. Ujung Genteng
Tempat Wisata Di Sukabumi - Ujung Genteng
Sumber: initempatwisata.com

Bagi Anda yang menyukai wisata pantai, Sukabumi merupakan salah satu tujuan yang harus Anda kunjungi. Salah satun tempat wisata di sukabumi yang wajib Anda kunjungi adalah Ujung Genteng. Salah satu pantai yang terdapat di Ujung Genteng adalah Pantai Ombak Tujuh.

Pantai Ombak Tujuh menawarkan keindahan pantai dengan ombak yang cukup tinggi. Pantai ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai berselancar. Gulungan ombak yang terus berdatangan, menjadikan pantai ini sangat menantang untuk berselancar. Selain gulungan ombak yang menantang, Pantai Ombak Tujuh juga memiliki karang-karang yang alami lengkap dengan ikan dan tumbuhan lautnya.

Selain Pantai Ombak Tujuh disekitar Ujung Genteng juga terdapat Pantai Cibuya. Berbeda dengan Pantai Ombak Tujuh, Pantai Cibuya merupakan pantai yang relative tenang. Apabila air sedang surut Anda bisa berjalan menapaki karang ke tengah laut. Meskipun pasir di Pantai Cibuya tidak terlalu halus, namun keindahan matahari terbenam di sana sangat indah.

Pemandangan siluet karang berpadu dengan ombak besar khas pantai selatan, akan menemani Anda menikmati saat-saat matahari akan tidur. Suasana yang tentunya sangat cocok untuk Anda melepaskan sejenak kegiatan sehari-hari yang melelahkan.

  1. Taman Wisata Selabintana
Tempat Wisata Di Sukabumi - Taman Wisata Selabintana
Sumber: horison.horison-group.com

Taman Wisata yang terletak di kaki Gunung Pangrango ini, merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi. Taman Wisata Selabintana menawarkan pemandangan khas pegunungan yang menyegarkan mata. Untuk masuk ke Taman Wisata ini, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 5.000 untuk 1 orang.

Di sana Anda akan menemukan hamparan rumput hijau, jajaran pohon pinus yang rindang, dan udara sejuk yang menyegarkan jiwa. Taman Rekreasi Selabintana juga menawarkan fasilitas seperti, kolam renang, lokasi camping, dan tempat permainan outbound. Selain fasilitas rekreasi, Di Taman Selabintana juga terdapat tempat penginapan seperti Villa dan Hotel.

Tempat Wisata yang terletak sekitar 7 Km di utara kota Sukabumi ini, merupakan alternatif liburan bagi Anda yang tinggal di Kota Jakarta.

  1. Geopark Ciletuh
Tempat Wisata Di Sukabumi - Geopark Ciletuh
Sumber: blog.reservasi.com

Selain Taman Wisata Selabintana, Sukabumi juga memiliki Geopark Ciletuh. Tempat wisata di Sukabumi yang akan di kukuhkan oleh UNESCO menjadi Geopark Internasional ini, benear-benar memberikan kenyamanan untuk pengunjungnya. Bukan sekedar pemandangan hijau yang luas, tetapi Geopark Ciletuh juga menyimpan keindahan-keindahan lainnya.

Salah satu tempat yang Anda harus kunjungi adalah Curug Awan (Air Terjun Awan). Curug Awan memiliki keitinggian sekitar 40 meter dan lebar sekitar 60 meter. Kondisi terbaik untuk mengunjungi Curug ini saat musim penghujan. Karena curug ini bergantung dari debit air Sungai Ciletuh. Selain Curug Awan, di area Geopark Ciletuh juga terdapat Curug Sodong. Curug yang juga dikenal dengan nama Curug Penganten ini, memiliki 2 aliran air yang berpasangan. Curug Sodong memiliki ketinggian sekitar 20 meter.

Tebing Penenjoan juga tidak boleh Anda lewatkan jika mengunjungi Geopark Cilentuh. Tebing yang ketingganya mencapai 250 mdpl ini, memberikan kemudahan bagi Anda untuk menikmati keindahan Geopark Cilentuh secara untuh dari ketinggian. Pedesaan disekitar Geopark juga bisa Anda saksikan dari Tebing ini. Dari tebing ini juga, Anda dapat menyaksikan Landscape yang membentang berbentuk menyerupai tapal kuda raksasa yang langsung menghadap ke Samudera Hindia.

  1. Sungai Citarik (Arus Liar)
Tempat Wisata Di Sukabumi - Sungai Citarik (Arus Liar)
Sumber: sukabumi.kotamini.com

Bagi Anda yang ingin memacu adrenaline, Sungai Citarik merupakan pilihan yang pas. Di Sungai Citarik, Anda dapat melakukan Rafting dengan arus sungai yang cukup deras. Track yang disediakan cukup beragam, mulai dari 5 Km, 9 Km, sapai 19 Km. Terdapat banyak pilihan paket wisata yang ditawarkan oleh penyedia jasa wisata di sana.

Selain rafting Anda juga dapat melakukan kegiatan Outbound, seperti Paint Ball, Tracking, dan juga kegiatan Team Building. Bagi Anda yang ingin tinggal lebih lama, di area Sungai Citarik juga terdapat beberapa penginapan. Nuansa pedesan dengan bangunan yang terbuat dari kayu, akan membuat Anda merasa tenang dan nyaman saat tinggal di sana.

Tidak hanya wisata yang menantang, penyedia jasa wisata di sekitaran Sungai juga menyediakan paket wisata keluarga. Sehingga bagi Anda yang ingin berlibur dengan anak-anak, dapat mempertimbangkan Sungai Citarik sebagai salah satu alternatifnya.

  1. Sungai Citatih
Tempat Wisata Di Sukabumi - Sungai Citatih
Sumber: guanajuato.mx

Selain Sungai Citarik, tempat wisata di Sukabumi lainnya adalah Sungai Citatih. Sungai Citatih dikenal memiliki arus yang lebih deras dan menantang jika dibandingkan dengan Sungai Citarik. Bagi penggemar rafting Sungai Citatih pasti sudah sangat sering didengar. Sungai Citatih menawarkan track untuk rafting sepanjang 26 Km, dengan jeram yang lebih menantang dari Sungai Citarik.

Tidak jauh berbeda dengan Sungai Citarik, di area sekitar Sungai Citatatih juga dapat digunakan untuk kegiatan Outbound, seperti Paint Ball, Flying Fox, dan lain-lain. Penginapan dengan tema tradisional juga tersedia disana.

  1. Curug Cikaso
Tempat Wisata Di Sukabumi - Curug Cikaso
Sumber: hargatiketmasuk.info

Curug yang satu ini belakangan ini pasti sering Anda dengar. Tempat wisata di Sukabumi yang terletak di Kampung Ciniti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi ini memiliki nama asli Curug Luhur. Curug Cikaso atau Curug Luhur memiliki tiga titik air terjun, yaitu Curug Aki yang terletak di sebelah kanan, Curug Meong yang terletak di tengah, dan Curug Asepan yang terletak di bagian kiri. Ketinggian Curug Cikaso sekitar 80 meter dengan lebar kurang lebih 100 meter.

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi Curug Cikaso. Karena bias sinar Matahari akan terlihat sangat jelas dari buti-butir halus hasil cipratan Air Terjun. Air segar yang terdapat di danau yang terbentuk dari aliran air terjun, merupakan magnet untuk Anda masuk ke dalam air atau hanya sekedar membasuh muka.

Selain mempesona karena keindahannya, mitos-mitos tentang Curug Cikaso juga membuat sebagian orang penasaran. Konon katanya ketiga titik air yang terdapat di Curug Cikaso memiliki penunggunya masing-masing.

  1. Pantai Pangumbahan
Tempat Wisata Di Sukabumi - Pantai Pangumbahan
Sumber: iinsquall.wordpress.com

Pantai Pangumbahan merupakan pantai berpasir putih di daerah Sukabumi. Selain pasir putihnya, tempat wisata di Sukabumi ini memiliki tempat penangkaran penyu hijau. Penyu Hijau dikenal memiliki waktu regenerasi yang panjang. Untuk mencapai kematangan dalam bereproduksi, penyu hijau memerlukan waktu kurang lebih 30 tahun. Selain waktu yang panjang untuk mencapai kematangan, penyu hijau juga tidak bisa bertelur setiap hari.

Pantai yang berjarak sekitar 70 Km dari Kota Sukabumi ini, memiliki pemandangan yang eksotis dan masih terdapat pepohonan yang rindang. Di Pantai Pangumbahan, kita dapat menyaksikan proses bertelurnya penyu hijau antara pukul 23:00 sampai 04:00 dini hari. Biasanya penyu hijau bertelur antara bulan Agustus hingga bulan Maret.

Selain penangkaran penyu, Pantau Pangumbahan menyajikan keindahan terbenamnya matahari. Ombak yang tidak terlalu besar, memberikan keamanan dan kenyamanan untuk Anda yang ingin bermain air dan berenang di pantai.

Bagaimana? Menarik bukan tempat wisata di Sukabumi. Pemandangan Alam diciptakan untuk dinikmati, bukan untuk dirusak. Jadi, merupakan keharusan bagi kita untuk menjaga Alam tetap indah. Agar dimasa yang akan datang kita tidak hanya ‘pernah’ memiliki sesuatu yang indah, tetapi ‘masih’ memiliki keindahan.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *