Home / Tips & Trick / 6 Tips Memilih Kamera Underwater Yang Baik

6 Tips Memilih Kamera Underwater Yang Baik

Tips Memilih Kamera Underwater
6 Tips Memilih Kamera Underwater Yang Baik
Rate me? =)

Memilih kamera underwater yang berkualitas tak semudah memilih kamera digital biasa. Anda harus mempertimbangkan spesifikasi kamera tersebut secara menyeluruh. Lalu bagaimanakah cara memilih kamera yang benar untuk foto di bawah laut? Silahkan simak tips-tips memilih kamera underwater berikut:

Tips Memilih Kamera Underwater

Tips Memilih Kamera Underwater
Sumber: autotekno.sindonews.com

1. Pilih Jenis Kamera yang Anda Sukai

Maksudnya adalah, pilihlah jenis kamera yang benar-benar Anda sukai. Saat ini, kamera underwater dapat berupa kamera pocket digital dan DSLR. Untuk informasi tambahan, harga kamera pocket digital underwater cenderung lebih murah ketimbang kamera DSLR Underwater. Selain itu, kamera DSLR cenderung diperuntukkan fotografer profesional, meskipun tak menutup kemungkinan Anda bisa menguasainya. Tentu saja semuanya haruslah berupa kamera waterproof alias tahan air.

Tips Memilih Kamera Underwater Yang Baik
Sumber: lynda.com

2. Pertimbangkan Budget yang dimiliki

Sudah tak asing lagi, saat ini harga dapat menentukan kualitas suatu kamera underwater. Jika Anda memiliki budget yang tinggi, ada baiknya pilihlah kamera underwater yang memiliki spesifikasi dan daya tahan yang tinggi pula seperti memiliki ukuran sensor yang tinggi. Namun jika budget yang Anda miliki terbatas, pilihlah kamera underwater besutan vendor-vendor ternama seperti GoPro, Nikon, Canon dan lain sebagainya. Setiap vendor ternama pasti memiliki produk low entry dan tentunya kualitas sudah pasti terjamin.

3. Cek Spesifikasi Secara Mendalam

Setelah Anda menentukan jenis kamera dan mempertimbangkan budget yang dimiliki, saat nya untuk mengupas isi dalam kamera pilihan Anda. Dalam hal ini, agar dapat digunakan untuk melengkapi kegiatan diving, setidaknya kamera underwater harus memiliki waterproof Housing availability, Manual Control, Manual White Balance, External Lens Support, Shutter Lag yang rendah, Format Pict default (JPEG apabila Anda tidak ingin repot editing gambar menggunakan software ketiga), Ukuran Sensor Kamera, Video Recording (Jika diperlukan), serta memiliki fitur GPS, Wi-Fi, ukuran dan berat dan daya tahan baterai yang tinggi.

Tips Memilih Kamera Waterproof Tahan Air
Source

4. Baterai Kamera

Daya tahan baterai merupakan faktor yang sangat penting. Oleh karena itu kami tidak luput memasukan daya tahan baterai kamera dalam daftar list cara dan tips memilih kamera underwater yang baik kali ini. Apabila baterai kamera waterproof Anda lemah, maka Anda tidak dapat mengambil foto dengan leluasa di bawah air. Karena Anda harus membawa banyak persediaan baterai dan menggantinya terlebih dahulu. Saat berada di tempat snorkeling atau diving, kita tidak pernah tahu momen spektakuler dan menakjubkan yang akan kita lihat. Misalnya saja saat bertemu dengan penyu di lautan luas. Tidak mungkin kan harus naik ke perahu terlebih dahulu untuk mengganti baterai? Yang ada malahan penyu tersebut sudah pergi menjauh entah ke mana.

5. Fasilitas Video

Di era saat ini, tentu saja video menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari tips memilih kamera underwater. Bayangkan saja Anda sedang melakukan snorkeling dan momen tersebut dapat terekam sepenuhnya. Tentu saja Anda juga dapat mengambil video keindahan dasar laut yang sedang Anda amati dengan kamera waterproof yang Anda miliki.

6. Kualitas Gambar

The last but not the least. Kualitas gambar merupakan salah satu poin terpenting dalam tips memilih kamera underwater yang baik. Bagaimana pun juga ini akan sangat menentukan hasil jepretan foto Anda. Banyak yang berpikir bahwa dengan memiliki ukuran megapixel yang besar maka kamera waterproof Anda dijamin memiliki kualitas gambar yang bagus. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sensor kamera juga sangatlah penting untuk mendapatkan resolusi yang maksimal. Mungkin karena itulah lebih banyak orang yang lebih memilih menggunakan kamera DSLR waterproof dibanding dengan kamera saku digital tahan air lainnya.

Demikianlah informasi dari kami mengenai beberapa cara dan tip memilih kamera underwater terbaik. Semoga Anda dapat menentukan kamera underwater yang paling cocok untuk melengkapi kegiatan traveling sobat. Jangan lupa untuk menyimak beberapa pilihan kamera underwater terbaik 2017.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *