Home / Tips & Trick / Tips Mudik: Kopi Atau Teh Yang Lebih Ampuh Kalahin Ngantuk

Tips Mudik: Kopi Atau Teh Yang Lebih Ampuh Kalahin Ngantuk

Tips Mudik Kopi Atau Teh Yang Lebih Ampuh Kalahin Ngantuk
Tips Mudik: Kopi Atau Teh Yang Lebih Ampuh Kalahin Ngantuk
Rate me? =)

Mudik, suatu kegiatan yang sudah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia di bulan Ramadhan. Tidak hanya umat muslim saja yang melaksanakannya, namun seluruh masyarakat pun juga turut melaksanakan mudik. Suatu kunjungan pulang kampung, sowan mengunjungi saudara di suatu tempat setelah sekian lama tidak bertemu. Itu semua dilakukan untuk menjalin silahturahmi antar keluarga dan kerabat terdekat. Anda juga turut merayakan mudik, bukan? Nah, pada umumnya, mudik dilakukan hingga berhari-hari di hari Ramadhan tepatnya saat lebaran datang. Tentunya tidak sedikit masyarakat yang harus menempuh jarak jauh untuk mudik. Baik menggunakan transportasi laut, udara, dan darat, saat mudik Anda harus menjaga stamina agar sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

Untuk menjaga stamina tersebut, tak jarang Anda akan mengkonsumsi teh atau kopi untuk tetap segar ketika mudik, terutama bagi Anda pelaksana mudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Namun, sebelum mengkonsumsi kedua minuman tersebut, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mana yang lebih cocok untuk Anda konsumsi saat mudik. Apakah kopi atau teh yang paling ampuh membuat Anda terjaga saat mudik? Simak di bawah ini.

Sejarah Teh dan Kopi

Sejarah Kopi dan Teh
Source: www.businessinsider.com

Menurut legenda, teh pertama kali ditemukan oleh Kaisar Cina pada 2737 SM saat tidak sengaja daun jatuh ke dalam air yang sedang ia didihkan. Kemudian, ia mencicipinya dan terkejut dengan rasa dan manfaat setelah mengkonsumsinya. Sementara kopi, diyakini berasal di dataran tinggi Ethiopia di mana sejarah mengatakan bahwa seorang pengembala kambing bernama Kaldi melihat kambingnya menjadi hiperaktif setelah makan buat dari suatu pohon yang kemudian dikenal sebagai bibit kopi.

Teh Poci Dari China
Source: http://www.chinaholidays.co.uk/

Kedua minuman tersebut mengandung unsur kafein yang berperan menghambat efek sedasi yang menyebabkan kantuk. Menurut Victoria Leona Djajadi, nutrisionis dan ahli diet lulusan program nutrisi University of Sydney, Australia, saat kantuk lenyap, Anda pun kembali bersemangat.

Kopi

Kandungan kafein dalam kopi tak hanya mampu mengusir kantuk tapi juga bisa meningkatkan energi dan kesehatan mental. Tak mengherankan, banyak orang yang

Kandungan Kafein Dalam Kopi
Source: www.ndtvimg.com

meminum kopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Tapi, yang perlu diperhatikan, konsumsi kopi dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Menurut para ahli kesehatan. Mengonsumsi kopi sebaiknya tidak lebih dari 200mg per hari atau setara dengan 3 cangkir kopi.

Teh

Sebaga i alternatif kopi, Anda juga bisa menyeduh teh. Namun, lebih baiknya lagi Anda mengkonsumsi teh jenis teh hijau yang juga memiliki kandungan kafein dan mampu melenyapkan rasa kantuk. Teh hijau juga mengandung L-theanine yang dapat menenangkan pikiran dan mengembalikan fokus. Menyeduh teh hijau hangat dapat membantu memulihkan penat akibat perjalanan mudik Anda.

Teh Hijau
Source: http://www.visitnewportbeach.com

Jangan lupa: air putih

Selain kedua minuman tersebut, jangan lupa untuk sediakan sebotol air putih di mobil maupun di tas. Sebab, penambah energi terbaik yang juga penting untuk fungsi tubuh normal adalah air. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih bermanfaat mencegah dehidrasi tubuh. Hal ini amat penting, mengingat dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat untuk menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup sekaligus mengatasi rasa haus. “Salah satu sumber untuk mencukupinya adalah dengan meminum air putih secara teratur. Untuk itu, rajin-rajinlah minum air putih sesuai kebutuhan agar kondisi kesehatan tubuh tetap optimal,” ujar Victoria.

Jadi, mana yang lebih baik? Kopi atau teh?

Setelah Anda membaca sebagian artikel ini, pasti Anda telah mengetahui bahwa kopi dan teh memiliki manfaat bagi kesehatan. Jadi, selama Anda tidak membuat kopi atau teh dengan campuran gula atau krim, kedua minuman tersebut dapat menjadi sumber nutrisi dan antioksidan yang baik untuk pencegahan penyakit. Jadi, jawaban dari pertanyaan mana yang lebih ampun untuk mengalahkan rasa kantuk Anda ketika mudik semuanya di tangan Anda. Karena selama Anda tidak sensitif terhadap kafein dan tidak menderita sakit maag, Anda dapat mengkonsumsi kopi ataupun teh. Selamat menyiapkan mudik, ya!

Bagi Anda pecinta kopi, ada daftar tempat ngopi di Senopati, Jakarta yang bisa Anda simak.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *