Home / Tips & Trick / 7 Tips Mudik Lebaran Biar Tetap Fit

7 Tips Mudik Lebaran Biar Tetap Fit

7 Tips Mudik Lebaran Biar Tetap Fit
7 Tips Mudik Lebaran Biar Tetap Fit
Rate me? =)

Mudik lebaran sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang perayaan Idul Fitri. Moment ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Saat mudik lebaran, berbagai persiapan tak boleh kamu sepelekan. Selain faktor kendaraan, kesehatan juga menjadi perhatian utama demi kelancaran perjalanan mudik yang tak menentu kondisinya. Yuk, simak 7 tips mudik lebaran dari Wisatalah agar kamu tetap fit.

Daftar Tips Mudik Lebaran Agar Tetap Fit

  1. Siapkan Fisik yang Sehat dan Prima Sebelum Mudik
Tips Mudik Lebaran - Siapkan Fisik
Tidur cukup agar tubuh lebih bugar sebelum berangkat mudik – aktual.com

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kondisi fisikmu dalam keadaan sehat dan prima. Salah satunya yakni tidur yang cukup, kurang lebih 6-8 jam. Tidur cukup sangat diperlukan untuk mengumpulkan tenaga agar tetap fit selama perjalanan. Asupan gizi juga merupakan faktor yang penting. Penuhi kebutuhan cairan agar tidak mudah dehidrasi selama perjalanan dengan minum banyak air putih. Saat sahur, sebaiknya tidak mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak sebelum mudik. Karbohidrat mengandung glukosa yang membuat tubuh membutuhkan lebih banyak energi pada saat dicerna. Jika kamu memiliki penyakit beresiko, ada baiknya berkonsultasi atau cek kesehatan dulu sebelum mudik.

  1. Isi Perut Terlebih Dahulu Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh
Tips Mudik Lebaran - Isi Perut Dahulu
Isi perutmu dengan makanan sucukupnya sebelum berpergian jauh – shapeitup4u.com

Tips mudik Lebaran yang kedua adalah jangan biarkan perutmu kosong saat akan berpergian jauh. Saat perut kosong, lambung akan memproduksi asam dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini dapat mengakibatkan iritasi lambung dan merangsang efek mual, yang berujung pada muntah-muntah. Isi perutmu dengan makanan secukupnya, tidak perlu terlalu berlebihan. Kurangi makanan berlemak tinggi serta minuman bersoda sebelum keberangkatan. Sebab, hal tersebut dapat memicu mabuk saat di perjalanan. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen dan multivitamin, terutama yang terbuat dari bahan madu. Hindari suplemen yang mengandung kafein karena hanya memberikan kesegaran selama sesaat saja.

  1. Pilih Posisi yang Tepat Saat di dalam Kendaraan
Tips Mudik Lebaran - Pilih Posisi Yang Tepat
Posisikan tempat duduk senyaman mungkin saat di perjalanan – merdeka.com

Posisi selama di perjalanan juga penting agar tubuhmu tetap fit. Jika mudik dengan kapal laut, pilihlah kabin di tengah karena goyangan kapalnya tidak begitu terasa. Jika menggunakan pesawat terbang, mintalah tempat duduk di dekat tepi depan sayap. Untuk yang mudik dengan kereta api, duduklah di dekat jendela dan menghadap ke depan. Sedangkan untuk pengguna mobil dan bus, sebaiknya duduk di dekat sopir. Posisikan tempat dudukmu senyaman mungkin jika berada di perjalanan panjang, namun jangan dibiarkan duduk di posisi yang sama dalam waktu lama. Ubah posisi duduk sesering mungkin untuk mencegah sakit punggung. Jika ingin tidur yang lebih enak saat perjalanan, bawalah bantal kecil atau memakai bantal leher untuk mencegah sakit leher.

  1. Istirahat Sejenak Tiap Beberapa Jam
Tips Mudik Lebaran - Istirahat Sejenak
Berhenti sejenak untuk regangkan tubuh setelah menempuh perjalanan jauh – artikel.pricearea.com

Untuk pemudik kendaraan pribadi yang menempuh perjalanan cukup jauh, dianjurkan untuk berhenti sejenak tiap beberapa jam. Untuk pengguna sepeda motor biasakan berhenti selama 3 jam sekali, sedangkan untuk pengendara mobil dapat berhenti setiap 4 jam. Tips mudik Lebaran ini merupakan anjuran dari Kementerian Perhubungan. Ikuti gerak belok mobil dengan santai dan memperhatikan jalanan di depan. Pusatkan perhatian pada arah pemandangan di depan atau benda tidak bergerak. Tidak disarankan untuk menengok ke kiri dan kanan untuk melihat pemandangan karena dapat memicu mabuk perjalanan. Saat berhenti untuk istirahat sejenak, lakukan peregangan setidaknya 10 menit seperti stretching leher, punggung, dan tangan. Dengan peregangan, sirkulasi darah akan lebih lancar sehingga darah akan terpompa dan oksigen bisa sampai ke otak.

  1. Selalu Bawa Bekal Makanan
Tips Mudik Lebaran - Bawa Bekal Makanan
Penting bawa buah-buahan untuk lebaran mudik – sehatfresh.com

Membawa bekal makanan saat perjalanan mudik penting untuk berjaga-jaga saat waktu buka atau sahur tiba. Mengingat macet panjang tak selalu menentu lokasinya, terutama jika terjebak di jalan tol. Menurut lifehack.org, roti gandum, selai kacang, buah-buah, dan jus kemasan rendah gula dapat dibawa dalam perjalanan. Selain praktis, jenis makanan tersebut cukup bergizi untuk mengembalikan stamina yang saat melakukan perjalanan panjang. Sedangkan buah-buahan menyediakan cukup air penawar dahaga, serat yang mengenyangkan, serta gula buahnya sebagai penyedia energi sekaligus penghilang pusing karena kelaparan di tengah jalan. Untuk makanan berat, usahakan membawa makanan kering. Perhatikan juga agar makanan basah atau nasi dan lauk pauk yang dibawa, tidak dikonsumsi kurang dari 6-8 jam setelah pembuatan

  1. Persiapkan Obat-obatan Pribadi
Tips Mudik Lebaran - Persiapkan Obat
Peralatan dan obat-obatan pribadi sebagai pertolongan pertama selama perjalanan mudik – blibli.com

Obat-obatan pribadi harus dibawa sesuai kebutuhan, terutama jika mengidap penyakit atau alergi tertentu. Kalau fisik kamu terlalu lemah, sebaiknya minum obat anti muntah atau anti mabuk. Obat-obatan lainnya seperti minyak kayu putih, obat anti sakit kepala dan anti diare juga dianjurkan dibawa untuk mencegah mabuk perjalanan. Khusus kamu yang mengidap sakit maag, sebaiknya mengkonsumsi obat maag yang berjenis penekan asam lambung. Kondisi perjalanan selama mudik tidak bisa diprediksi, oleh karena itu siapkan obat-obatan yang cukup sebagai pertolongan pertama ketika berada di perjalanan.

  1. Jangan Paksakan Mengemudi Jika Sudah Lelah
Tips Mudik Lebaran - Jangan Paksakan Diri
Berhenti dan istirahatlah sejenak jika terlalu lelah mengemudi – cnn.com

Untuk tips mudik Lebaran yang terakhir juga tidak kalah pentingnya. Jika mata sudah mulai terasa berat dan sering berkedip-kedip, jangan sekali-kali memaksakan diri untuk terus berkendara. Tingkat kewaspadaan biasanya berkurang ketika orang sudah mengantuk. Sebaiknya menepi atau berhenti sejenak sampai rasa kantukmu benar-benar hilang. Manfaatkan juga waktu istirahat untuk buang air kecil / air besar. Jangan sampai menahan kencing karena dapat mengakibatkan infeksi saluran kencing. Selain itu, kelelahan akibat lama mengemudi juga bisa diatasi dengan menerapkan sistem giliran. Jika di dalam mobil atau bus terdapat lebih dari satu orang yang bisa mengemudi, lebih baik bergonta-ganti giliran berkendara agar kondisi fisikmu seimbang dengan istirahat cukup.

Jika semua tips mudik Lebaran dapat kamu terapkan secara padu, tubuh sehat dan fit akan menjadi lebih optimal sampai kamu tiba di kampung halaman. Semoga bermanfaat dan perjalanan mudikmu nanti lancar ya, sobat.

Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *