Home / Tips & Trick / 7 Tips Traveling Saat Puasa di Bulan Ramadhan

7 Tips Traveling Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Tips Traveling Di Bulan Ramadhan Saat Puasa Cari Tahu Tempat Tujuan
7 Tips Traveling Saat Puasa di Bulan Ramadhan
5 (100%) 3 votes

Tips Traveling di Bulan Ramadhan – Beberapa saat ini, seluruh masyarakat akan merayakan bulan Ramadhan. Bulan yang suci ini selalu menjadi bulan yang  ditunggu-ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Selama bulan puasa, para umat diharuskan untuk menahan rasa lapar dan rasa haus sejak pagi hingga petang. Walaupun demikian, umat muslim harus tetap menjalankan keseharian seperti biasanya. Untuk Anda yang suka traveling, beberapa hal ini bisa jadi tips traveling saat puasa yang membantu Anda menikmati liburan di bulan Ramadhan.

Tips Traveling Saat Puasa di Bulan Ramadhan

  1. Mencari tahu mengenai tempat tujuan Anda

Sebelum memulai perjalanan Anda sambil menjalankan ibadah yang suci ini, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu tempat atau negara yang menjadi tujuan Anda nantinya. Hal pertama yag harus Anda lakukan adalah mencari tahu mengenai zona waktu daerah yang kita kunjungi. Hal ini ada hubungannya dengan jadwal imsak dan berbuka yang akan mempengaruhi jadwal kegiatan Anda selama traveling saat puasa. Jangan lupa untuk mencari mesjid disekitar lokasi tujuan Anda pada jam imsak agar ibadah Anda tak tertinggal hanya karena Anda tidak tahu jalan.

  1. Hindari bepergian pada awal dan akhir puasa.

Jika Anda bepergian pada awal bulan puasa, maka ini akan berakibat buruk pada kondisi tubuh Anda. Butuh waktu bagi tubuh Anda beradaptasi selama menjalankan ibadah puasa, Perubahan pada jam makan, minum dan tidur ini biasanya membutuhkan waktu 2-3 hari hingga tubuh terbiasa. Hindari pula bepergian pada akhir bulan puasa untuk menghindari ramainya arus mudik. Anda tidak mau kan traveling jadi membosankan karena terhimpit ramainya arus mudik.

Tips Traveling Saat Puasa Di Bulan Ramadhan - Hindari Berpergian Saat Awal Puasa
Sumber : Pinterest
  1. Kemas barang seperlunya dan seringan mungkin

Pada saat berpuasa, tentu saja kondisi tubuh akan berubah. Dalam keadaan yang menahan lapar dan haus selama perjalanan, pasti akan melelahkan jika Anda membawa barang yang berat saat perjalanan. Rasa lelah ini lah yang dapat berakibat pada ke-khilafan Anda untuk batal dengan alasan kelelahan membawa barang. Bawalah barang-barang yang ringan dan se-efisien mungkin.

  1. Siapkan vitamin dan suplemen agar kondisi tubuh tetap FIT

Ini adalah tips traveling  saat puasa di bulan Ramadhanyang paling penting selama perjalanan. Bawalah vitamin dan suplemen yang baik untuk ketahanan tubuh selama berpuasa. Minumlah vitamin yang Anda bawa ketika jam berbuka dan sahur tiba. Kalau Anda jatuh sakit saat sedang traveling, maka semua akan menjadi sia-sia.

Tips Traveling saat Puasa Di Bulan Ramadhan - Jaga Kondisi Tubuh
Tips Traveling saat Puasa Di Bulan Ramadhan – Jaga Kondisi Tubuh Sumber : Dr Sarah Brewer
  1. Kenali kemampuan tubuh Anda

Ketika sedang traveling saat puasa, biasanya kita suka melakukan olahraga yang tidak biasa kita lakukan di rumah. Seperti mendaki gunung, memanjat tebing dan sebagainya. Sebelum melakukan kegiatan-kegiatan tersebut ada baiknya Anda mengenali kemampuan tubuh Anda. Karena olahraga semacam ini membutuhkan banyak tenaga. Jangan sampai puasa Anda menjadi batal karena keasyikan traveling ya.

  1. Gunakan tas kecil dan ringan saat berkeliling

Selama perjalanan, pastikan Anda bisa menitipkan barang bawaan Anda di suatu tempat yang bisa Anda percayai. Misalnya saja saat transit. Anda cukup membawa barang-barang yang dibutuhkan seperti dompet untuk membeli oleh-oleh, gadget dan barang penting lainnya. Agar bawaan Anda tak terlalu banyak sehingga Anda bisa menyimpan tenaga.

  1. Manfaatkan waktu luang

Tips traveling saat puasa di bulan Ramadhan terakhir adalah dengan memanfaatkan waktu luang yang Anda miliki untuk memperbanyak amal ibadah di bulan yang suci ini. Seperti membaca Al-Quran saat sedang dalam perjalanan di kereta atau pesawat, dan melakukan shalat setiap kali Anda menemukan masjid. Membaca Al-Quran kini lebih mudah karena banyak aplikasi di smartphone yang menyediakan Al-Quran secara gratis.

Tips Traveling Saat Puasa Di Bulan Ramadhan
Sumber : International SOS

Dengan melakukan tips traveling saat puasa di Bulan Ramadhan di atas, dijamin kamu bisa liburan atau jalan – jalan sambil menjalanan ibadah.

Yuk di-Share :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
  •  
    1
    Share
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *