Home / Tips & Trick / Tips Traveling Ke Luar Negeri Untuk Pertama Kali

Tips Traveling Ke Luar Negeri Untuk Pertama Kali

Tips Traveling Ke Luar Negeri Untuk Pertama Kali
Tips Traveling Ke Luar Negeri Untuk Pertama Kali
Rate me? =)

Tak seperti zaman dulu, kini tiket murah ke luar negeri bisa mudah didapatkan. Kamu sendiri, lagi ada rencana liburan ke luar negeri? Kalau ini pertama kalinya kamu liburan ke luar negeri, pasti ada kekhawatiran yang dialami. Bahasa, budaya, dan keamanan seringkali jadi pertimbangan memilih destinasi. Wisatalah punya 7 tips traveling ke luar negeri untuk kamu yang masih pemula, nih.

Tips Traveling Ke Luar Negeri

  1. Persiapkan Dokumen-Dokumen Penting
Tips Traveling Ke Luar Negeri Cara Bikin Paspor
Foto: nationalgeographic.co.id

Baik pergi ke luar ataupun dalam negeri, dokumen pribadi seperti KTP, paspor, dan visa sangatlah penting dan harus dibawa. KTP menjadi dokumen penting sebagai bukti bahwa kamu adalah warga negara Indonesia. Buatlah paspor setidaknya 3 bulan sebelum keberangkatan. Jika sudah punya paspor, buatlah visa jika negara tujuanmu tidak bebas visa. Memang, pembuatan visa cukup rumit dan memakan waktu lama. Untuk itu, disarankan memilih negara bebas visa seperti ASEAN, Jepang, atau yang menerapkan Visa On Arrival (VOA) karena bisa diurus di imigrasi bandara negara tujuan. Buat kamu yang belum tahu, sekarang kamu tidak perlu antri lama-lama saat bikin paspor. Simak saja artikel cara bikin paspor online ini.

  1. Pesan Tiket, Penginapan atau Akomodasi Sebelum Keberangkatan

Kamu bisa mencari rekomendasi penginapan di agen travel online dengan harga terjangkau, jika ingin menghemat budget. Tiket promo biasanya tersedia jauh-jauh hari, seperti 6 bulan sebelumnya. Penginapan untuk bermalam juga wajib banget dipesan sebelum keberangkatan. Saat memilih hotel, cari tahu juga alamat atau lokasi hotel tersebut. Sebaiknya pilih hotel yang dekat dengan jalur transportasi umum seperti bus atau stasiun kereta. Selalu ingat baik-baik alamat penginapanmu juga ya, sobat.

  1. Buat Itinerary Perjalanan

Supaya perjalananmu lancar dana man, alangkah baiknya untuk menyusun itinerary selama traveling di negara tujuanmu. Mulai dari destinasi ke mana saja yang ingin disinggah, waktu perjalanan dari penginapan, jalur bus atau kereta, semuanya harus ditulis. Jangan lupa untuk mencatat juga destinasi wisata kuliner dan pusat perbelanjaan untuk mencari oleh-oleh di itinerary sobat, ya.

  1. Pelajari Negara Tujuan

Pergi ke negara orang, tentunya tidak boleh dengan pengetahuan kosong. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak melakukan banyak kesalahan selama di sana. Misalnya saja kamu hendak pergi ke Jepang, pelajarilah iklim di sana supaya barang bawaanmu sesuai dengan cuaca saat liburan. Jangan sampai kamu malah membawa pakaian tipis, sedangkan di Jepang sedang musim dingin. Pelajari juga aturan, tata tertib dan kebiasaan di negara tempatmu berlibur, ya.

  1. Cari Tahu Apakah Memerlukan Vaksin

Di beberapa negara, diwajibkan untuk melakukan vaksin-vaksin tertentu untuk mencegah penyakit. Misalnya jika kamu hendak pergi ke Arab Saudi, wajib melakukan vaksin Meningokokus untuk mencegah serangan penyakit meningitis. Turis yang traveling ke Indonesia saja wajib melakukan vaksin Malaria, lho. Mencari tahu soal vaksin ini sangat penting, agar selama di sana kamu tidak jatuh sakit dan malah mengacaukan liburan.

  1. Tukar Uang di Indonesia
Tips Traveling Ke Luar Negeri Mata Uang Asing
Foto: kaltim.prokal.co

Menukar rupiah dengan mata uang asing lebih baik dilakukan sebelum keberangkatan. Jangan sampai waktumu terbuang karena bingung mencari-cari money changer. Jika ingin menghemat budget, bisa menukar uang di money changer lokal ketimbang bandara yang cenderung mahal. Mintalah koin dan pecahan uang kecil karena ini akan sangat terpakai ketika bertransaksi di negara tujuanmu.

  1. Bawa Barang-Barang Penting dan Secukupnya

Usahakan untuk tidak membawa pakaian terlalu banyak. Bawalah sepatu atau sandal yang nyaman karena kamu akan banyak berjalan kaki selama di luar negeri. Kartu yang perlu dibawa hanyalah kartu kredit atau debit card berlogo Visa/Master. Selain itu, bawa juga gadget, power bank, dan traveler charger karena tidak semua colokan listrik luar negeri berkaki dua seperti di Indonesia.

  1. Jangan Membawa Barang Palsu

Ketika bepergian ke luar negeri, jangan pernah membawa barang-barang palsu. Karena sudah banyak sekali kejadian tas bermerk palsu yang disita di pelabuhan internasional. Tak hanya disita, terkadang ada juga yang langsung merobek di depan pemiliknya. Tentunya hal ini akan memperhambat liburanmu jika sampai terjadi. Selain tas palsu, pihak pelabuhan internasional kerap menyita power bank palsu juga, lho.

  1. Aktifkan Ponselmu
Tips Traveling Ke Luar Negeri Aktivasi Telepon
Foto: cellucity.co.za

Tetap terhubung meskipun kamu berada di negara orang juga sama pentingnya. Kamu bisa menggunakan jasa roaming internasional, tapi biasanya memakan biaya yang cukup mahal. Lebih baik membeli SIM Card lokal di negara tujuanmu untuk menghemat budget. Selama di sana, manfaatkan selalu fasilitas Wi-fi. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi-aplikasi penting termasuk offline map ya, sobat.

  1. Pelajari Bahasa Setempat dan Bahasa Inggris

Mempelajari bahasa setempat akan menjadi bekal yang berguna. Semisal liburan ke Spanyol, kamu bisa mempelajari sedikit bahasa Spanyol atau menghafal beberapa kata yang sering diucapkan di sana. Dengan begitu, kamu bisa bertanya mengenai tujuanmu kepada warga setempat jika sedang kesulitan. Bisa berbahasa Inggris? Lebih baik lagi.

Yuk di-Share :
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares
  •  
    3
    Shares
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *