Home / Event / Tour De Bintan 2018 Kembali Digelar

Tour De Bintan 2018 Kembali Digelar

Tour De Bintan 2017 Kembali Digelar
Tour De Bintan 2018 Kembali Digelar
Rate me? =)

Halo sobat pecinta traveling, kali ini kita akan membahas salah satu kompetisi balap sepeda asal Pulau Bintan. Sebagai salah satu Pulau yang terbentuk dalam jajaran Kepulauan Riau, Pulau Bintan memiliki kompetisi balap sepeda yang telah dikenal dunia dan berstandar internasional yaitu Tour De Bintan 2018. Sejatinya, kompetisi balap sepeda ini rutin diadakan pada semester pertama disetiap tahunnya. Untuk informasi selengkapnya, mari simak ulasan berikut:

Pulau Bintan merupakan salah satu Pulau kecil yang termasuk dalam jajarang Kepulauan Riau (Kepri). Secara geografis, lokasi Pulau Bintan dapat dikatakan sangat strategis, pasalnya Pulau ini terletak di semenanjung selatan Malaysia tepatnya di pangkal Selat Malaka. Selain itu, berdasarkan sejarahnya Pulau Bintan merupakan tempat pemberhentian terbaik bagi kapal-kapal dagang dari India dan Tiongkok dengan tujuan untuk berlindung dari badai. Dengan lokasi yang sangat strategis serta bersejarah inilah Pulau Bintan sangat digemari dan dikenal dunia sebagai lokasi event sport tourism.

Tour De Bintan 2017
Sumber: pesona.indonesia.travel

Pada bulan Maret 2018, Pulau Bintan akan mengadakan tournament sepeda yang biasa dikenal dengan Tour De Bintan 2018 pada tanggal 23-25 Maret 2018. Sebagai event sport tourism yang telah mendunia, tercatat sekitar 990 orang pembalap yang telah mendaftar dan berasal dari 40 negara diberbagai belahan dunia. Seluruh pembalap akan dikelompokkan menjadi 70 tim. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira menargetkan lebih dari 1000 pembalap yang diikutsertakan dalam event sport tourism ini.

Tour De Bintan
Sumber: travel.detik.com

Dalam event ini, pembalap disediakan tiga pilihan nomor, yaitu Tour de Bintan, Grand Fondo Double, dan Individual Time Trial. Dari ketiga nomor tersebut, Tour de Bintan 2018 terbagi lagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah Kelas Kompetitif yang mana terbagi dalam 4 kategori yaitu kategori 1, 2, dan 3 untuk peserta pria dan kategori 4 untuk peserta wanita.

Rute Tour De Bintan 2018
Sumber: www.active.com

Kelompok yang kedua adalah Grand Fondo World Series atau biasa disebut sebagai Big Ride. Kelompok ini ditujukan bagi peserta yang memiliki jiwa petualang. Pada kelompok Grand Fondo World Series, peserta tidak mengutamakan kompetisi, melainkan peserta akan menjalani event seperti pro dalam rute penuh. Tour ini berlangsung selama 2 hari bersepeda dengan jarak tempuh mencapai 260 km. Akan tetapi, bagi peserta yang terkendala dengan stamina, kelompok Grand Fondo World Series juga tersedia dalam kategori Grand Fondo Classic yaitu bersepeda dengan jarak tempuh  mencapai 153 km dan kategori Grand Fondo Challenge yaitu bersepeda dengan jarak tempuh mencapai 82 km.

Kali ini Tour de Bintan 2018 termasuk dalam kalender kompetisi balap sepeda kelas International Union Cycliste Internationale (UCI) yang mana merupakan satu-satunya event yang termasuk kategori Grand Fondo World Series di Indonesia.

Peserta Tour De Bintan 2018
Sumber: travel.kompas.com

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Luki Zaiman Prawira, pada tahun 2016, peserta Tour de Bintan 2018 mayoritas berasal dari Singapura yang mencapi 30 persen dari total peserta. Selanjutnya disusul oleh Inggris sebesar 19 persen, Australia sebesar 12 persen, dan Indonesia sebesar 6 persen. Sementara itu, sisanya berasal dari Jerman, Jepang, Peranci, Selandia Baru, Amerika Serikat, Hongkong, Malaysia, dan negara-negara lainnya.

Beberapa alasan kuat kenapa banyak turis tertarik dengan Event Sport Tourism di Pulau Bintan adalah selain sebagai kompetisi balap sepeda kelas dunia, pemandangan dan fasilitas di Pulau Bintan yang sangat indah dan lengkap. Salah satunya yaitu Lagoi Bay yang dapat dinikmati selama peserta berkompetisi di Tour de Bintan 2018. Kawasan Bintan Resort yang menawarkan penginapan kelas atas yang memiliki luas sekitar 300 hektare. Penginapan ini memiliki lapangan golf kelas international yang sangat mewah nan elegant. Selain itu, di bagian Barat Bintan terdapat Kota Tanjung Pinang yang terdapat beberapa bangunan kuno sebagai destinasi wisata yang menarik seperti Candi Buddha yang dinaungi pohon bayan.

Event Balap Sepeda Tour De Bintan 2018
Sumber: travel.kompas.com

Bagimana sobat, jangan lewatkan event sport tourism asal Pulau Bintan ini. Persiapkan diri untuk menyaksikan event international Tour De Bintan 2018 yang hanya diadakan satu kali dalam setahun ini. Anda juga dapat menikmati keindahan tempat wisata Bintan yang tak kenal indahnya.

Yuk di-Share :
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares
  •  
    4
    Shares
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *