Home / Tempat Wisata / 5 Upacara Adat Bali Ini Menambah Pesona Pulau Dewata

5 Upacara Adat Bali Ini Menambah Pesona Pulau Dewata

Upacara Adat Bali Ini Menambah Pesona Pulau Dewata
5 Upacara Adat Bali Ini Menambah Pesona Pulau Dewata
5 (100%) 1 vote

Upacara Adat Bali – Berbicara tentang Pulau Bali pasti nggak bisa lepas dari pesona wisatanya yang mengagumkan. Keindahan alam Bali memang selalu jadi pusat perhatian dunia. Nggak heran, banyak turis domestik dan turis mancanegara yang berbondong-bondong datang ke Bali untuk berwisata. Namun, tahukah kamu kalau selain keindahan alamnya, Pulau Bali juga punya upacara adat Bali yang sakral dan selalu mencuri perhatian para wisatawan? Kamu bisa menyaksikan secara langsung upacara adat Bali ini bila berkunjung ke Pulau Dewata.

Kalau kamu penasaran apa saja upacara adat di Bali yang telah menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Dewata, kamu bisa simak 5 upacara adat Bali yang penuh nilai sakral berikut ini.

Macam-Macam Upacara Adat Bali

  1. Upacara Ngaben
Upacara Ngaben Upacara Adat Bali
Source: Inibangsaku

Kapan pun dan di mana pun, kalau seseorang menyebut upacara adat di Bali, pasti kamu langsung teringat seketika pada Upacara Ngaben. Upacara pembakaran jenazah yang dilakukan oleh umat Hindu di Bali ini bertujuan untuk melepaskan roh dari jasad duniawi menuju ke alam Pitra. Upacara Ngaben dilakukan dengan harapan untuk mengembalikan Panca Maha Butha (5 elemen dasar yang membentuk makhluk hidup) ke alam dunia, sedangkan roh dikembalikan ke alam Pitra. Selain memiliki nilai sakral yang sangat luhur, Upacara Ngaben di Bali ini juga menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang mengunjungi Pulau Dewata.

  1. Upacara Mesuryak

Nggak cuma upacara adat Ngaben aja lho yang terkenal di Bali. Ada lagi upacara adat di Bali yang disebut sebagai Upacara Mesuryak. Upacara Mesuryak ini dilaksanakan 10 hari setelah hari Galungan, yakni pada hari Kuningan. Umat Hindu di Bali percaya bahwa para leluhur yang turun pada hari raya Galungan akan kembali ke swargaloka pada saat hari raya Kuningan. Maka dari itu, upacara adat di Bali ini dilaksanakan dengan melemparkan uang ke udara sebagai simbol kemakmuran.

  1. Upacara Melasti
Upacara Melasti Upacara Adat Bali
Source: Indolah 

Upacara Melasti adalah upacara dengan tujuan menyucikan diri dengan air kehidupan (air samudera). Sesuai tujuannya, Upacara Melasti ini dilakukan di pesisir pantai. Upacara ini dilakukan untuk menyambut datangnya Hari Raya Nyepi. Nggak cuma bertujuan untuk menyucikan diri umat Hindu yang datang pada pelaksanaan upacara ini aja. Upacara adat Bali ini juga bertujuan untuk menyucikan berbagai benda sakral yang memiliki nilai spiritualitas tinggi milik pura. Selain itu, Upacara Melasti juga dilangsungkan untuk memohon kekuatan bagi umat Hindu untuk melaksanakan Hari Raya Nyepi.

  1. Upacara Saraswati

Bagi penganut agama Hindu, Dewi Saraswati adalah dewi pengetahuan dan seni. Maka dari itu, pelaksanaan upacara Saraswati di Pulau Bali utamanya dilaksanakan oleh para pelajar yang menuntut ilmu setiap harinya. Para pelajar yang melaksanakan upacara adat Bali yang disebut Upacara Saraswati ini akan mendoakan buku pelajaran dan kitab ilmu pengetahuan mereka.

  1. Upacara Ngurek
Upacara Ngurek Upacara Adat Bali
Source: Kumparan

Ternyata, Pulau Dewata Bali juga memiliki sebuah tradisi upacara adat di Bali yang cukup ekstrem. Namanya adalah Upacara Ngurek. Upacara adat Bali ini dilaksanakan dengan menyakiti diri sendiri, yaitu menusukkan keris ke diri sendiri. Namun, penusukan keris ini dilakukan dalam keadaan kerasukan, sehingga orang yang menusukkan keris pada dirinya dipercaya nggak merasakan sakit karena sudah diberikan “bantuan” secara gaib. Wah, kamu berani menontonnya nggak?

Itu tadi 5 upacara adat di Bali yang menambah daya tarik dan pesona Pulau Dewata. Jadi, kapan nih kamu bakal meluangkan waktu untuk melihat salah satu upacara adat di Bali yang memesona ini?

Yuk di-Share :
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares
  •  
    3
    Shares
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *