Home / Tempat Wisata / Wisata Danau Toba, Titipan Tuhan untuk Indonesia

Wisata Danau Toba, Titipan Tuhan untuk Indonesia

Wisata Danau Toba, Titipan Tuhan untuk Indonesia
Wisata Danau Toba, Titipan Tuhan untuk Indonesia
Rate me? =)

Wisata Danau Toba – Keindahan tempat wisata Danau Toba di Sumatera Utara tak pernah gagal menaklukkan kekaguman para turis. Suasana tenang, pemandangan eksotis, serta udaranya yang sejuk membuat obyek wisata ini menjadi salah satu destinasi kebanggaan Indonesia.

Kawasan wisata Danau Toba sendiri merupakan danau vulkanik terbesar Asia Tenggara. Danau ini membentang luas mengikuti deretan pegunungan Bukit Barisan yang jaraknya berkisar 176 km dari kota Medan. Saking luasnya, danau ini bisa dilihat dari 7 kabupaten Sumatera Utara. Penduduk lokal yang berada di Kabupaten Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara (Taput), Humbang Hasundutan, Dairi, dan Karo dapat menikmati indahnya alam Danau Toba.

Keindahan Tempat Wisata Danau Toba
Panorama Danau Toba yang menakjubkan – photo by Mentaritravelservices via Indonesia.tripcanvas.co

Kini untuk mencapai kawasan wisata Danau Toba, wisatawan tidak perlu merasa khawatir dengan transportasinya yang bikin repot. Sejak Bandara Silangit diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Desember 2016, sudah ada rute baru langsung dari Jakarta menuju Silangit yang terletak di Siborong-borong. Untuk menikmati rute tersebut, kamu dapat menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air.

Dari Silangit, kamu tinggal menempuh perjalanan selama 1 jam untuk sampai ke Parapat. Bisa juga langsung menyeberangi Danau Toba untuk tiba di Samosir. Jika waktu liburanmu panjang, sebelum menuju Parapat kamu bisa mengunjungi Makam Sisingamangaraja (Raja Batak terakhir) dan Panatapan Huta Ginjang. Kawasan ini hanya berjarak 15 menit dari Silangit. Untuk menikmati pemandangan terbaik Danau Toba dari ketinggian, kamu harus ke Huta Ginjang ya, sobat.

Mengelilingi Kawasan Wisata Danau Toba
Perahu sebagai moda transportasi utama Danau Toba untuk berkeliling – lihat.co.id

Karena obyek wisata ini adalah kawasan perairan, turis kebanyakan pastinya senang untuk berkeliling menggunakan perahu. Sebagai moda transportasi utama Danau Toba, ongkos perahu di sini terbilang murah yakni sekitar Rp 14 ribu saja per trip. Namun jika kamu tipe wisatawan yang suka tantangan, bisa juga menyewa sepeda atau motor untuk berkeliling selama berada di sini.

Untuk sewa sepeda, rata-rata penginapan di Tuktuk menyediakan layanan transportasi ini. Hati-hati ya, karena kondisi jalan tidak begitu bagus. Tapi, kamu bisa mengayuh ke dataran tinggi bagian timur dari pulau ini, yang merupakan area populer untuk bersepeda. Boleh juga menyewa sepeda motor dengan harga Rp 100 ribu per hari (sudah termasuk bensin) atau penyewaan mobil yang ditawarkan oleh berbagai penginapan setempat.

Air Terjun Danau Toba
Air Terjun Binangalom, jatuh dari puncak tebing menuju Danau Toba – baguskali.com by Aulia

Selama berkunjung di Danau Toba, jangan sampai melewatkan atraksi wisatanya yang seru dan asyik. Pertama yakni Samosir, merupakan pusat aktivitas dari kawasan wisata Danau Toba. Salah satu kegiatan menyejukkan yang bisa kamu lakukan adalah berenang di Air Terjun Binangalom, spot wisata populer di Pulau Samosir. Airnya yang jatuh langsung dari puncak tebing ke Danau Toba menciptakan pemandangan yang eksotis. Di sini, kamu juga bisa memancing, lho.

Perbukitan Di Samosir Danau Toba
Pusuk Buhit, indahnya perbukitan hijau yang elok di Samosir – feelstheadventureinbali.wordpress.com

Ingin lihat pemandangan fantastis lainnya? Melajulah ke Pusuk Buhit yang berlokasi di Sumatera Utara. Gunung ini tak lagi berbahaya, tapi semakin populer akan asrinya perbukitan hijau yang elok nan asri. Sedangkan bagi pecinta budaya lokal, cobalah berkunjung ke Museum Batak yang terletak di Simanindo. Museum ini kerap mempertontonkan tarian tradisional dan atraksi boneka Sigale-Gale (boneka kayu berukuran manusia yang dulu digunakan untuk memanggil arwah orang yang telah meninggal). Untuk menyaksikan pertunjukan Sigale-Gale, turis dikenakan biaya sekitar Rp 50 ribu.

Kekayaan Adat Budaya Di Tempat Wisata Danau Toba
Atraksi Sigale-Gale di Museum Batak – klikhotel.com

Selanjutnya ada Tuktuk, daerah paling banyak dipadati oleh turis karena terkenal akan kulinernya yang lezat serta deretan resortresort unik. Selain menyuguhkan cantiknya panorama tempat wisata Danau Toba, Tuktuk juga menawarkan banyak tempat-tempat nongkrong serta pusat perbelanjaan yang asyik. Biasanya pun, para turis lebih suka menginap di Tuktuk karena ragam hotelnya yang bagus.

Pernah dengar Pantai Parbaba? Kalau belum, kamu wajib mengunjungi pantai pasir putih yang ada di Pulau Samosir ini. Letaknya berada di Desa Hutabolon, dapat ditempuh sekitar 1 jam dari Desa Tomok. Uniknya, air pantai di sini tidak asin karena berasal dari danau yang berair tawar. Di Pantai Parbaba ini kamu dapat melihat sisi tempat wisata Danau Toba yang berbeda serta melakukan serangkaian aktivitas watersport seperti banana boat dan sepeda dayung.

Menikmati Pulau Samosir Di Kawasan Wisata Danau Toba
Bermain banana boat di Pantai Parbaba, Samosir – Indonesia.tripcanvas.co

Setelah Samosir, kita merapat ke Parapat. Kawasan ini kerap dijadikan tempat persinggahan sebentar bagi mereka yang ingin ke Samosir. Tapi, ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan. Salah satunya mengunjungi pasar mingguan yang hanya buka setiap hari Sabtu, persis di sisi dermaga feri. Pasar ini menjual kerajinan tangan Batak serta aneka buah-buahan dan sayuran segar. Tak ada salahnya mengunjungi pasar ini jika waktunya pas.

Tahukah kamu dari mana nama “Parapat” berasal? Jawabannya ada di sebuah batu yang tergantung di sini. Batu tersebut menyerupai sosok gadis, bergantung di sebuah tebing yang konon merupakan sosok Seruni, perempuan muda yang terjebak di gunung dan tak bisa diselamatkan. Kisah cintanya yang tak direstui oleh orang tuanya, membuat gadis itu melarikan diri ke tebing kemudian terperosok dan terjepit hidup-hidup di dalam lubang. Menjelang ajalnya, sang gadis berteriak putus asa, “Parapat! Parapat batu!” agar dinding batu tersebut merapat dan menghimpit tubuhnya.

Batu Gantung Parapat Danau Toba
Batu Gantung Parapat yang berasal dari kisah Seruni – welovenusantara.blogspot.com

Terakhir untuk kamu yang ingin mendaki tapi tak kuat hiking terlalu jauh, ada alternatif yang cocok, nih. Yakni mendaki di Bukit Gundaling, Berastagi, berlokasi di sisi utara Merek. Dari bukit ini, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung dari kejauhan. Waktu mendaki untuk mencapai puncak lebih 1 jam saja, karena jalurnya sudah rapi an mudah untuk ditempuh. Asyik, kan?

Bukit Gundaling Di Tempat Wisata Danau Toba
Pemandangan dari puncak Bukit Gundaling yang eksotis – Indonesia.tripcanvas.co photo by jeprileositepoe

Untuk akomodasi penginapan, terdapat berbagai hotel dan resort yang terkenal. Salah satunya adalah Carolina Cottages & Hotel, salah satu hotel populer di Samosir beralamat di Jl. Lingkar Tuktuk Siadong. Hotel ini menyuarakan khas Bataknya yang kental dan interior bergaya tradisional. Hotel ini menghadap langsung ke pegunungan dan danau yang indah. Pilih kamar di sudut manapun, dijamin matamu akan segar begitu keluar dari kamar. Harga yang dipatok per malamnya mulai dari Rp 280 ribu.

Liburan keluarga dan mau menginap di hotel yang family-friendly? Kami menyarankan Samosir Villa Resort. Lokasinya persis di sisi Danau Toba, terletak di Jl. Lingkar Tuktuk Siadong. Hotel ini menyediakan 2 kolam renang, area permainan anak-anak, serta pusat kebugaran. Lebih kerennya lagi, tamu bahkan bisa berenang langsung ke Danau Toba, lho. Selain itu juga ada bar untuk tamu yang ingin bersantai ria dengan segelas cocktail dan camilan ringan. Harga yang dikenakan mulai dari kisaran Rp 500 ribu per malam.

Hotel Di Sekitar Danau Toba
Fasilitas kolam renang di Samosir Villa Resort, bisa langsung berenang ke Danau Toba – samosirvillaresort.com

Untuk waktu terbaik, kami menyarankan untuk mengunjungi Danau Toba pada bulan September – November. Pada bulan tersebut, turis dapat menyaksikan Festival Danau Toba yang menampilkan pertunjukan seni, musik, dan olahraga khas Sumatera Utara. Tapi, jika ingin waktu yang tenang dan jauh dari keramaian, datanglah pada bulan Mei – September. Pemandangan tempat wisata Danau Toba di bulan-bulan ini sedang cantik-cantiknya serta terhindar dari gangguan hujan. Suhu udaranya pun pas, panasnya tidak terlalu terik serta sejuknya tidak terlalu dingin.

Gimana, sudah mulai tertarik untuk liburan ke tempat wisata Danau Toba? Pastikan langsung eloknya wisata Danau Toba dengan mata kepalamu sendiri ya, sobat.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *