Home / Tempat Wisata / Menyusuri Indahnya Aliran Sungai Bawah Tanah di Goa Pindul, Yogyakarta

Menyusuri Indahnya Aliran Sungai Bawah Tanah di Goa Pindul, Yogyakarta

Goa Pindul Jogja Indahnya Aliran Sungai Bawah Tanah
Menyusuri Indahnya Aliran Sungai Bawah Tanah di Goa Pindul, Yogyakarta
Rate me? =)

Berkunjung ke Yogyakarta memang tidak ada habisnya, terutama kekayaannya di wisata alam. Salah satunya adalah Goa Pindul, sebuah tempat wisata unik yang di dalamnya terdapat aliran sungai bawah tanah dan dijamin akan menyuguhkan Anda pengalaman wisata yang tidak terlupakan.

Panjang goa ini kurang lebih 350 meter dengan kedalaman sungai 5-12 meter. Bila Anda ingin menyusurinya, Anda harus menggunakan peralatan standard seperti aktivitas arum jeram, yaitu berupa rompi dan pelampung. Tentunya kegiatan menyusuri goa ini akan sangat menyenangkan jika Anda lakukan bersama-sama dengan keluarga maupun kawan terdekat.

Lokasi Tempat Wisata Goa Pindul

Lokasi wisata Goa Pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta.

Dengan kendaraan roda dua ataupun empat, Goa Pindul dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih satu setengah jam dari pusat Kota Jogja.

Lokasi Tempat Wisata Goa Pindul di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Lokasi Tempat Wisata Goa Pindul di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta – https://www.google.co.id/maps

Legenda Goa Pindul

Keberadaan Goa Pindul di Gunung Kidul Yogyakarta ini tidak dapat dilepaskan dari kisah perjalanan Joko Singlulung yang sudah diceritakan secara turun temurun oleh masyarakat sekitar goa.

Kisah ini adalah kisah Joko Singlulung ketika sedang mencari ayahnya. dia mencari dengan menelusuri hutan yang lebat, menyusuri sungai sampai mencarinya di dalam goa.

Saat mencari di goa yang memiliki air ini, kepala Joko Singlulung terbentur batu besar dan pipinya menjadi bengkak. Goa tempat Joko Singlulung terbentur ini dinamakan Goa Pindul yang berasal dari kata “Pipi Gebendul” yang artinya pipi yang terbentur.

Kegiatan Berenang di Dalam Goa Pindul Jogja
Kegiatan Berenang di Dalam Goa – http://lookjogja.blogspot.co.id

Serunya Menyusuri Sungai Bawah Tanah yang Legendaris

Aktivitas untuk menyusuri Goa “Gebendul” ini sering dinamakan sebagai Cave TubingIstilah Cave Tubing pertama kali digunakan untuk menyebut penyusuran Goa Kalisuci yang letaknya tidak jauh dari Goa Pindul.

Untuk menyusurinya, Anda dianjurkan untuk melakukannya berkelompok yang akan dipandu dengan satu petugas khusus sebagai pendamping rombongan sekaligus pemandu wisata.

Anda juga diharuskan saling berpegangan tangan dengan rombongan ataupun menggunakan seutas tali.

Bersama - sama Menyusuri Indahnya Sungai Bawah Tanah Goa Pindul Jogja
Bersama – sama Menyusuri Indahnya Sungai Bawah Tanah – maspur.abatasa.co.id

Setelah masuk ke dalam Goa Pindul Jogja, Anda akan disuguhkan dengan beberapa gugusan stalaktit dan stalagmit yang indah. Aliran airnya tergolong tenang arusnya, jadi Anda tidak perlu khawatir akan hanyut.

Selain itu, ketika berwisata di sini Anda diperbolehkan untuk membawa kamera dan bebas memotret namun harus berhati-hati karena Anda berada di kawasan yang penuh dengan air. Disarankan juga, Anda membawa senter atau lampu penerang untuk membantu penerangan dan keadaan darurat di dalam goa.

Di dalam Goa, terdapat salah satu spot yang sangat menarik berupa pemandangan yang indah. Pada langit – langit goa, terdapat sebuah celah dimana sinar matahari dapat masuk di antara celah-celah itu. Bagai sinar surgawi yang ada di bumi. Sayang rasanya jika Anda tidak foto di tempat ini karena spot ini sangat Instagram-able!

Celah di Langit - langit Goa yang Sangat Indah
Celah di Langit – langit Goa yang Sangat Indah – blog.tribunjualbeli.com

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja

No

Peralatan

Harga

1

Biaya retribusi perorang

Rp 10.000,00

2

Jasa pemandu

Termasuk Paket

3

Perlengkapan

Termasuk Paket

4

Asuransi

Termasuk Paket

5

Biaya perorang (Wisatawan lokal)

Rp 35.000,00

6

Biaya perorang (Wisatawan Mancanegara)

Rp 50.000,00


Alat transportasi utama untuk menyusuri Goa ini adalah ban pelampung. Namun tak hanya itu, berikut adalah p
erlengkapan dan alat keselamatan utama yang disediakan oleh pengelola saat pengunjung ingin melakukan Cave Tubing.

No.

Perlengkapan

1

Ban pelampung

2

Jaket pelampung

3

Sepatu karet

4

Head lamp

 

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menyusuri tempat wisata yang satu ini? Jika Anda ingin berkunjung, lakukan jauh-jauh hari sebelum datangnya hari libur nasional. Karena saat libur nasional, Goa Pindul bisa sangat sesak dan penuh.

Sangat disarankan bagi Anda yang ingin datang kesini, lakukanlah reservasi tiket masuk terlebih dahulu. Apabila Goa Pindul kelebihan pengunjung, pengelola akan menutup sementara loket tiket sehingga para turis tidak dapat masuk sampai kapasitas di dalam Goa kembali normal.

Bagi Anda yang ingin ataupun yang saat ini sedang liburan di Kota Jogja, juga jangan lupa sempatkan diri Anda menikmati wisata kuliner yang ditawarkan Daerah Istimewa Yogyakarta. Selamat berlibur!

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *